Pengaruh strategi parsing terhadap kemampuan menyimak siswa kelas VII SMP Negeri 8 Malang / Sripit Widiastuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi parsing terhadap kemampuan menyimak siswa kelas VII SMP Negeri 8 Malang / Sripit Widiastuti

Widiastuti, Sripit (2015) Pengaruh strategi parsing terhadap kemampuan menyimak siswa kelas VII SMP Negeri 8 Malang / Sripit Widiastuti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Widiastuti Sripit. 2015. Pengaruh Strategi Parsing terhadap Kemampuan Menyimak Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Malang. Tesis. Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. A. Syukur Ghazali M.Pd. (II) Prof. Dr. Suyono M.Pd. Kata kunci strategi parsing kemampuan menyimak. Strategi parsing dapat dimanfaatkan sebagai dasar penjedaan pada pembelajaran menyimak. Ketepatan dasar penjedaan dalam pembelajaran menyimak berpengaruh terhadap kemampuan siswa memahami aspek yang disimak. Penelitian ini dilaksanakan untuk meneliti pengaruh strategi parsing terhadap kemampuan menyimak siswa. Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui pengaruh strategi parsing sintaksis terhadap kemampuan menyimak siswa kelas VII SMP Negeri 8 Malang 2) mengetahui pengaruh strategi parsing semantik terhadap kemampuan menyimak siswa kelas VII SMP Negeri 8 Malang dan 3) mengetahui perbedaan pengaruh strategi parsing sintaksis dan parsing semantik terhadap kemampuan menyimak siswa kelas VII SMP Negeri 8 Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen semu. Instrumen penelitian ini berupa tes menyimak kalimat dan paragraf yang dibacakan menggunakan parsing sintaksis dan semantik. Data penelitian ini berupa skor tes menyimak kalimat dan paragraf. Analisis data pada penelitian ini menggunakan Paired Samples t-Test dan Independent Samples t-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama parsing sintaksis berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan menyimak siswa. Kedua parsing semantik berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan menyimak siswa. Ketiga terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan penggunaan parsing sintaksis dan parsing semantik terhadap kemampuan menyimak siswa. Temuan dan hasil pembahasan menunjukkan bahwa parsing yang paling berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan menyimak siswa adalah parsing semantik. Alasannya adalah dasar penjedaan berdasarkan satuan makna lebih mudah dipahami oleh siswa karena memperhatikan hubungan makna antarkata dan antarklausa sehingga siswa lebih mudah menangkap proposisi berdasarkan satuan makna tersebut. Sehubungan dengan temuan dan hasil pembahasan tersebut disarankan pada guru untuk menggunakan strategi parsing untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran menyimak terutama parsing semantik. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengkaji secara lebih mendalam tentang aspek yang mempengaruhi kemampuan menyimak karena terdapat beberapa aspek selain ketepatan penjedaan yang dapat memengaruhi pemahaman menyimak diantaranya adalah kesederhaan atau kerumitan struktur kalimat topik paragraf dan panjang-pendek kalimat/paragraf.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58060

Actions (login required)

View Item View Item