Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) bermuatan nilai karakter terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas VII SMP / Mhd. Jasri Ilham - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) bermuatan nilai karakter terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas VII SMP / Mhd. Jasri Ilham

Ilham, Mhd. Jasri (2015) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) bermuatan nilai karakter terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas VII SMP / Mhd. Jasri Ilham. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ilham Mhd. Jasri. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Bermuatan Nilai Karakter terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas VII SMP. Tesis Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Muakibatul Hasanah M.Pd. (II) Dr. Yuni Pratiwi M.Pd. Kata Kunci Pembelajaran Menulis Cerita Pendek Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC Nilai Karakter. Menulis cerpen merupakan kegiatan menuangkan gagasan ide dan pikiran dalam bentuk sebuah cerita rekaan yang menarik dan imajinatif. Cerpen dapat disajikan berdasarkan pengalaman pribadi pengarang maupun pengalaman orang lain dalam menulis cerpen siswa masih mengalami permasalahan yang disebabkan beberapa hal yaitu siswa kurang terampil dalam mengembangkan ide sebuah cerita peran guru dalam membina siswa berlatih mengemukakan ide dan gagasan belum optimal kebiasaan guru mengajarkan teori cerpen dan bukan proses kreatif menulis cerpen penggunaan model pembelajaran juga kurang tepat dan tidak inovatif. Oleh karena itu untuk mengoptimalkan pembelajaran menulis cerpen siswa kelas VII SMPN 5 Muara Bungo diperlukan penerapan model pembelajaran yang tepat dan relevan. Model pembelajaran tersebut adalah model pembelajaran kooperatif tipe CIRC bermuatan nilai karakter. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe CIRC bermuatan nilai karakter terhadap kemampuan menulis cerpen yang terdiri atas (1) kemampuan mengembangkan tema (2) kemampuan mengembangkan penokohan (3) kemampuan mengembangkan alur (4) kemampuan mengembangkan latar dan (5) kemampuan menggunakan bahasa dalam cerpen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan beberapa alasan yaitu (1) menguji hipotesis tentang pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe CIRC bermuatan nilai karakter (2) data dalam penelitian ini berupa angka (3) data penelitian dianalisis dengan menggunakan Uji-t dan (4) menguji teori tentang pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe CIRC bermuatan nilai Karakter. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen (quasi experimental) dengan desain pretest-posttest control group design. Data penelitian berupa skor kemampuan menulis cerpen yaitu skor kemampuan mengembangkan tema (2) mengembangkan penokohan (3) mengembangkan alur (4) mengembangkan latar dan (5) menggunakan bahasa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 5 Muara Bungo yang terdaftar pada semester II (genap) tahun ajaran 2014/2015. Sampel penelitian ini terdiri atas dua kelas yaitu kelas VII-1 berjumlah 26 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-2 berjumlah 26 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes menulis cerpen rubrik penilaian menulis cerpen dan pedoman observasi nilai karakter dan keterlaksanaan pembelajaran. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC bermuatan nilai karakter terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas VII SMPN 5 Muara Bungo (taraf signifikansi 945 0 05 dan t tabel sebesar 2 0086) dalam (1) mengembangkan tema diperoleh signifikansi (3 383 8805 2 0086) (2) menggunakan bahasa diperoleh signifikansi (2 533 8805 2 0086) (3) mengembangkan latar diperoleh signifikansi (2 469 8805 2 0086) (4) mengembangkan penokohan diperoleh signifikansi (2 319 8805 2 0086) (5) mengembangkan alur diperoleh signifikan (2 087 8805 2 0086) dan (6) pengimplentasian nilai karakter dalam pembelajaran kooperatif tipe CIRC dalam menulis cerpen sudah terlaksana dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata nilai karakter yang diperoleh siswa sebesar 3 16 pada rentang nilai 2 33 N 8804 3 33 dan mendapat predikat baik. Berdasarkan kesimpulan dapat diberikan beberapa saran bagi peneliti hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai informasi dan tolak ukur dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC bermuatan nilai karakter khususnya dalam pembelajaran menulis cerpen. Penelitian ini dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan menulis lainnya dalam pembelajaran bagi guru hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai pedoman untuk merancang pembelajaran yang mampu memberikan pengaruh terhadap keterampilan dan kreativitas siswa dalam menulis cerpen. Model ini dapat digunakan untuk mengimplementasi nilai karakter dalam diri siswa agar siswa mempunyai fondasi untuk berpikir dan bertindak dan bagi peneliti lain hasil penelitian ini dapat dijadikan masukan konstruktif dalam penelitian yang lain terkait dengan penelitian ini yaitu penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC bermuatan nilai karakter dan kemampuan menulis cerpen. Peneliti lain juga dapat merujuk dan mengembangkan model pembelajaran ini untuk penelitian selanjutnya yang sejenis.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58039

Actions (login required)

View Item View Item