Peningkatan kemampuan menulis syair melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas V SDI Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung tahun pelajaran 2014/2015 / Mustofa - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menulis syair melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas V SDI Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung tahun pelajaran 2014/2015 / Mustofa

Mustofa (2016) Peningkatan kemampuan menulis syair melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas V SDI Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung tahun pelajaran 2014/2015 / Mustofa. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mustofa 2014. Peningkatan Kemampuan Menulis Syair Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) pada Siswa Kelas V SDI Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung. Tesis Pendidikan dasar Jurusan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Muakibatul Hasanah M.Pd. (2) Prof. Dr. Anang Santoso M.Pd. Kata Kunci Problem Based Learning Menulis Syair. Secara umum penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis syair dengan model Pembelajaran Berbasis Masalah di SDI Bayanul Azhar Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung. Adapun secara khusus penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran berbasis masalah dalam pengajaran menulis syair siswa kelas V SDI Bayanul Azhar Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung dan (2) meningkatkan kemampuan menulis syair siswa kelas V SDI Bayanul Azhar Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDI Bayanul Azhar Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung. Tindakan dilaksanakan 8 kali pertemuan dengan rincian 4 kali pertemuan setiap siklus. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan Oktober sampai bulan November 2014. Data penelitian berupa data proses dan data produk diperoleh melalui teknik pengamatan wawancara dan penugasan. Insrumen yang digunakan adalah pedoman pengamatan pedoman wawancara dan lembar penugasan. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan ketekunan pengamatan dan trianggulasi serta pengecekan teman sejawat. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik analisis data model alir yang meliputi kegiatan reduksi data pemaparan data verifikasi dan penyimpulan data. Simpulan hasil penelitian menunjukkan (1) penggunaan model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat dilaksanakan dengan baik serta (2) penggunaan model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis syair baik dari segi proses maupuan dari segi produk pada tahap penemuan ide penulisan dan penyajian. Dari segi proses pembelajaran menulis syair pada tahap penemuan ide dapat meningkatkan motivasi untuk mengikuti proses pembelajaran sehingga siswa menjadi bersemangat dan aktif mengikuti setiap langkah kegiatan pembelajaran kreativitas dan keantusiasan siswa dalam pembelajaran menulis syair keantusiasan dan kreativitas siswa dalam menemukan sendiri ide syair yang bersumber dari pengamatan. Dari segi produk penerapan model ini pada tahap penemuan ide dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami unsur-unsur dan pola penulisan syair deskriptif menemukan ide yang berasal dari pengamatan dan mendeskripsikan objek pengamatan sesuai dengan pola syair yang dipilih. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat dinyatakan bahwa proses kegiatan peningkatan siswa menulis syair baik pada tahap penemuan ide penulisan dan penyajian sudah berhasil. Melalui tindakan tersebut siswa tidak lagi mengalami kesulitan menulis syair.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58086

Actions (login required)

View Item View Item