Pengembangan media pembelajaran teks eksposisi / Yudir Suhaedir - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran teks eksposisi / Yudir Suhaedir

Suhaedir, Yudir (2015) Pengembangan media pembelajaran teks eksposisi / Yudir Suhaedir. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Suhaedir Yudir. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Teks Eksposisi. Tesis Program Studi Pendidikan Bahasa Indoneisa Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Roekhan M. Pd. (2) Dr. Kusubakti Andajani M. Pd. Kata Kunci Media Pembelajaran Teks Eskposisi. Pembelajaran bahasa Indonesia bertujuan agar siswa terampil berbahasa dan berkomunikasi secara lisan dan tulis. Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara peneliti dengan guru bahasa Indonesia di SMP Negeri 18 Kota Bogor diketahui masih terdapat beberapa kendala dalam pelaksanaan proses pembelajaran mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas. Proses pembelajaran masih didominasi dengan transfer pengetahuan dari guru ke peserta didik. Sumber belajar yang digunakan hanya merujuk pada buku teks. Sumber belajar lainnya seperti buku penunjang pembelajaran di perpustakaan dan internet belum dimanfaatkan secara maksimal. Penggunaan media dalam kegiatan pembelajaran masih terbatas sehingga pembelajaran cenderung monoton dan kurang menarik. Permasalahan lainnya adalah ketersediaan media pembelajaran khususnya media pembelajaran teks eksposisi yang belum memadai. Penelitian ini bertujuan menghasilkan media interaktif untuk pembelajaran teks eksposisi untuk siswa SMP memvalidasi dan menguji tingkat kepraktisan kemenarikan dan keefektifan produk media pembelajaran tersebut. Akhir produk dalam pengembangan ini berupa media pembelajaran interaktif tentang teks eksposisi dengan program aplikasi berbasis Autoplay dan Powerpointyang dikemas dalam bentuk CD (compact disc) pembelajaran interaktif yang disertai dengan petunjuk penggunaan. Produk pengembangan media pembelajaran teks eksposisi ini telah mengalami beberapa revisi perbaikan baik dari segi tampilan dan dari segi isi materi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan dengan menggunakan desain penelitian pengembangan adaptasi Borg Gall 1983. Langkah pengembangan dimulai dari studi pendahuluan yang meliputi analisis kebutuhan studi pustaka studi literatur penelitian skala kecil yang dibutuhkan. Langkah berikutnya dilakukan perencaaan penelitian meliputi merumuskan tujuan penelitian mendesain rancangan atau prototipe produk setelah prototipe produk selesai kemudian divalidasi oleh beberapa ahli kemudian direvisi tahap I. Langkah selanjutnya adalah memvalidasi produk dari praktisi. Uji validasi produk berdasarkan praktisi terdiri atas uji coba lapangan kelompok terbatas dan uji coba lapangan kelompok besar. Uji validasi tersebut dilakukan untuk mengetahui tingkat kepraktisan kemenarikan dan keefektifan produk yang dikembangkan hasilnya berupa data angket saran atau komentar yang digunakan untuk melakukan revisi tahap II. Hasil analisis data skor penilaian validasi ahli materi dan ahli media terhadap media pembelajaran teks eksposisi menunjukkan bahwa secara keseluruhan media teks eksposisi berkategori baik dengan revisi sedang. Hasil uji validasi ahli materi mencapai 3 5 dengan kriteria cukup valid sedangkan hasil uji validasi ahli media mencapai 3 3 dengan kriteria cukup valid. Revisi dilakukan pada tampilan petunjuk penggunaan materi latihan dan pemilihan gambar animasi. Hasil validasi praktisi diperoleh dari dua kali uji coba yaitu uji coba lapangan kelompok terbatas dan uji coba lapangan kelompok besar. Dua uji tersebut digunakan untuk melihat tingkat kepraktisan kemenarikan dan kefektifan media pembelajaran teks eksposisi. Berdasarkan hasil uji coba lapangan kelompok terbatas tingkat kepraktisan diperoleh hasil 3 8 dengan kriteria cukup praktis. Tingkat kemenarikan mencapai 3 8 dengan kriteria cukup menarik dan tingkat keefektifan mencapai 83 86 dengan kriteria efektif. Hasil uji coba lapangan kelompok besar mendapatkan hasil diantaranya adalah kepraktisan mencapai 4 dengan kriteria praktis kemenarikan mencapai 3 9 dengan kriteria cukup menarik dan keefektifan mencapai 82 82 dengan kriteria efektif. Revisi dilakukan pada durasi waktu tampilan halaman evaluasi ukuran hurup dan penggunaan musik pengantar. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan yang telah dilaksanakan beberapa saran pemanfaatan yang dapat disampaikan antara lain 1) hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai salah satu alternatif perbaikan pengembangan media pembelajaran khusunya pada pembelajaran bahasa Indonesia sesuai dengan fasilitas yang tersedia di sekolah 2) guru harus memahami dengan baik petunjuk penggunaan media pembelajaran tek eksposisi untuk mencapai tujuan pembelajaran dengan memanfaatkan media pembelajaran CD interaktif 3) media pembelajaran teks eksposisi ini dapat digunakan oleh guru dalam memberikan pelajaran bahasa Indonesia tentang teks ekspsosisi 4) siswa harus memahami betul petunjuk penggunaan media pembelajaran teks eksposisi. 5) Pembelajaran sebaiknya dilaksanakan pada ruangan kelas yang memiliki sarana pendukung seperti PC (Personal Computer) atau Laptop untuk masing-masing siswa dan LCD. Saran diseminasi di antaranya perencanaan diseminasi produk diperlukan pada Sekolah Menengah Pertama di tingkat lokal seperti kota Bogor karena belum maksimalnya pemanfaatan teknologi untuk pembelajaran siswa. Desiminasi produk dapat dilakukan dengan mengupayakan penyebarluasan melalui Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) baik di tingkat sekolah atau pun di tingkat kota sesuai dengan keperluan lembaga. Desiminasi akan sangat penting di samping sebagai produk ilmiah untuk kegiatan-kegiatan pembelajaran juga merangsang guru untuk berkreasi dalam memecahkan berbagai persoalan yang dihadapi pada dunia pendidikan tidak terkecuali masalah siswa. Saran pengembangan lebih lanjut sebaiknya media pembelajaran teks eksposisi ini di buat dalam bentuk 3 D dengan tambahan animasi sehingga materi pembelajaran akan lebih menarik lagi. Selain itu media pembelajaran teks ekspsosisi ini juga dapat diubah kedalam bentuk apalikasi android agar lebih mudah di akses pada Smartphone.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58041

Actions (login required)

View Item View Item