Pengembangan perangkat asesmen autentik untuk pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi siswa SMA/MA / Puspita Dian Agustin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat asesmen autentik untuk pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi siswa SMA/MA / Puspita Dian Agustin

Agustin, Puspita Dian (2015) Pengembangan perangkat asesmen autentik untuk pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi siswa SMA/MA / Puspita Dian Agustin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Asesmen autentik adalah proses memonitor dan mengukur kemampuan belajar siswa menggunakan berbagai macam kemungkinan pemecahan masalah yang dihadapi dalam situasi atau tugas nyata. Dari hasil analisis angket awal kepada 36 siswa kelas X-C di MAN 2 Jember pada tanggal 30 Oktober 2013 ditemukan bahwa 72 9% siswa sangat setuju jika pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi menggunakan berbagai macam media atau tidak hanya membaca teks saja untuk K13. Siswa juga sangat senang jika guru dan siswa menentukan kriteria batasan penilaian secara bersama-sama hal tersebut diperoleh dari hasil persentase angket siswa sebesar 83 3%. Selain itu hasil angket wawancara awal dengan 5 guru SMA/ MA di Kabupaten Jember menunjukkan bahwa guru juga kesulitan dalam melakukan penilaian karena perangkat asesmen autentik K13 belum dikembangkan. Tujuan penelitian ini adalah (1) menghasilkan perangkat asesmen autentik untuk pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi (2) memaparkan validitas keefektifan reliabilitas dan keterbacaan perangkat asesmen autentik yang dihasilkan. Spesifikasi produk yang dihasilkan adalah perangkat asesmen autentik untuk panduan guru yang dikemas dalam bentuk buku yang memaparkan enam bagian yaitu petunjuk penggunaan perangkat kisi-kisi penilaian sikap kisi-kisi penilaian pengetahuan dan keterampilan RPP penjelasan kegiatan siswa dan instrumen asesmen autentik. Teknik penelitian pengembangan ini dimodifikasi dari model pengembangan pendidikan Borg Gall model pengembangan asesmen autentik bahasa Inggris O Malley Pierce dan model pengembangan isntrumen baku Harsiati. Teknik analisis data penelitian ini ada dua yaitu analisis deskriptif kualitatif dan analisis statistik deskriptif. Data analisis deskriptif kualitatif berupa hasil wawancara dokumentasi lembar validasi lembar observasi dan angket respon siswa. Sedangkan statistik deskriptif menganalisis data berupa skor uji validasi ahli angket guru dan angket siswa. Hasil uji coba didapat dari para ahli praktisi dan siswa. Untuk uji coba yang pertama adalah uji validitas isi diperoleh persentase sebesar 71% dengan kualifikasi cukup layak dan dapat diimplementasikan dengan catatan harus merevisi ulang beberapa bagian yang kurang sesuai. Uji kedua adalah validitas konstruk yang memperoleh persentase rata-rata 85% dengan kualifikasi sangat layak dan dapat diimplementasikan. Uji ketiga adalah uji kebahasaan oleh ahli 2 (ahli bahasa) di mana ahli 2 tidak memberikan skor yang tinggi karena produk yang dihasilkan memang masih lemah dari segi kebahasaannya sehingga rata-rata persentase yang didapat hanya 72 5% dengan kualifikasi cukup layak dan masih memerlukan revisi. Hasil keefektifan produk mencapai 81 82% untuk penilaian proses belajar siswa dengan kategori baik dan 63 85% untuk hasil belajar siswa dengan kategori cukup baik. Sedangkan untuk mengukur reliabilitas instrumen asesmen yang digunakan pada hasil penilaian portofolio dan penilaian proyek adalah bivariate correlation yang diolah dengan SPSS versi 17. Sesuai dengan r-table jumlah siswa kelas X-C sebanyak 36 orang dikatakan valid jika modus minimal antar korektor mencapai 0 329 dan hasil yang diperoleh pada asesmen portofolio1 sebanyak 0 775 asesmen portofolio2 sebanyak 0 883 asesmen proyek 1 sebanyak 0 824 dan asesmen proyek 2 sebanyak 0 685. Keterbacaan produk diperoleh dari angket siswa yang diberikan setelah semua pembelajaran selesai dilaksanakan dan menunjukkan hasil persentase rata-rata 63 58% yang berarti perangkat asesmen autentik ini memenuhi keterbacaan yang cukup. Kesimpulan penelitian pengembangan perangkat asesmen autentik untuk pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi ini adalah guru dapat menggunakan perangkat asesmen autentik ini dengan memvariasi teks bahan uji. Adanya jurnal penilaian sikap dapat membantu guru memantau perkembangan sikap siswa ketika proses pembelajaran berlangsung. Selain itu saran sebelum menggunakan perangkat asesmen autentik ini adalah pengaturan kembali pengalokasian waktu pembelajaran secara sistematis dan guru perlu mempersiapkan waktu lebih lama untuk memberikan skor pada asesmen proyek karena fokus perhatian guru harus kepada setiap individu menggunakan instrumen asesmen yang sudah disiapkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Feb 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58029

Actions (login required)

View Item View Item