Nilai keimanan dalam novel Munajat Cinta karya Taufiqurrahman al-Azizy dan pemanfaatannya dalam pembelajaran apresiasi sastra untuk penanaman sikap spiritual siswa MA/SMA Islam / Defri Mustika Rani - Repositori Universitas Negeri Malang

Nilai keimanan dalam novel Munajat Cinta karya Taufiqurrahman al-Azizy dan pemanfaatannya dalam pembelajaran apresiasi sastra untuk penanaman sikap spiritual siswa MA/SMA Islam / Defri Mustika Rani

Rani, Defri Mustika (2016) Nilai keimanan dalam novel Munajat Cinta karya Taufiqurrahman al-Azizy dan pemanfaatannya dalam pembelajaran apresiasi sastra untuk penanaman sikap spiritual siswa MA/SMA Islam / Defri Mustika Rani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mustika Rani Defri. 2015. Nilai Keimanan Dalam Novel Munajat Cinta Karya Taufiqurrahman Al-Azizy dan Pemanfaatannya dalam Pembelajaran Apresiasi Sastra untuk Penanaman Sikap Spiritual Siswa MA/ SMA Islam. Tesis Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas PPs Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Roekhan M.Pd. dan Prof. Dr. Heri Suwignyo M.Pd. Kata kunci nilai keimanan pembelajaran apresiasi sastra sikap spiritual Penelitian ini disesuaikan dengan Kurikulum 2013 khususnya pada kompetensi inti 1 yang berbunyi menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. Penelitian ini mengaji teks novel Munajat Cinta yang berpotensi sebagai bahan rujukan dalam pembelajaran sastra untuk penanaman sikap spiritual siswa SMA/MA berbasis Islam. Fokus penelitian ini adalah 1) nilai keimanan kepada Allah Malaikat Allah kitab Allah Rasul Allah qada qadar dan hari akhir dalam novel Munajat Cinta sesi 1 untuk penanaman sikap spiritual siswa dan 2) deskripsi potensi pemanfaatan nilai keimanan kepada Allah Malaikat Allah kitab Allah Rasul Allah qada qadar dan hari akhir dalam novel Munajat Cinta sesi 1 untuk penanaman sikap spiritual siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan peneliti sebagai instrumen utama. Data penelitian ini adalah paparan bahasa yang berwujud tuturan tokoh dan penjelasan pengarang serta potensi pemanfaatan hasil kajian dalam pembelajaran sastra. Tuturan tokoh tersebut disampaikan melalui pikiran perasaan dan tuturan langsung dari tokoh. Dalam mengumpulkan data peneliti membaca secara berulang mencatat paparan bahasa menghayati dan memahami bacaan studi dokumentasi dengan instrumen penelitian membuat kriteria tentang nilai-nilai keimanan dan menganalisis data. Penelitian ini menitikberatkan pada kajian kepustakaan yaitu memanfaatkan sumber pustaka untuk memeroleh data tanpa melakukan riset lapangan. Penelitian ini difokuskan pada kajian teks sastra khususnya teks novel Munajat Cinta. Berdasarkan hasil pengajian teks novel Munajat Cinta ditemukan kutipan-kutipan teks yang mengandung nilai keimanan. Nilai keimanan kepada Allah meliputi ketaatan menjalankan perintah Allah keyakinan akan sifat Allah perasaan dan sikap yang selalu ingin dekat (beriktikaf) dengan Allah dan kesadaran akan kesalahan kepada Allah. Nilai keimanan kepada malaikat yakni keyakinan akan keberadaan malaikat. Nilai keimanan kepada Rasul meliputi ketaatan menjalankan sunnah Rasul dan keyakinan bahwa ucapan Nabi adalah petunjuk dari Allah. Nilai keimanan kepada al-Qur an meliputi meyakini ayat al-Qur an adalah petunjuk hidup merasa senang dan tenang mendengar bacaan al-Qur an dan menggunakan al-Qur an sebagai petunjuk hidup. Nilai keimanan kepada qada dan qadar Allah meliputi meyakini adanya takdir Allah meyakini kebaikan takdir Allah dan Ikhlas menerima takdir Allah. Nilai keimanan kepada hari hari akhir meliputi merasa takut akan perbuatan dosa meyakini adanya hari akhir dan meyakini adanya balasan dosa di hari hari akhir. Pemanfaatan nilai-nilai yang terkandung dalam novel Munajat Cinta digambarkan secara potensial untuk penanaman sikap spiritual siswa melalui pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Hasil temuan kajian teks sastra diacukan dan dikaitkan pada kurikulum 2013 yang diorganisasikan oleh kompetensi inti khususnya kompetensi inti 1 (KI-1). Kompetensi inti 1 merupakan salah satu kompetensi lulusan pada ranah sikap yakni sikap spiritual untuk membentuk peserta didik yang beriman dan bertakwa. Kajian teks yang mengandung nilai keimanan tersebut berpotensi untuk diintegrasikan dalam pembelajaran sastra. Pengintegrasian tersebut dilakukan melalui kegiatan pembelajaran yang meliputi mengamati menanyakan mengeksplorasi mengasosiasikan dan mengomunikasikan. Setelah itu guru dan siswa melakukan kegiatan refleksi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58084

Actions (login required)

View Item View Item