Penerapan model pembelajaran tutorial untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa berkesulitan belajar Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Situbondo / Norma Yuni Riantika - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran tutorial untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa berkesulitan belajar Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Situbondo / Norma Yuni Riantika

Riantika, Norma Yuni (2015) Penerapan model pembelajaran tutorial untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa berkesulitan belajar Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Situbondo / Norma Yuni Riantika. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Riantika Norma Yuni. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Tutorial untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Siswa Berkesulitan Belajar Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Situbondo. Tesis. Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Muakibatul Hasanah M.Pd. (2) Dr. Nurhadi M.Pd. Kata Kunci model pembelajaran tutorial kemampuan membaca kemampuan menulis siswa berkesulitan belajar. Siswa berkesulitan belajar dapat dijumpai di sekolah reguler salah satunya di SMP Negeri 1 Situbondo. Karakteristik kesulitan belajar pada siswa tampak pada kemampuan membaca dan menulis yang rendah. Asumsi penelitian ini adalah model pembelajaran tutorial memiliki keunggulan pada arahan dan kontrol guru dan harapan yang tinggi terhadap perkembangan siswa sehingga akan membantu siswa berkesulitan belajar menghadapi kesulitan membaca dan menulis. Oleh karena itu peneliti melakukan tindak lanjut dengan menerapkan model pembelajaran tutorial untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis pada siswa berkesulitan belajar. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa berkesulitan belajar. Penelitian ini berfokus pada (1) proses penerapan model pembelajaran tutorial (2) hasil peningkatan kemampuan membaca dan (3) hasil peningkatan kemampuan menulis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan rancangan penelitian tindakan. Data penelitian dikumpulkan dengan cara menggunakan instrumen pengumpul data yakni peneliti sebagai instrumen utama. Peneliti bertindak sebagai pengumpul data perencana dan pelaksana penelitian. Penerapan model pembelajaran tutorial untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa berkesulitan belajar di SMP Negeri 1 Situbondo terdiri atas lima tahap (1) menyampaikan motivasi pada kegiatan apersepsi dan mempersiapkan siswa (2) mempresentasikan dan memberikan pemodelan materi dengan media gambar peta konsep dan video pembelajaran (3) melakukan pelatihan membaca dengan strategi pemodelan dan pelatihan menulis dengan bantuan peta pikiran (4) mengecek pemahaman dengan bantuan teman sebaya dan memberikan umpan balik dengan memberikan penilaian secara langsung dari guru dan (5) praktik mandiri dengan bimbingan jarak jauh yakni melalui media sosial bersama guru. Pada Siklus 1 ada kendala yang menyebabkan rencana tindakan kurang terstruktur dengan baik dan pada Siklus 2 terdapat perbaikan pada beberapa aspek yang menjadi kendala di Siklus 1. Pada tahap apersepsi banyak disampaikan motivasi tentang pentingnya membaca dan menulis. Menyampaikan tujuan membaca dan menulis dalam pembelajaran yang akan dijalani. Tahap pemodelan diisi dengan pengenalan teks eksplanasi dan teks cerpen. Selain itu guru memberikan pelatihan secara terbimbing kepada siswa target. Setelah memberi pelatihan guru tutorial mengoreksi hasil untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang telah diajarkan dan memberi umpan balik. Guru juga menyediakan hadiah untuk memotivasi siswa target dan diakhiri dengan praktik mandiri. Hasil penerapan model pembelajaran tutorial menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca dan menulis. Peningkatan kemampuan membaca terdiri atas peningkatan (1) membaca permulaan (2) membaca pemahaman dan (3) sikap membaca. Pada aspek membaca permulaan ada peningkatan dari sub-aspek kejelasan dan ketepatan intonasi saat tes membaca nyaring. Pada aspek membaca pemahaman ada peningkatan pemahaman bacaan. Hal tersebut ditunjukkan dengan skor tes membaca pemahaman yang meningkat. Siswa target yang awalnya selalu mendapat nilai di bawah KKM meningkat dengan skor antara 70 hingga 100. Melalui penerapan model pembelajaran tutorial ada peningkatan pada kecepatan membaca. Berdasarkan skor membaca pemahaman dikalikan dengan kecepatan membaca disimpulkan ada peningkatan kemampuan membaca pada siswa PD AJ dan NT. Hasil membaca permulaan dan membaca pemahaman yang meningkat memberikan dampak pula terhadap sikap membaca ketiga siswa target. Perubahan sikap positif pada siswa target ditunjukkan dari kesiapan membaca waktu membaca yang lebih banyak dan kesungguhan membaca. Kemampuan menulis pada ketiga siswa target mengalami peningkatan dari aspek (1) keterampilan menulis permulaan (2) kemampuan menulis lanjut dan (3) sikap menulis. Peningkatan menulis permulaan diketahui dari kelengkapan huruf per kata kekonsitenan jarak antar kata kebersihan kertas/ buku kerapian tulisan serta jumlah kata dan kalimat yang dapat ditulis per menit. Pada aspek menulis lanjut peningkatan diketahui dari(1) cara mengembangkan ide pokok menjadi kalimat efektif dengan bantuan peta konsep dan (2) jumlah kata yang dihasilkan berjumlah antara 150- 250 kata. Peningkatan kemampuan menulis juga tampak pada hasil mengisi soal uraian. Hasil menjawab soal uraian pada PD awalnya 15 meningkat menjadi 75 AJ awalnya 47 meningkat menjadi 78 dan NT 43 meningkat menjadi 77. Peningkatan hasil menulis tersebut berdampak juga pada sikap menulis yang lebih positif. Berdasarkan temuan penelitian dari studi pendahuluan hingga Siklus 1 dan Siklus 2 disarankan kepada guru pengajar di kelas 7-I SMP Negeri 1 Situbondo untuk lebih peka terhadap kesulitan siswa. Guru harus sering memberikan kesempatan kepada semua siswa tanpa terkecuali untuk mencoba dan terus mencoba. Bagi peneliti lain semoga penelitian ini dapat memberikan inspirasi untuk menerapkan model pembelajaran lain untuk siswa berkesulitan belajar atau yang berkebutuhan lain serta dijadikan referensi untuk melakukan penelitian sejenis.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58053

Actions (login required)

View Item View Item