Karakteristik tokoh dan penokohan dalam cerpen karya siswa kelas IX MTs Negeri Tulungagung tahun pelajaran 2012/2013 / Mohamad Agus Irwanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Karakteristik tokoh dan penokohan dalam cerpen karya siswa kelas IX MTs Negeri Tulungagung tahun pelajaran 2012/2013 / Mohamad Agus Irwanto

Irwanto, Mohamad Agus (2015) Karakteristik tokoh dan penokohan dalam cerpen karya siswa kelas IX MTs Negeri Tulungagung tahun pelajaran 2012/2013 / Mohamad Agus Irwanto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Irwanto Mohamad Agus. 2015. Karakteristik Tokoh dan Penokohan dalam Cerpen Karya Siswa Kelas IX MTsN Tulungagung Tahun Pelajaran 2012/2013. Tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Djoko Saryono M.Pd. (II) Dr. Yuni Pratiwi M.Pd. Kata Kunci karakteristik tokoh penokohan cerpen Cerpen hasil karya anak sebagai sebuah karya fiksi yang imajiner berasal dari pengalaman dan pengamatan hidupnya. Berbagai pengalaman hidup dan kehidupan yang diungkapkan melalui cerpen tersebut memiliki gaya yang khas baik dari unsur intrinsik dan unsur ektrinsiknya terutama tokoh dan penokohannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik tokoh dan penokohan dalam cerpen karya siswa. Fokus penelitian ini adalah (1) karakteristik posisi tokoh dan (2) karakteristik teknik pelukisan tokoh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan fokus kajian teks. Metode ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik tokoh dan penokohan dalam cerpen. Penelitian ini menitikberatkan kepada kajian analisis teks cerpen. Data dikelompokkan menjadi 2 macam yaitu data karakteristik posisi tokoh dan (2) data karakteristik teknik pelukisan tokoh. Sumber data yaitu cerpen karya siswa kelas IX MTsN Tulungagung Tahun Pelajaran 2012/2013. Dalam proses analisis data dilakukan pengumpulan data pereduksian dan penyajian data kemudian dilanjutkan penyimpulan data. Pengecekan keabsahan data diuji dengan ketekunan pengamatan kecukupan rujukan dan diskusi dengan rekan sejawat. Hasil penelitian mencakup dua hal. Pertama penelitian tentang karakteristik posisi tokoh yaitu (1) karakteristik posisi tokoh berdasarkan peran yang terdiri atas (a) tokoh utama dan (b) tokoh tambahan. Karakteristik tokoh aku sebagai tokoh utama lebih banyak digunakan dalam cerpen karya siswa kelas IX MTsN Tulungagung tahun pelajaran 2012/2013 di samping karakteristik tokoh orang lain pelajar dan orang lain orang tua. Sedangkan karakteristik teman sekolah banyak digunakan sebagai tokoh tambahan oleh siswa kelas IX MTsN Tulungagung tahun pelajaran 2012/2013 di samping tokoh orang tua guru sekolah guru mengaji saudara kandung saudara/famili teman bermain kakak kelas tetangga sopir pribadi petugas keamanan sekolah dan pedagang di kantin sekolah. (2) karakteristik posisi tokoh berdasarkan fungsinya terdiri atas (a) tokoh protagonis dan (b) tokoh antagonis. Karakteristik aku sebagai tokoh protagonis lebih banyak digunakan dalam cerpen karya siswa kelas IX MTsN Tulungagung tahun pelajaran 2012/2013 di samping tokoh orang lain pelajar orang tua dan teman sekolah. Sedangkan karakteristik orang lain pelajar sebagai tokoh antagonis lebih banyak digunakan dalam cerpen karya siswa kelas IX MTsN tulungagung tahun pelajaran 2012/2013 di samping tokoh teman sekolah saudara/famili dan orang lain. (3) karakteristik posisi tokoh berdasarkan perwatakannya terdiri atas (a) tokoh sederhana dan (b) tokoh bulat. Karakteristik aku sebagai tokoh sederhana lebih banyak digunakan dalam cerpen karya siswa kelas IX MTsN Tulungagung tahun pelajaran 2012/2013 di samping tokoh orang lain pelajar dan orang tua. Sedangkan karakteristik orang lain pelajar sebagai tokoh bulat lebih banyak digunakan dalam cerpen karya siswa kelas IX MTsN Tulungagung tahun pelajaran 2012/2013 di samping tokoh teman sekolah dan orang tua. Kedua penelitian tentang karakteristik teknik pelukisan tokoh yang terdiri atas (a) teknik analitik dan (b) teknik dramatik. Karakteristik teknik analitik (langsung) yang berupa deskripsi kedirian tokoh berwujud sikap sifat watak dan tingkah laku dalam cerpen karya siswa kelas IX MTsN Tulungagung tahun pelajaran 2012/2013 lebih banyak digunakan di samping deskripsi ciri fisik.(2) karakteristik teknik dramatik (tak langsung) yang menggunakan cakapan lebih banyak digunakan dalam cerpen karya siswa kelas IX MTsN Tulungagung tahun pelajaran 2012/2013 di samping teknik tingkah laku teknik arus kesadaran teknik reaksi tokoh utama teknik reaksi tokoh lain terhadap tokoh utama teknik pelukisan latar teknik pelukisan keadaan fisik dan teknik pelukisan keadaan batin. Berdasarkan hasil penelitian disampaikan empat saran. Pertama Bagi Dinas Pendidikan Kabupaten Tulungagung hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran dalam diklat workshop dan kegiatan sejenis dalam rangka meningkatkan pengetahuan para guru terutama berkaitan dengan karakteristik cerpen para pelajar. Kedua bagi para penyusun buku hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan penyusunan buku ajar modul atau LKS dalam kegiatan MGMP madrasah tsanawiyah di Kabupaten Tulungagung. Ketiga bagi guru bidang studi bahasa Indonesia hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran analisis cerpen yang menitikberatkan pada karakteristik tokoh dan penokohan terutama yang menyangkut karakteristik posisi tokoh maupun karakteristik teknik pelukisan tokoh dan Keempat bagi peneliti selanjutnya hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan untuk melakukan penelitian selanjutnya terutama yang berkaitan dengan karakteristik tokoh dan penokohan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58050

Actions (login required)

View Item View Item