Perkembangan kompetensi berbahasa tulis mahasiswa BIPA tingkat pemula (mahasiswa peserta program Critical Language Scholarship Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang 2014) / Elva Riezky Maharany - Repositori Universitas Negeri Malang

Perkembangan kompetensi berbahasa tulis mahasiswa BIPA tingkat pemula (mahasiswa peserta program Critical Language Scholarship Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang 2014) / Elva Riezky Maharany

Maharany, Elva Riezky (2015) Perkembangan kompetensi berbahasa tulis mahasiswa BIPA tingkat pemula (mahasiswa peserta program Critical Language Scholarship Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang 2014) / Elva Riezky Maharany. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Maharany Elva R. 2015. Perkembangan Kompetensi Berbahasa Tulis Mahasiswa BIPA Tingkat Pemula (Mahasiswa Peserta Program Critical Language Scholarship Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang 2014). Tesis Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Widodo Hs. M.Pd. (II) Prof. Dr. Imam Suyitno M.Pd. Kata kunci perkembangan kompetensi berbahasa bahasa tulis mahasiswa BIPA tingkat pemula Pada pembelajaran bahasa kedua kompetensi berbahasa tulis merupakan aspek yang penting. Proses perkembangan kompetensi berbahasa tulis tersebut dapat diidentifikasi melalui berbagai kegiatan menulis yang dilaksanakan. Salah satu bentuk kegiatan menulis yang dilaksanakan dalam program CLS adalah menulis jurnal harian. Perkembangan kompetensi menulis pada jurnal inilah yang dikaji dalam penelitian ini. Adapun tujuan penelitian ini untuk (1) mendeskripsikan perkembangan kosakata yang dihasilkan oleh pembelajar BIPA tingkat pemula dan (2) mendeskripsikan perkembangan kalimat yang dihasilkan oleh pembelajar BIPA tingkat pemula. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif-kualitatif dengan jenis penelitian pemerolehan bahasa kedua. Pada penelitian ini peneliti sebagai instrumen utama. Data pada penelitian ini adalah semua informasi tertulis hasil studi dokumentasi pada jurnal harian. Data pada penelitian ini dipilah menjadi dua bagian yaitu (1) informasi tertulis hasil studi dokumentasi tentang perkembangan kosakata dan (2) informasi tertulis hasil studi dokumentasi tentang perkembangan kalimat pada mahasiswa BIPA. Sumber data pada penelitian ini adalah hasil tulisan mahasiswa BIPA tingkat pemula yang terdapat pada jurnal harian yang dianalisis pada satuan mingguan selama program CLS berlangsung. Penelitian ini menggunakan dua teknik pengecekan keabsahan data yaitu (1) pengamatan ulang pada temuan data dan (2) triangulasi ahli BIPA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama jenis kata yang dihasilkan terdiri atas 2 kategori utama yaitu kata isi yang tampak pada topik dan kata fungsi. Perkembangan jenis kata yang dihasilkan oleh pembelajar BIPA tingkat pemula pada minggu 1 dan minggu 2 berada pada tingkat novice mid hal tersebut ditandai dengan pembelajar yang menghasilkan kosakata sesuai topik seperti nama nomor tanggal dan informasi otobiografi sederhana. Penanda lain yaitu penggunaan kata hubung terbatas pada kata dan dengan dan tetapi pada minggu ini terdapat kesalahan ejaan kesalahan huruf dan suku kata. Perkembangan jenis kata yang dihasilkan oleh pembelajar BIPA tingkat pemula pada minggu 3 berada pada tingkat novice high hal tersebut ditandai dengan topik yang dihasilkan pembelajar yaitu kesehatan dan kebudayaan. Perkembangan jenis kata yang dihasilkan oleh pembelajar BIPA tingkat pemula pada minggu 4 dan minggu 5 berada pada tingkat intermediate low. Hal tersebut ditandai dengan topik antara lain jurnalistik ramadhan sejarah memasak keluarga berencana kesehatan dan lingkungan. Kedua bentukan kata pada minggu 1 berkembang pada tingkat novice high hal ini ditandai dengan bentukan kata dasar yang dihasilkan oleh pembelajar seperti ber- dan meN-. Pada minggu 2 minggu 3 minggu 4 dan minggu 5 bentukan kata yang dihasilkan oleh pembelajar berkembang pada tingkat intermediate low. Hal tersebut ditandai dengan bentukan yang dihasilkan berupa prefiks peN- konfiks ke-an konfiks ber-an dan bentuk pasif. Pada minggu 6 dan minggu 7 bentukan kata yang dihasilkan oleh pembelajar berkembang pada tingkat intermediate mid. Hal tersebut ditandai oleh tidak terdapatnya kesalahan dalam bentukan kata. Ketiga pada minggu 1 perkembangan struktur kalimat yang dihasilkan oleh pembelajar berada pada tingkat novice mid. Kompetensi pembelajar dalam menghasilkan kalimat pada minggu 1 ditandai dengan adanya struktur bahasa pertama yang dihasilkan. Pada minggu 2 minggu 3 dan minggu 4 perkembangan struktur kalimat yang dihasilkan oleh pembelajar berada pada tingkat novice high. Hal tersebut ditandai dengan kalimat sederhana dan kalimat luas yang dihasilkan. Penggunaan kata hubung dalam kalimat lebih variatif walaupun penggunaan kosakata masih tidak tepat dan masih terdapat kosakata dalam bahasa pertama. Perkembangan sturktur kalimat pada minggu 5 berada pada tingkat intermediate low. Hal tersebut ditandai oleh penggunaan kata hubung yang tidak konsisten. Penanda yang membedakan dengan minggu sebelumnya yaitu kesalahan pada minggu ini hanya terbatas pada penggunaan bentukan kata dan pemilihan huruf dalam kalimat. Perkembangan struktur kalimat pada minggu 6 dan minggu 7 berada pada tingkat intermediate mid. Perkembangan struktur kalimat pada minggu 6 ditandai dengan penggunaan bentukan kata dan penggunaan kata hubung yang kurang konsisten pada kalimat. Pada minggu ini pembelajar sudah mampu mengoreksi beberapa kata yang tidak tepat penggunaanya. Kalimat yang dihasilkan sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia walaupun kalimat tersebut masih terdapat kegoyahan dalam pemilihan huruf dan bentukan kata. Perkembangan struktur kalimat yang dihasilkan pembelajar pada minggu 7 ditandai dengan hasil kalimat yang tidak hanya kalimat formal tetapi juga kalimat informal. Bagi ahli BIPA hasil kajian ini diharapkan dapat menjadi (1) bahan gambaran kompetensi berbahasa tulis mahasiswa BIPA (2) sumber informasi tentang kompetensi berbahasa tulis (3) acuan dan bahan bandingan bagi kepentingan studi bidang BIPA dan (4) bahan aktual dalam memperkaya temuan teoretis bidang pembelajaran BIPA. Bagi pengajar BIPA hasil kajian ini diharapkan dapat menjadi (1) sumber informasi perkembangan bahasa tulis mahasiswa BIPA untuk penyusunan materi serta silabus dan (2) sumber informasi untuk menghasilkan bahan ajar yang sesuai dengan perkembangan mahasiswa. Bagi peneliti lain hasil kajian ini juga diharapkan mampu menjadi informasi awal untuk penelitian selanjutnya yang berkaitan dengan faktor apa saja yang menyebabkan perkembangan terjadi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58042

Actions (login required)

View Item View Item