Rohaeni (2015) Keefektifan penggunaan media video panorama dalam tes menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII SMPN 1 Margahayu Kabupaten Bandung / Rohaeni. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Rohaeni. 2015. Keefektifan Penggunaan Media Video Panorama dalam Tes Menulis Teks Deskripsi pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Margahayu Kabupaten Bandung. Tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Heri Suwignyo M.Pd. (II) Prof. Dr. Wahyudi Siswanto M.Pd.. Kata kunci media video panorama tes menulis teks deskripsi. Teks deskripsi merupakan salah satu bahan ajar atau materi pembelajaran pada kurikulum 2013. Teks deskripsi adalah genre teks faktual yang menggambarkan sesuatu objek seperti tempat benda orang keadaan dan lain-lain secara spesifik berdasarkan ciri fisik dan karakteristik objek tersebut sehingga pembaca seolah-olah melihat mendengar mengalami dan merasakan hal-hal yang digambarkan itu. Meningkatkan hasil tes menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII memerlukan penggunaan media pembelajaran yang tepat. Media tes yang diduga dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks deskripsi adalah video panorama. Media video panorama adalah media berjenis audio visual yang menayangkan pemandangan alam yang bebas dan luas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan penggunaan media video panorama dalam tes menulis teks deskripsi. Tujuan khusus penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan keefektifan penggunaan media video panorama dalam tes menulis teks dekripsi pada aspek isi gagasan teks (2) mendeskripsikan keefektifan penggunaan media video panorama dalam tes menulis teks dekripsi pada aspek organisasi isi teks (3) mendeskripsikan keefektifan penggunaan media video panorama dalam tes menulis teks deskripsi pada aspek penggunaan bahasa dan (4) mendeskripsikan keefektifan penggunaan media video panorama dalam tes menulis teks dekripsi pada aspek mekanis penulisan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Alasan penggunaan pendekatan kuantitatif yakni (1) menguji hipotesis tentang keefektifan media video panorama dalam tes menulis teks deskripsi (2) data penelitian berupa angka atau skor kemampuan menulis teks deskripsi (3) data dianalisis dengan Uji-t dan (4) menguji teori tentang keefektifan penggunaan media video panorama. Penelitian ini menggunakan rancangan kuasi eksperimen dengan model rancangan Times Series Design. Alasan penggunaan model rancangan ini yakni (1) penelitian dilakukan pada satu kelas eksperimen dan tidak ada kelas kontrol (2) penetapan kelas eksperimen tidak dilakukan secara random (3) terdapat variabel-variabel relevan yang tidak memungkinkan terkontrol misalnya latar belakang siswa tingkat kematangan dan kecerdasan siswa kondisi kesehatan siswa dan sebagainya (4) anggota kelompok eksperimen mengetahui statusnya sehingga hasil akhir bisa saja tidak semurni yang diharapkan (5) diadakan perlakuan (6) skor pretest digunakan sebagai variabel kontrol untuk mengetahui keefektifan penggunakan media video panorama dalam tes menulis teks deskripsi (7) eksperimen dilakukan secara berkala melalui pretest dan posttest yang masing-masing dilaksanakan sampai empat kali. Data penelitian ini berupa skor kemampuan siswa dalam menulis teks deskripsi yakni (1) skor kemampuan menulis teks deskripsi pada aspek isi gagasan teks (2) skor kemampuan menulis teks deskripsi pada aspek organisasi isi teks (3) skor kemampuan menulis teks deskripsi pada aspek penggunaan bahasa dan (4) skor kemampuan menulis teks deskripsi pada aspek mekanis penulisan. Selain skor hasil tes data lain dalam penelitian ini adalah hasil pengamatan keterlaksanaan pembelajaran dan hasil angket siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 1 Margahayu Kabupaten Bandung. Penetapan siswa menggunakan teknik sampling bertujuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal menulis teks deskripsi. Analisis data penelitian menggunakan Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media video panorama efektif secara signifikan digunakan dalam tes menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII SMPN 1 Margahayu Kabupaten Bandung pada aspek (1) isi gagasan teks (2) organisasi isi teks (3) penggunaan bahasa dan (4) mekanis penulisan. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada (1) guru agar hasil penelitian ini digunakan sebagai acuan untuk merancang pembelajaran menulis teks deskripsi dengan menerapkan penggunaan media video panorama. Selain itu disarankan juga agar video panorama digunakan sebagai media tes menulis teks deskripsi. Hal ini karena media video panorama efektif secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks deskripsi dan (2) peneliti berikutnya agar hasil penelitian ini dijadikan sebagai bahan masukan untuk mengembangkan penggunaan media video panorama dalam penelitian selanjutnya. Selain itu untuk lebih menguatkan temuan penelitian disarankan agar melakukan penelitian dengan menggunakan model rancangan penelitian seri waktu pada kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Jul 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58044 |
Actions (login required)
View Item |