Pengembangan bahan ajar perkuliahan sastra anak di Universitas Borneo Tarakan / Rita Kumala Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar perkuliahan sastra anak di Universitas Borneo Tarakan / Rita Kumala Sari

Sari, Rita Kumala (2015) Pengembangan bahan ajar perkuliahan sastra anak di Universitas Borneo Tarakan / Rita Kumala Sari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sari Rita Kumala. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Perkuliahan Sastra Anak di Universitas Borneo Tarakan. Tesis Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Dr. Roekhan M.Pd. dan (2) Dr. Martutik M.Pd. Kata Kunci bahan ajar perkuliahan sastra anak. Perkuliahan sastra anak merupakan salah satu pembelajaran sastra di perguruan tinggi. Matakuliah ini termasuk dalam mata kuliah keahlian sastra yang berbobot 2 sks dengan jumlah jam sebanyak 2 jam. Mata kuliah ini diajarkan dalam 1 kali pertemuan tatap muka setiap minggunya. Pada perkuliahan sastra anak bahan ajar yang digunakan belum memadai sehingga mahasiswa sangat sulit mencari literatur sastra anak. Berdasarkan permasalahan yang dihadapi dapat diatasi dengan melakukan pengembangan bahan ajar perkuliahan sastra anak di Universitas Borneo Tarakan. Dengan dilakukannya pengembangan bahan ajar diharapkan dapat menjadi acuan bagi dosen dan mempermudah mahasiswa dalam perkuliahan sastra anak. Tujuan dalam penelitian ini dibagi menjadi dua yaitu tujuan umum dan tujuan khusus. Tujuan umum dalam penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar perkuliahan sastra anak. Adapun tujuan khusus dalam penelitian ini yaitu (1) menghasilkan produk berupa bahan ajar perkuliahan sastra anak yang dapat mempermudah dosen dalam melaksanakan proses belajar dan pembelajaran di dalam kelas (2) mendeskripsikan keefektifan bahan ajar perkuliahan sastra anak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan Borg dan Gall (1989 783-795). Berdasarkan metode tersebut dalam penelitian ini terdapat tujuh tahapan prosedur pengembangan yang telah dimodifikasi yaitu (1) studi pendahuluan (2) perencanaan penelitian (3) pengembangan produk awal (4) uji coba tahap awal (5) revisi produk awal (6) uji lapangan dan (7) revisi produk akhir. Uji produk dilakukan dengan melibatkan (1) ahli pembelajaran sastra anak (2) ahli pengembangan bahan ajar (3) uji praktisi melibatkan dosen perkuliahan sastra anak dan (4) uji lapangan melibatkan mahasiswa semester 3 Jurusan Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah Universitas Borneo Tarakan. Jenis data penelitian ini adalah data numerik dan data verbal. Data numerik yakni berupa data skor yang diperoleh dari hasil angket penilaian ahli praktisi dan mahasiswa terhadap produk bahan ajar. Data verbal tertulis berupa catatan komentar kritik maupun saran-saran yang telah dituliskan oleh subjek uji pada angket penilaian sedangkan data verbal lisan berupa informasi yang disampaikan secara lisan ketika wawancara dengan ketiga kelompok uji ahli praktisi lapangan. Angket penilaian dan pedoman wawancara bebas digunakan sebagai instrumen pengumpul data. Hasil uji pengembangan bahan ajar sebagai berikut. Pertama hasil validasi ahli pembelajaran sastra anak berdasarkan komponen keakuratan materi tergolong dalam katagori layak (75%) kedalaman materi tergolong dalam katagori sangat layak (91 67%) kelengkapan materi tergolong dalam katagori layak (81 25%) tampilan dan tata letak menunjukkan produk tergolong sangat layak (87 5%). Kedua hasil validasi ahli pengembangan bahan ajar berdasarkan komponen deskripsi isi bahan ajar tergolong dalam katagori layak (75%) sistematika penyajian bahan ajar tergolong dalam katagori layak (80%) penggunaan bahasa tergolong dalam katagori sangat layak (91 67%) tampilan dan tata letak bahan ajar tergolong dalam katagori layak (8 33%). Ketiga hasil validasi ahli praktisi berdasarkan komponen deskripsi isi bahan ajar tergolong dalam katagori layak (75%) sistematika bahan ajar tergolong dalam katagori sangat layak (90 91%) penggunaan bahasa tergolong dalam katagori layak (75%) tampilan dan tata letak tergolong dalam katagori layak (79 17%) kedalaman materi tergolong dalam katagori layak (75%). Keempat hasil uji lapangan bahan ajar perkuliahan sastra anak berdasarkan komponen isi tergolong layak penyajian tergolong layak bahasa tergolong layak kegrafikan tergolong layak. Berdasarkan komentar dan saran perbaikan dari ahli dan praktisi ada beberapa aspek yang perlu diperbaiki yakni (1) pada Bab 1 materi perbedaan sastra anak dan sastra dewasa lebih difokuskan lagi (2) pada Bab 2 materi genre sastra anak dengan menambahkan komik dan kartun anak (3) pada Bab 4 sajian biografi pengarang hendaknya menampilkan biografi tokoh terkenal (4) pada Bab 5 materi karakteristik puisi anak lebih difokuskan lagi (5) penggunaan bahasa dalam rangkuman (6) perlu menambahan pewarnaan pada tampilan peta konsep bahan ajar (7) contoh-contoh yang disajikan hendaknya lebih mengutamakan contoh sastra anak yang berasal dari Borneo (Kalimantan). Simpulan penelitian pengembangan ini adalah bahan ajar perkuliahan sastra anak yang dikembangkan menunjukkan bahwa produk tergolong layak dan siap diimplementasikan dalam perkuliahan sastra anak di Universitas Borneo Tarakan. Langkah pemanfaatan produk hasil pengembanga bahan ajar dapat dijadikan salah satu alternatif bagi pengajar untuk mengajarkan perkuliahan sastra anak kepada peserta didik sehingga perkuliahan sastra anak tidak hanya penugasan dan ceramah saja. Penggunaan bahan ajar dalam perkuliahan sastra anak akan memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik menginggat hal ini belum pernah dilakukan sehingga membuat mahasiswa lebih bersemangat dalam proses belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58027

Actions (login required)

View Item View Item