Pengembangan bahan ajar menyimak prosa fiksi berbasis nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata bagi siswa SMP kelas VIII / Susandi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar menyimak prosa fiksi berbasis nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata bagi siswa SMP kelas VIII / Susandi

Susandi (2016) Pengembangan bahan ajar menyimak prosa fiksi berbasis nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata bagi siswa SMP kelas VIII / Susandi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Susandi. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Menyimak Prosa Fiksi Berbasis Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata bagi Siswa SMP Kelas VIII.Tesis. Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Abdus Syukur Ghazali M.Pd. (II) Dr. Nurhadi M.Pd. Keywords pengembangan bahan ajar kompetensi menyimak prosa fiksi nilai-nilai pendidikan karakter Pembelajaran menyimak prosa fiksi berbasis nilai-nilai pendidikan karakter memosisikan nilai-nilai pendidikan karakter sebagai dasar dalam pembahasan tentang manusia dan kehidupannya. Penelitian ini dilaksanakan untuk meneliti dan mengembangkan bahan ajar menyimak prosa fiksi berbasis pendidikan karakter dalam novel Laskar Pelangikarya Andrea Hirata. Bahan ajar ini dikembangkan berdasarkan kompetensi mendengarkan yang terdapat dalam KTSP 2006 untuk jenjang SMP kelas VIII semester II yaitu memahami unsur intrinsik novel remaja (asli atau terjemahan) yang dibacakan. Tujuan penelitian ini adalah memaparkan(1) wujud produk bahan ajar menyimak prosa fiksi berbasis nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata bagi siswa SMP kelas VIII (2) penyajian bahan ajar menyimak prosa fiksi berbasis nilai-nilai pendidikan karakter dalamnovel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata bagi siswa SMP kelas VIII (3) penggunaan bahasa dalam produk bahan ajar menyimak prosa fiksi berbasis nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata bagi siswa SMP kelas VIII dan (4) grafika bahan ajar menyimak prosa fiksi berbasis nilai-nilai pendidikan karakter dalamnovel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata bagi siswa SMP kelas VIII. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Rancangan pengembangan produk bahan ajar dalam penelitian ini diadaptasi dari teori desain R D oleh Borg dan Gall. Berdasarkan desain tersebut prosedur penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan melalui lima tahap yaitu (1) melakukan studi pendahuluan (2) melakukan perencanaan (3) mengembangkan jenis/bentuk produk awal (4) melakukan uji coba lapangan tahap awal dan revisi (5) melakukan uji coba lapangan utama dan revisi. Uji coba produk bahan ajar dilakukan kepada (1) ahli materi pembelajaran apresiasi sastra (2) ahli penulisan bahan ajar (3) guru Bahasa Indonesia dan (4) siswa. Hasil data uji coba produk bahan ajar diperoleh dari angket. Data penelitian ini berupa data nonverbal dan verbal. Data nonverbal berupa skor penilaian sedangkan data verbal berupa komentar dan saran perbaikan dari ahli guru dan siswa. Data dianalisis dengan (1) mendeskripsikan kemenarikan produk bahan ajar melalui penghitungan persentase kelayakan bahan ajar dan (2) mendeskripsikan kelayakan produk bahan ajar melalui penghitungan persentase kelayakan bahan ajar. Perbaikan dilakukan berdasarkan komentar dan sarandari ahli guru dan siswa yang disampaikan secara tertulis dan lisan. Perbedaan hasil pengembangan produk bahan ajar ini dengan bahan ajar kompetensi mendengarkan lain terletak pada pemanfaatan beberapa bagian naskah yang terdapat dalam novel Laskar Pelangi. Beberapa bagian naskah yang telah dipilih tersebut kemudian diubah ke dalam bentuk rekaman pembacaan novel yang dilakukan oleh ahli pembacaan prosa fiksi yakni Bapak Darmanto S.Pd. M.Pd. Pemilihan naskah-naskah tersebut didasarkan pada kebutuhan tentang pengetahuan sikap dan tindakan dalam nilai-nilai pendidikan karakter yang akan diintegrasikan dalam produk bahan ajar ini. Nilai-nilai pendidikan karakter tersebut mencakup nilai jujur cerdas peduli dan tangguh. Komponenbahan ajar initerbagiatastigabagian yaitu (1) pendahuluan (2) isi dan (3) penutup.Padabagianpendahuluan bukuteksterdapattigakomponen yaitu (a) judul (b) prakata dan (c) daftarisi. Pada bagian isi penyajianmateridalambukuteksdilengkapidengan (1) gambar ilustrasi atautabel (2) sumberacuan (3) soallatihanbervariasidanbergradasi dan (4) rangkuman.Padabagian penutup bukuteksterdapat (1) daftarpustaka (2) indekssubjek dan (3) daftaristilah (glosarium) serta (4) lembar kerja siswa. Hasil penelitian berupa hasil analisis data dari angket ahli materi pembelajaran sastra diperoleh skor persentase sebesar 97 14% dan ahli penulisan bahan ajar diperoleh skor persentase sebesar 98 9% yang artinya produk pengembangan valid/sangat layak untuk digunakan.Kemudian analisis data dari praktisi lapangan dalam hal ini guru Bahasa Indonesiadiperoleh skor persentase 76 67% yang artinya produk pengembangan cukup valid/layak untuk digunakan. Adapun hasil uji coba lapangan terhadap siswa diperoleh skor persentase 85 125% yang artinya produk pengembangan juga cukup valid/layak untuk digunakanuntuk pembelajaran menyimak prosa fiksi siswa SMP kelas VIII Semester II. Simpulan hasil penelitian dan pengembangan ini adalah produk pengembangan Bahan Ajar Menyimak Prosa Fiksi Berbasis Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata bagi Siswa SMP Kelas VIII valid dan efektif serta layak untuk digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar menyimak prosa fiksi siswa. Dari segi kepraktisan bahan ajar ini telah dinilai praktis. Sebagai saran pemanfaatan produk hasil pengembangan guru dan siswa disarankan menggunakan bahan ajar ini dalam pembelajaran memahami unsur intrinsik novel remaja (asli atau terjemahan) yang dibacakan. Selanjutnya produk pengembangan ini dapat disebarluaskan di semua kelas di sekolah yang bersangkutan atau bahkan di dalam forum MGMP. Produk bahan ajar ini juga dapat dikembangkan lebih lanjut menjadi produk media pembelajaran interaktif sehingga pembelajaran memahami unsur-unsur intrinsik novel remaja (asli atau terjemahan) yang dibacakan menjadi lebih menarik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58081

Actions (login required)

View Item View Item