Pengembangan perangkat asesmen autentik keterampilan menulis kelas VII dalam implementasi kurikulum 2013 / Kasmadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat asesmen autentik keterampilan menulis kelas VII dalam implementasi kurikulum 2013 / Kasmadi

Kasmadi (2015) Pengembangan perangkat asesmen autentik keterampilan menulis kelas VII dalam implementasi kurikulum 2013 / Kasmadi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kasmadi. 2015. Pengembangan Perangkat Asesmen Autentik Keterampilan Menulis Kelas VII dalam Implementasi Kurikulum 2013. Tesis. Jurusan Bahasan Indonesia. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Titik Harsiati M.Pd (II) Dr. Nurhadi M.Pd. Kata Kunci asesmen autentik menulis Kurikulum 2013 Asesmen autentik adalah suatu pendekatan dalam menilai hasil belajar peserta didik yang berusaha menilai apa yang seharusnya dinilai dengan beberapa teknik dan sumber penilaian. Asesmen autentik dilakukan tidak hanya sekadar memperoleh angka-angka di akhir pembelajaran. Asesmen autentik dilakukan secara komprehensif untuk menampilkan sikap menggunakan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dari proses pembelajaran. Dari hasil studi pendahuluan dapat diketahui bahwa pemahaman pendidik terhadap konsep asesmen hanya sebesar 39% sedangkan61% kurang paham.Para pendidik yang mengalami kesulitan mengimplementasikan asesmen dalam pembelajaran sebanyak 42% sisanya 58% sudah dapat mengimplementasikan asesmen dalam pembelajaran. Dalam mengembangkan indikator asesmen para pendidik36% sedangkan 64% sudah dapat mengembangkan dengan baik. Pada kemampuan menyusun instrumen diketahui 38% masih belum maksimal dan terampil mengembangkannya. Sisanya 62% sudah dapat mengembangkan dan menyusun insturmen dengan baik. Pada kemampuan menyusun rubrik penilaian diketahui 37% pendidik belum mampu sedangkan sebesar 63% sudah mampu menyusun rubrik dengan baik. Berdasarkan temuan-temuan hal tersebut maka pengembangan perangkat asesmen autentik keterampilan menulis sangat relevan dan sangat diperlukan dalam pembelajaran. Tujuan penelitian dan mengembangan ini adalah (1) menghasilkan produk perangkat asesmen autentik keterampilan menulis kelas VII dalam implementasi Kurikulum 2013. Secara khusus menghasilkan Panduam Asesmen Autentik Keterampilan Menulis dan Tugas Autentik Menulis (2) memaparkan kelayakan produk Panduan Asesmen Autentik Menulis dari segi sasaran panduan isi panduan dan keterbacaan panduan. Pada produk Tugas Autentik Menulis validitasisi validitas konstruk reliabilitas keterbacaan dan keterterapan kemenarikan penumbuhan sikap/karakter positif. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan Reflective Recursive Desaign and Development (R2D2) oleh Willis dan model Asesmen Autentik O Malley Pierce. Prosedur dalam pengembangan ini dilakukan dengan tiga tahap pokok yakni (1) tahap prapengembangan (2) pengembangan dan (3) uji produk pengembangan. Uji produk PanduanAsesmen Autentik Menulis dilakukan untuk mengetahui kelayakan dari segi sasaran panduan isi panduan dan keterbacaan panduan. Uji produk Tugas Autentik Menulis dilakukan untuk mengetahui kalayakan produk dari segi validitas isi validitas konstruk reliabilitas keterbacaan dan keterterapan kemenarikan dan penumbuhan sikap/karakter positif. Uji coba kelompok kecil dimaksudkan untuk mengetahui keterbacaan dan kemenarikan produk Tugas Asesmen Autentik Menulis. Berdasarkan hasil uji produk diperoleh data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari penilaian ahli praktisi dan tanggapan peserta didik. Data kualitatif diperoleh dari saran dan komentar ahli praktisi dan tanggapan peserta didik terhadap produk. Berdasarkan hasil analisis uji validasi ahli asemen menulis ahli perencanaan pembelajaran dan praktisi terhadap produk Panduan Asesmen Autentik Menulis diproleh rata-rata 88 61% yakni kualifikasi sangat baik dan siap diimplementasi-kan. Dari hasil analisisis data kuantitatif berupa saran dan komentar dapat dismpulkan bahwa produk ini mengalami revisi kecil. Hasil analisis terhadap produk Tugas Autentik Menulis Teks Laporan Hasil Observasi disimpulkan bahwa hasil uji validasi ahli asesmen menulis ahli perencanaan pembelajaran dan praktisi diketahui rata-rata 89 33% yakni sangat layak dan siap digunakan. Dari hasil analisis kualitatif berupa saran dan komentar dapat disimpulkan produk hanya mengalami revisi kecil untuk menyempurnakan. Pada produk Tugas Autentik Menulis Teks Deskripsi dapat disimpulkan bahwa hasil uji validasi ahli asesmen menulis ahli perencanaan pembelajaran dan praktisi diketahui rata-rata 89 61% yakni sangat layak dan siap diimplementasi-kan. Dari hasil analisis kualitatif berupa saran dan komentar dapat disimpulkan produk mengalami revisi kecil untuk menyempurnakan. Pada produk Tugas Autentik Menulis Teks Eksposisi dapat disimpulkan bahwa hasil uji validasi ahli asesmen menulis ahli perencanaan pembelajaran dan praktisi diketahui rata-rata 91 16% dengan kualifikasi sangat layak dan siap diimplementasikan. Dari hasil analisis kualitatif berupa saran dan komentar dapat disimpulkan produk mengalami revisi kecil untuk menyempurnakan. Pada produk Tugas Autentik Menulis Eksplanasi dapat disimpulkan bahwa hasil uji validasi ahli asesmen menulis ahli perencanaan pembelajaran dan praktisi diketahui rata-rata 91 27% dengan kualifikasi sangat layak dan siap diimplementasikan. Dari hasil analisis kualitatif berupasaran dan komentar dapat disimpulkan produk mengalami revisi kecil untuk menyempurnakan. Pada produk Tugas Autentik Menulis Teks Cerita Pendek dapat disimpulkan bahwa hasil uji validasi ahli asesmen menulis ahli perencanaan pembelajaran dan praktisi diketahui rata-rata 91 16% yakni sangat layak dan siap diimplementasikan. Dari hasil analisis kualitatif berupa saran dan komentar dapat disimpulkan produk mengalami revisi kecil untuk menyempurnakan. Berdasarkan hasil analisis revisi produk yang dilakukan adalah (1) menyederhanakan gradasi penyekoran (2) menambahkan ciri-ciri bahasa contoh teks dan (3) merevisi kesalahan ejaan pilihan kata dan struktur kalimat. Selainitu diperoleh komentar positif dari praktisi bahwa produk ini merupakan karya yang luar biasa dapat memandu guru dan peserta didik dalam menyelesaikan tugas autentik menulis teks. Sebab memberikan panduan tahap demi tahap. Produk pengembangan diharapkan dapat bermanfaat bagi pendidik peserta didik dan peneliti lanjut. Oleh karena itu dalam menggunakan produk ikuti langkah-langkah yang sudah ditentukan. Sebaiknya digunakan pada sekolah yang selevel dengan sekolah uji coba. Produk dapat dimodifikasi pada hal-hal tertentu sesuai dengan karateristik peserta didik. Pelaksanaan asesmen autentik harus didasarkan pada prinsip-prinsip asemen. Bagi peneliti lanjut produk dapat diujikan pada level sekolah menengah ke bawah. Dapat dikembangkan pada kelas VII dan IX.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58040

Actions (login required)

View Item View Item