Saadi, Mujiati La (2015) Kongjungsi dalam karangan siswa kelas IX SMP Negeri Banda Maluku Tengah / Mujiati La Saadi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
La Saadi Mujiati. 2015. Konjungsi dalam Karangan Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Banda Maluku Tengah. Tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sumadi M.Pd. (II) Dr. Sunaryo H.S. M.Hum. Kata Kunci Konjungsi Wujud Fungsi Makna Karangan Konjungsi merupakan kata penghubung yang berfungsi memperluas satuan gramatikal dan menekankan bagian mana yang menjadi fokus informasi dalam suatu gramatikal tersebut. Penggunaan konjungsi yang tepat akan menciptakan kepaduan dan keapikan. Penelitian ini dilaksanakan untuk mendeskripsikan konjungsi dalam karangan siswa kelas IX SMP Negeri 1 Banda Maluku Tengah. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) wujud konjungsi (2) fungsi konjungsi dan (3) makna konjungsi dalam karangan siswa kelas IX SMP Negeri 1 Banda Maluku Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data penelitian berupa wujud fungsi dan makna konjungsi yang terdapat dalam karangan. Sumber data penelitian adalah karangan siswa kelas IX SMP Negeri 1 Banda Maluku Tengah. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode pemberian tugas mengarang kepada subjek penelitian. Data dianalisis dengan menggunakan instrumen panduan analisis data. Analisis data dilakukan dengan model alir yang diadaptasi dari Milles dan Huberman dengan langkah-langkah reduksi data penyajian data dan penarikan simpulan dan verifikasi sampai diperoleh simpulan akhir. Hasil penelitian ini adalah deskripsi wujud fungsi dan makna konjungsi dalam karangan siswa kelas IX SMP Negeri 1 Banda Maluku Tengah. Berdasarkan hasil penelitian wujud konjungsi dalam karangan berupa konjungsi tunggal dan konjungsi kompleks. Wujud konjungsi baik tunggal maupun kompleks bervariasi. Hasil penelitian wujud konjungsi baik tunggal maupun kompleks menunjukkan bahwa wujud konjungsi yang digunakan didasarkan pada (1) pengalaman dan kebiasaan siswa dan (2) perkembangan kognitif siswa. Fungsi konjungsi yang ditemukan yaitu penghubung antarkata penghubung antarklausa penghubung antarkalimat dan penghubung antarparagraf. Hasil penelitian fungsi konjungsi menunjukkan bahwa konjungsi baik antarkata antarklausa antarkalimat maupun antarparagraf yang digunakan dalam karangan berangkat dari kebiasaan siswa dan perkembangan kognitif siswa. Makna konjungsi yang ditemukan sesuai dengan wujud konjungsi yang digunakan dalam karangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa makna konjungsi yang digunakan dalam karangan berangkat dari kebiasaan siswa menggunakan makna tersebut. Sehubungan dengan penggunaannya makna konjungsi yang digunakan dalam karangan yaitu makna konjungsi yang digunakan mandiri dan berdampingan. Variasi ini mengikuti wujud dan kehadiran konjungsi dalam satuan-satuan gramatikal. Berdasarkan dengan hasil penelitian diajukan beberapa saran yang ditujukan kepada pihak-pihak yang terkait dengan penelitian ini. Bagi guru Bagi guru disarankan untuk memahami bahwa wujud konjungsi fungsi konjungsi dan makna konjungsi yang digunakan siswa dalam karangannya merupakan fakta penggunaan konjungsi dalam karangan. Fakta penggunaan konjungsi dalam karangan tersebut merupakan informasi bagi guru tentang hubungan konjungsi yang digunakan dengan pemikiran siswa dan dapat mengetahui bagaimana menggunakan konjungsi secara tepat. Dengan demikian perlu adanya (1) pelatihan terkait dengan konjungsi dan (2) latihan menulis intensif. Guru dapat membelajarkan penggunaan konjungsi dengan cara (1) menggabungkan kalimat atau teks yang konjungsinya dihilangkan dan (1) dipaparkan sejumlah konjungsi lalu siswa menggunakan konjungsi tersebut dalam menyusun kalimat. Bagi siswa penerapan wujud fungsi dan makna konjungsi yang digunakan oleh siswa pada karangan mereka menjadi bahan evaluasi untuk mengetahui pemahaman dan pengetahuan mereka tentang penggunaan konjungsi yang benar. Siswa dapat memahami dan mengetahui tentang penggunaan konjungsi yang benar. Bagi peneliti lain hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangsih terhadap peneliti lain yang ingin meneliti tentang kemungkinan adanya hubungan penalaran dengan konjungsi yang digunakan. Hasil penelitian ini juga dapat dijadikan sebagai studi awal untuk melakukan penelitian konjungsi selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Feb 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58028 |
Actions (login required)
View Item |