Deiksis waktu dalam karangan narasi siswa kelas XII MAN 3 Tulungagung tahun pelajaran 2014/2015 / Lailiyatus Sa'diyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Deiksis waktu dalam karangan narasi siswa kelas XII MAN 3 Tulungagung tahun pelajaran 2014/2015 / Lailiyatus Sa'diyah

Sa'diyah, Lailiyatus (2015) Deiksis waktu dalam karangan narasi siswa kelas XII MAN 3 Tulungagung tahun pelajaran 2014/2015 / Lailiyatus Sa'diyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sa diyah Lailiyatus. 2015. Deiksis Waktu dalam Karangan Narasi Siswa Kelas XII MAN 3 Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015.Tesis S2 Pendidikan Bahasa Indonesia Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sunaryo HS S.H. M.Hum (II) Dr. Sunoto M.Pd. Kata Kunci Deiksis waktu karangan narasi siswa Deiksis waktu dapat ditemukan pada bahasa lisan maupun tulis. Penelitian ini difokuskan pada bahasa tulis yang terdapat pada wacana berupa karangan narasi. Karangan narasi dipelajari pada mata pelajaran bahasa Indonesia di tingkat SMA. Penggunaan deiksis waktu pada karangan narasi di tingkat SMA belum pernah diketahui bentuk jenis dan makna bentuknya. Oleh sebab itu perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui penggunaan deiksis waktu (bentuk jenis dan makna bentuk) dalam karangan narasi tulisan siswa kelas XII MAN 3 Tulungagung Tahun pelajaran 2014/2015. Selain itu berdasarkan pertimbangan filosofis penelitian deiksis waktu dipilih karena datanya lebih bervariasi dan secara tidak langsung sudah mengena pada deiksis persona dan deiksis ruang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif dipilih karena sesuai dengan jenis penelitian deskriptif yaitu mendeskripsikan deiksis waktu (bentuk jenis dan makna bentuk) berupa kata dan kontruksi sintaksis (frase atau lebih dari frase) dalam karangan narasi tulisan siswa. Pada kepentingan tersebut peneliti berkedudukan sebagai human instrumen yaitu membaca berulang dan mendalam terhadap sumber data karangan narasi siswa kelas XII MAN 3 Tulungagung. Dengan tindakan tersebut diperoleh data berupa kata atau konstruksi sintaksis (frase atau lebih dari frase) yang menandai adanya deiktis dalam teks narasi tulisan siswa kelas XII MAN 3 Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015. Data tersebut dianalisis dengan prosedur alir (Flow model analysis). Berdasarkan paparan data temuan penelitian disimpulkan deiksis waktu pada karangan narasi siswa kelas XII MAN 3 Tulungagung menggunakan leksem waktu yang deiktis. Leksem waktu deiktis yang digunakan berupa deiksis waktu bentuk kata dan frase dan termasuk jenis deiksis waktu kini waktu lampau dan waktu akan datang. leksem waktu deiktis yang digunakan siswa dalam karangan narasi yang menandai jenis waktu kini dan lampau ada yang dapat dirangkaikan dengan kata ini seperti (sekarang ini) dan adapula yang dirangkaikan dengan kata ituseperti(sore itu). Selain itu leksem waktu yang digunakan dalam karangan narasi berupa bentuk deiksis reduplikasi seperti (pagi-pagi tiba-tiba). Deiksis waktu yang memiliki jangkauan yang sulit diberikan batasnya pada karangan narasi seperti (nanti kelak tadi dan dulu). Tanpa dikaitkan dengan waktu lampau kata kini tidak dapat berdiri sendiri menunjuk saat tuturan. dan kata kini memiliki distribusi terbatas dibandingkan dengan kata sekarang. Kata lalu digunakan untuk memarkahi kelanjutan peristiwa dalam cerita. Sedangkan kata kemudian digunakan sebagai konjungsi yang menekankan pada hal yang memperlawankan waktu sebelumnya dengan waktu berikutnya. Selain itu kata kemudiandapat digunakan sebagai pemarkah waktu yang akan datang akan tetapi tidak dapat berdiri sendiri berbeda halnya dengan kata nanti. Preposisi pada dan di tidak selalu dapat saling menggantikan sebagai kata ganti keterangan waktu . Berdasarkan hasil analisis dapat diberikan tiga saran. Saran pertama yang dapat diberikan kepada guru mata pelajaran khususnya bahasa Indonesia supaya lebih sering lagi melatih siswa dalam kegiatan karang-mengarang khususnya dalam bentuk karangan narasi menggunakan bentuk jenis makna bentuk deiksis waktu yang lebih benar dan tepat dalam menggunakan deiksis waktu. Karangan narasi tulisan siswa belum banyak yang menggunakan kalimat langsung-tak langsung sehingga penggunaan deiksis waktu masih belum maksimal dalam pemakaiannya.Saran kedua bagi siswa supaya lebih meningkatkan lagi keterampilan menulis khususnya menulis karangan narasi dengan memperhatikan dan menggunakan deiksis waktu dengan baik dan benar. Saran ketiga bagi peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian deiksis persona deiksis ruang deiksis waktu dalam wacana sastra.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58043

Actions (login required)

View Item View Item