Teks berita siswa kelas XI SMA (studi kasus multisitus) / Anisatul Fauziah - Repositori Universitas Negeri Malang

Teks berita siswa kelas XI SMA (studi kasus multisitus) / Anisatul Fauziah

Fauziah, Anisatul (2015) Teks berita siswa kelas XI SMA (studi kasus multisitus) / Anisatul Fauziah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fauziah Anisatul. 2015. TeksBeritaSiswaKelas XI SMA. Tesis. Program StudiPendidikanBahasa Indonesia PascasarjanaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sumadi M.Pd. (II) Dr. Sunaryo HS S.H M.Hum. Kata kunci teksberita tema isi penggunaanbahasa Teks berita merupakan salah satu wacana tulis berupa laporan atau pemberitahuan tentang segala peristiwa aktual yang menarik perhatian orang banyak. Penulisan teks berita perlu memperhatikan tema isi dan penggunaan bahasa. Dalam kegiatan menulis teks berita siswa merealisasikan gagasan yang masih tersimpan dalam pikiran menjadi bentuk tulisan dan mengungkapkan informasi dalam bentuk tulisan singkat padat dan jelas. Hal ini menambah deretan alasan pentingnya menulis teks berita oleh siswa. Selain penting secara esensial menulis teks berita juga penting sebagai bekal meraih profesi tertentu seperti wartawan editor dan penulis laporan.Berdasarkanlatarbelakangtersebut penelitianberjudulTeksBeritaSiswaKelas XI SMAinidilaksanakan. Penelitian tentang teks berita dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian tentang teks berita ini dirancang menggunakan studi kasus multisitus atas dasar perbedaan karakteristik data yang diteliti. Data penelitian ini adalah teks berita siswa kelas XI SMA. Data yang menjadi fokus penelitian adalah tema isi dan penggunaan bahasa teks berita karangan siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lumajang dan siswa kelas XI SMA 1 Pasirian. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lumajang dan siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pasirian. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tugas menulis teks berita yang dilakukan guru kelas jurnalistik pada masing-masing situs. Peneliti tidak melakukan observasi selama pembelajaran menulis teks berita kemudian meminta hasil menulis teks berita dari guru. Analisis data penelitian ini dilakukan dengan teknik analisis komparasi menggunakan deskriptif situs. Hasil penelitian ini adalah deskripsi tema isi dan penggunaan bahasa teks berita siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lumajang dan siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pasirian. Pertama tema yang ditemukan dalam teks berita siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lumajang meliputi biografi tokoh filosofi ikon dan logo IPTEK olahraga seni dan budaya ekstrakurikuler dan kelulusan. Berdasarkan temuan tersebut diketahui bahwa temuantemasiswakelas XI SMA Negeri 1 Lumajangbervariasidan beragam. Tema yang beragamdiperoleh dari beberapa sumberberita di SMA Negeri 1 Lumajang. Hal ini menunjukkan bahwa siswa cenderung memilih tema berdasarkan peristiwa-peristiwa penting yang ada di sekitar sekolah. Kecenderungan ini muncul karena siswa kelas XI SMA dengan retang usia 16-18 tahun peka terhadap informasi dan fenomena di sekitar lingkungan mereka. Informasi dan fenomena di lingkungan tersebut menambah pengalaman belajar mereka secara kontekstual sehingga siswa dapat berpikir luas dalam menangkap setiap fenomena keseharian yang mereka lihat. Berbeda dengan tema berita yang digunakan siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lumajang pada berita siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pasirian hanya menggunakan empat tema. Keempat tema tersebut meliputi religi biografi tokoh ekstrakurikuler dan seni budaya. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa temuan empat tema siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pasirian kurang beragam dibandingkan dengan temuan tema siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lumajang. Hal ini disebabkan letak lokasi dari kedua sekolah tersebut berbeda yakni SMA Negeri 1 Lumajang terletak diperkotaan dan SMA Negeri 1 Pasirian terletak di pedesaan. Letak sekolah yang berbeda berpengaruh pada gaya penulisan personal budaya intensitas menulis dan membaca serta bahan bacaan yang sering dibaca. Kedua judul berita yang ditulis siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lumajang sesuai dengan isi berita namun terdapat beberapa judul yang tidak sesuai dengan isi berita. Beberapa judul yang tidak sesuai dengan isi berita dikarenakan rentang usia siswa 16-18 tahun cenderung menulis judul berita berdasarkan kesimpulan dari narasumber tanpa memperhatikan keseluruhan informasi yang diberitakan. Dengan demikian siswa sering terkecoh menulis judul berita yang sesuai dengan informasi yang diberitakan. Berbeda halnya dengan judul berita siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lumajang judul berita siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pasirian secara keseluruhan sesuai dengan isi. Hal ini dikarenakan siswa kelas XI SMA Negeri Pasirian dalam menulis judul berita berdasarkan keseluruhan informasi yang diperoleh. Temuan gaya penyajian teras berita siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lumajang sesuai dengan penekanan unsur 5W 1H. Unsur-unsur yang ditemukan pada teras berita yang ditulis siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lumajang yakni (1) Who (2) What (3) Why (4) When dan (5) How. Unsur-unsur tersebut merupakan unsur yang paling banyak diminati siswa. Hal ini disebabkan unsur-unsur tersebut mudah digunakan siswa dalam menulis teras berita untuk menjawab pertanyaan pembaca tentang informasi yang paling dominan dalam berita. Sama halnya dengan teras berita siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lumajang teras berita siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pasirian juga menggunakan gaya penyajian teras sesuai dengan penekanan unsur 5W 1H. Gaya penyajian yang sama dan sesuai dengan penekanan unsur 5W 1H disebabkan pengetahuan jurnalistik siswa dari kedua sekolah tersebut cukup memadai tentang teras berita. Temuan tubuh berita diketahui bahwa terdapat beberapa persamaan dalam penyajian tubuh berita siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lumajang dan siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pasirian. Persamaan tubuh berita yang disajikan oleh siswa dari kedua sekolah tersebut adalah (1) block paragraph (2) piramid terbalik (inverted pyramide) (3) piramid dan (4) kronologis. Keempat penyajian tubuh berita tersebut didominasi bentuk penyajian piramid terbalik (inverted pyramide). Tubuh berita piramid terbalik (inverted pyramide) disusun dalam bentuk untaian cerita yang dimulai dengan hal-hal yang kurang penting kemudian meningkat pada hal-hal yang penting dan diakhiri dengan hal terpenting atau klimaks dari peristiwa yang diberitakan. Tubuh berita dalam bentuk untaian cerita paling mudah digunakan siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lumajang dan siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pasirian. Hal ini menunjukkan bahwa usia remaja 16-18 tahun cenderung menulis tubuh berita dengan bentuk untaian cerita. Ketiga temuan penggunaan bahasa siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lumajang dan siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pasirian sama-sama menggunakan kalimat efektif dan ejaan. Kalimat efektif yang muncul paling dominan dalam teks berita siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lumajang dan siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pasirian didominasi oleh kalimat yang logis. Hal tersebut disebabkan karena siswa dari kedua sekolah sama-sama cermat dalam merangkai kata frasa dan klausa sesuai dengan bentuk dan fungsinya. Berdasarkan temuan penelitian diketahui bahwa ejaan dalam teks berita siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lumajang dan siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pasirian sama-sama didominasi penulisan huruf kapital yang salah. Dalam penulisan huruf kapital sebagian siswa sering terkecoh dengan beberapa ketentuan yang diatur dalam Pedoman EYD. Kata yang seharusnya tidak ditulis dengan huruf kapital pada huruf pertama justru ditulis dengan huruf kapital. Selain itu berdasarkan temuan juga terdapat perbedaan pada aspek singkatan yang digunakan siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lumajang dan siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pasirian.Siswa SMA Negeri 1 Lumajang cenderung tidak menggunakan singkatan. Hal ini disebabkan siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lumajang menghindari bentuk yang dipendekkan baik singkatan umum tiga huruf maupun singkatan nama uang. Berdasarkan hasil penelitian diajukan beberapa saran yang ditujukan kepada pihak-pihak yang terkait dengan penelitian ini. Bagi guru disarankan untuk memahami bahwa tema isi dan penggunaan bahasa dapat digunakan sebagai dasar rujukan konseptual mengenai kecenderungan (tema isi penggunaan bahasa) penulisan berita oleh siswa SMA kelas XI. Tema isi dan penggunaan bahasa yang digunakan siswa dalam mengarang merupakan gambaran pengetahuan dan kreativitas siswa dalam menulis berita.Oleh karena itu gambaran hasil menulis teks berita tersebut merupakan informasi untuk mengetahui pemahaman dan pengetahuan siswa tentang teks berita. Guru dapat mengetahui tingkat pencapaian belajar siswa kelas XI SMA tidak hanya melalui pendidikan akademik saja tetapi juga dapat memanfaatkan majalah sekolah (non-akademik) sebagai media untuk menulis berita. Dengan memahami kecenderungan tema yang muncul guru dapat memperkaya proses belajar menulis berita dengan memberikan tema-tema baru yang ada di sekitar sekolah. Hal ini membuat siswa untuk berpikir lebih luas. Selain itu guru juga harus memperhatikan penggunaan bahasa siswa khususnya penggunaan huruf kapital dan singkatan.BagiSiswa penerapan tema isi dan penggunaan bahasa yang digunakan oleh siswa pada karangan mereka menjadi pelajaran untuk mengetahui pemahaman dan pengetahuan mereka tentang teks berita sehingga mereka dapat melakukan perbaikan keterampilan menulis teks berita berdasarkan pengalaman. Selain itu siswa mengetahui penyebab kesalahan-kesalahan yang sering muncul baik dari penggunaan tema yang kurang beragam pengetahuan jurnalistik siswa tentang isi berita yang kurang memadai dan penggunaan bahasa teks berita yang salah (huruf kapital dan singkatan). Dengan demikian siswa dapat menghindari kesalahan tersebut. Bagipenelitilain hasil penelitian ini dapat menjadi fakta empiris mengenai kecenderungan tema isi dan penggunaan bahasa dalam penulisan berita oleh siswa kelas XI SMA. Hal ini dapat dimanfaatkan sebagai hasil studi pendahuluan untuk melakukan penelitian pengembangan (metode media materi bahan ajar) yang berkaitan dengan penulisan berita.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58037

Actions (login required)

View Item View Item