Pengembangan media pembelajaran berbasis mobile learning untuk memahami teks prosedur bagi siswa kelas VIII SMP / Giri Indra Kharisma - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis mobile learning untuk memahami teks prosedur bagi siswa kelas VIII SMP / Giri Indra Kharisma

Kharisma, Giri Indra (2015) Pengembangan media pembelajaran berbasis mobile learning untuk memahami teks prosedur bagi siswa kelas VIII SMP / Giri Indra Kharisma. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kharisma Giri Indra. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning untuk Memahami Teks Prosedur bagi Siswa Kelas VIII SMP. Tesis. Progam Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Nurhadi. M.Pd. (2) Dr. Yuni Pratiwi M.Pd. Kata Kunci media pembelajaran teks prosedur mobile learning Media pembelajaran berbasis mobile learning adalah media pembelajaran yang memanfaatkan perangkat mobile dalam penelitian ini berupa smartphone/tablet untuk menyajikan materi ajar tentang konsep teks prosedur. Materi tersebut dikemas dalam bentuk aplikasi yang dapat dioperasikan melalui smartphone/tablet. Selain itu aplikasi ini juga memungkinkan siswa mencari berbagai informasi teks prosedur melalui internet dan mendiskusikannya melalui jejaring sosial sehingga dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis mobile learning untuk memahami teks prosedur bagi siswa kelas VIII SMP. Media pembelajaran ini terdiri atas empat aplikasi sesuai dengan empat kompetensi dasar. Adapun keempat aplikasi tersebut terdiri atas aplikasi Memahami Teks Prosedur untuk KD 3.1 aplikasi Membedakan Teks Prosedur untuk KD 3.2 aplikasi Mengklasifikasi Teks Prosedur untuk KD 3.3 dan aplikasi Mengidentifikasi Kekurangan Teks Prosedur untuk KD 3.4. Keempat aplikasi media pembelajaran ini menyajikan empat menu utama yakni petunjuk penggunaan profil pengembang materi teks prosedur dan kesan pesan. Model desain penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini diadaptasi dari desain R2D2 dari Willis (1995) dan ASSURE dari Heinich dkk (2002) yang terdiri atas 3 fokus pengembangan yakni (1) fokus pendefinisian (2) fokus desain dan pengembangan dan (3) diseminasi. Desain ASSURE dan R2D2 dipilih karena sifat dari kedua desain tersebut dapat saling melengkapi. Desain ASSURE dipilih karena desain ini berfokus pada perencanaan pembelajaran di kelas dengan memanfaatkan media dan teknologi (Heinich dkk. 2002 54). Sementara itu desain R2D2 dipilih karena bersifat rekursif reflektif nonlinear dan kolaboratif. Hasil uji coba produk menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis mobile learning untuk memahami teks prosedur bagi siswa kelas VIII SMP dapat diimplementasikan. Pada tahap uji coba produk media pembelajaran berbasis mobile learning terdapat tujuh aspek utama yang dinilai oleh para ahli dan praktisi. ketujuh aspek tersebut yakni aspek (1) isi media memperoleh nilai 88 5% (2) struktur materi memperoleh nilai 87 5% (3) penilaian memperoleh nilai 82 8% (4) sistematika penyajian memperoleh nilai 81 2% (5) penggunaan bahasa memperoleh nilai 89% (6) tampilan media memperoleh nilai 82 3% dan (7) efisiensi memperoleh nilai 91 7%. Berdasarkan uji lapangan media pembelajaran ini memperoleh nilai sebesar 85 9% dari siswa kelas VIII SMPN 1 Situbondo. Dari hasil statistik uji efektivitas produk media pembelajaran berbasis mobile learning untuk KD memahami teks prosedur dapat diketahui bahwa banyak siswa yang mampu mendapatkan hasil lebih baik setelah menggunakan media pembelajaran berbasis mobile learning untuk kompetensi memahami teks prosedur. Hal tersebut tampak pada jumlah nilai rata-rata pretest sebesar 74 3333 dengan SD 4 26073 sedangkan nilai rata-rata posttest sebesar 86 1111 dengan SD 6 55353. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai memahami teks prosedur sebelum dan sesudah perlakuan karena P 945 0 05. Artinya terdapat peningkatan nilai siswa dalam memahami teks prosedur setelah menggunakan media pembelajaran yang dikembangkan. Dari hasil uji produk uji lapangan dan uji efektivitas terbukti bahwa media pembelajaran ini mampu menumbuhkan antusiasme atau gairah belajar siswa. Hal ini disebabkan media pembelajaran ini menyajikan materi teks prosedur disertai dengan fitur-fitur menarik guna mendukung pembelajaran teks prosedur. Fitur tersebut terdiri atas video untuk menampilkan contoh prosedur grup belajar sebagai sarana untuk berbagi informasi dengan teman atau guru tentang teks prosedur KBBI daring untuk mencari arti dari kata-kata sulit dan kuis untuk mengetahui pemahaman siswa. Namun dibalik kelebihan tersebut media pembelajaran ini memiliki kelemahan yakni beberapa fitur-fitur yang disebutkan di atas dapat digunakan jika smartphone siswa terhubung dengan internet. Oleh sebab itu media pembelajaran ini begitu bergantung dengan internet.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58046

Actions (login required)

View Item View Item