Agustin, Dwi Ningwang (2015) Pengembangan instrumen asesmen kompetensi menyimak teks eksplanasi VII SMP / Dwi Ningwang Agustin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Agustin DwiNingwang. 2015. PengembanganInstrumenAsesmenKompetensiMenyimakTeksEksplanasiKelas VII SMP.Tesis. Pendidikan Bahasa Indonesia. PascasarjanaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Imam AgusBasuki M. Pd. (II) Dr. KusubaktiAndajani M. Pd. Kata Kunci instrumenasesmen menyimak tekseksplanasi Instrumenasesmenpembelajaranmenyimakeksplanasimerupakanalat-alat yang digunakanuntukpengumpulaninformasitentangpesertadidik berkenaandenganapa yang merekaketahuidanapa yang dapatmerekalakukanketikadansetelahpembelajaranmenyimakeksplanasi.Instrumen asesmenpembelajaranmenyimakeksplanasikelas VII SMP yang disusunsecaratepatdanproporsionalmampumengukurataumenilaihasilbelajarsiswadenganlebihtepatdansesuaidengantujuandilakukannyapenilaian. Selanjutnya instrumenpenilaian yang dikembangkan di dalampenelitianiniberupainstrumentesdannontesuntukmenilaihasildan proses pembelajaranmenyimakeksplanasi. Instrumenasesmentesberupasoal pilihanganda danuraian. Instrumenasesmennontesberuparubrikpenilaiandiridanobservasi.Penelitianinibertujuan (1) menghasilkanprodukinstrumenasesmenhasiluntukkompetensimenyimaktekseksplanasikelas VII SMP yang layakdarisegiisi konstruk reliabilitas danketerterapan dan (2) menghasilkanprodukinstrumenasesmenprosesuntukkompetensimenyimaktekseksplanasikelas VII SMP yang layakdarisegiisi konstruk reliabilitas danketerterapan. Penelitianinimenggunakan model pengembanganproseduralThiargarajan. Model pengembanganproseduraldipilihkarena model inimenampilkandeskripsilangkah-langkah yang didasarkanpadapengetahuantertentuuntukmenghasilkansuatuprodukpendidikan. Thiargarajan (1974)merumuskanempattahappenelitiandanpengembangan yang disingkatdengan 4D yaitu Define Design Develop and Disseminate . Berdasarkan model penelitian 4D dirumuskanprosedurpengembanganinstrumenasesmenmenyimakmeliputiempattahap yakni (1) studipendahuluan (2) perencanaan (3) pengembangan dan (4) diseminasi. Ujiprodukdilakukankepada (1) ahlievaluasi (2) ahlipembelajaranmenyimak (3) praktisi dan (4) kelompokujisiswa. Ujiprodukkepada para ahlidanpraktisiberfungsiuntukmengetahuitingkatkelayakanprodukdariaspekvaliditaskonstruk validitasisi keterterapan keterbacaan dankepraktisan sedangkanujicobakepadakelompokkecilsiswabertujuanuntukmengetahuitingkatkesulitandanreliabilitasnya. Berdasarkanhasilujitersebut dilakukanbeberaparevisi yakni (1) penyajianteksdansoal (2) petunjukpenggunaanproduk dan (3) aspekrekamanbahansimakan. Setelahdilakukanrevisi alatpenilaiantelahseutuhnyalayakuntukdigunakanuntukmenilaikompetensimenyimakeksplanasi. ProdukakhirdaripengembanganiniadalahinstrumenasesmenkompetensimenyimakeksplanasikelasVII SMP. Penelitianinimenghasilkanduaproduk yakniinstrumentesdannontes. Instrumentesdigunakanuntukpenilaianhasilbelajar terdiriatasduaversi yakni multimedia dan manual. Versi multimedia terdiriatastayangan audio visual yang memuatbahansimakandansoal-soal serta LJS. Versi manual terdiriatasbukusoal guru LJS danpedomanpenyekoran. Selainitu produkinstrumentesmemilikiduapaket yaknipaketAdan B. Paket A dan B dibedakanberdasarkantingkatkemampuanmenyimakdanpembagianindikatorketercapaian. Bukusoalterdiriataspetunjukumumproduk identitasdanpetunjukpelaksanaan transkripsiteksdansoal sertapedomanpenyekoran. Produkinstrumentesdigunakanuntukpenilaianhasildandiberlakukansebagaiulangan.Paket A dan B terdiriatassoalobjektif pilihan gandadansoalsubjektif uraian. Produkinstrumennonteskomptenesimenyimakeksplanasidigunakanuntukmenilai proses pembelajaranmenyimak. Produkinstrumennontesterdiriataspaket A dan B. Paket A berisivarianinstrumenasesmennontes yang pengisianrubriknyadilakukanoleh guru. Paket B berisivarianinstrumenasesmennontes yang pengisianrubriknyadilakukansendiriolehsiswa. Produk yang dihasilkanpenelitianinidiharapkanbisamemberikanmanfaatdaninspirasibagi guru penelitiselanjutnya danpenulis. Bagi guru diharapkanprodukinibisadigunakandenganbaik di lapangandanmenjadibahandiskusiuntukpengembanganalatpenilaianlebihlanjut. Bagipenelitiselanjutnya produkinibelummelaluitahapujikesetaraanuntukdayabeda makadariitupenelitiselanjutnyabisamelakukanujitersebutterhadapprodukini. Bagipenulis produkinibisamemberikantambahanwawasankeilmuandaninspirasiuntuksenantiasabelajardanberinovasidalammengembangkanprodukpenilaian di lain kesempatan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Aug 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58057 |
Actions (login required)
View Item |