Lutfiyah, Luly Zahrotul (2015) Penggunaan kalimat bahasa Indonesia dalam karangan anak usia 9-11 tahun (kelas tinggi di SD) / Luly Zahrotul Lutfiyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Zahrotul Lutfiyah Luly. 2014. Penggunaan Kalimat Bahasa Indonesia DalamKaranganAnakUsia 9-11 Tahun (KelasTinggi di SD). Tesis Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Imam Suyitno M.Pd. (II) Dr.Sunaryo H.S S.H M.Hum. Kata Kunci penggunaan kalimatbahasa Indonesia karangan anakusia 9-11 tahun Karangandeskripsidannarasimerupakanjeniskarangan yang telahdiajarkan di jenjang SD. Melaluikompetensidasartersebut guru dapatmemperkenalkanpenggunaankalimatsecaratidaklangsungsebagaisalahsatupirantiuntukmengetahuipenggunaankalimatbahasa Indonesia di kelas IV-VI SD. Berdasarkanpernyataantersebut penelitianinidilakukandengantujuanmendeskripsikanpenggunaankalimatbahasa Indonesia dalamkarangananakusia 9-11 tahun. PenggunaankalimatbahasaIndonesia meliputipola struktur dankelengkapankalimat. Penelitianinimenggunakanpendekatanrancanganpenelitiankualitatif.datatulisberupakalimat-kalimatdalamkarangananakusia 9-11 tahun. Data yang terkumpuldianalisissecarainduktifpadasaatdansetelahpenelitianberlangsung. Hasilanalisisdinyatakandalambentuknaratif. Sumber data yang digunakanuntukmemperoleh data penelitianiniadalahkarangansiswa di SD kelastinggi. Sumber data yang terkumpuladalah 30 karangan. Pengecekankeabsahandilakukandengantriangulasitemansejawatdanahlibahasa. Hasil penelitian ini adalah deskripsi penggunaan kalimat bahasa Indonesia dalam karangan anak usia 9-11 tahun.Berdasarkan hasil penelitian karangan anak usia 9 tahun telah mampu menulis karangan dalam beberapa pola yaitu S-P P-S S-P-O S-P-Pel S-P-Ket Ket-S-P S-P-O-Ket Ket-S-P-O S-P-Pel-Ket Ket-S-P-O-Ket Ket-S-Pel Ket-S-P-Ket Ket-S-P-Ket-S-P Ket-S-P-O-Konj-P-Ket Ket-S-P-Konj-P S-P-Pel-Konj-P-O dan Ket-S-P-Ket-Konj-P-Konj-Ket-P-O. Tidak jauh berbeda dengan penggunaan pola kalimat oleh anak usia 9 tahun pola kalimat dalam karangan anak usia 10 tahun antara lain S-P S-P-O S-P-Ket Ket-S-P Ket-S-P-O Ket-S-P-Ket S-P-Ket Ket-S-P-O-Ket Ket-S-P-Konj-Ket-S-P S-P-O-Konj-P-Ket S-P-Pel. Pola kalimat dalam karangan anak usia 11 tahun memiliki variasi lebih banyak dibandingkan dengan pola yang ditemukan pada anak usia 9 dan 10 tahun. Dalam data penelitian ini anak usia 11 tahun yang diambil data sampel kelas 6 SD menggunakan pola S-P S-P-Ket Ket-S-P S-P-Pel Ket-S-P-Pel Ket-S-P-O Ket-S-P-Ket Ket-S-P-O-Konj-P S-P-Pel-Konj-P-O S-P-Ket-Konj-P-O Ket-S-P-Ket-Konj-S-P dan Ket-S-P-Konj-P-Ket-Konj-Ket-S-P-Pel. Struktur kalimat pada anak usia 9 tahun adalah kalimat sederhana dan kalimat luas setara. Anak-anak pada usia 9 tahun pada penelitian ini tidak ditemukan adanya kalimat luas bertingkat atau kalimat luas campuran. Anak-anak lebih banyak memproduksi kalimat sederhana sedangkan kalimat luas yang dapat digunakan adalah kalimat luas setara. Sedikit berbeda dengan anak-anak usia 9 tahun pada anak usia 10 tahun telah mampu memproduksi struktur kalimat dengan kalimat luas setara dan kalimat luas bertingkat. Meskipun terdapat penggunaan konjungsi yang kurang tepat. Anak-anak usia 11 tahun memiliki kemampuan yang lebih tinggi yaitu mampu menuliskan kalimat luas campuran dengan jumlah klausa yang lebih banyak dibandingkan klausa-klausa pada anak-anak usia 9 dan 10 tahun. Kelengkapan kalimat dalam karangan anak usia 9-11 tahun dapat dikategorikan menjadi tiga kelompok yaitu (1) kelengkapan kalimat dalam karangan anak usia 9 tahun adalah kalimat lengkap dan kalimat tidak lengkap (2) kelengkapan kalimat dalam karangan anak usia 10 tahun adalah kalimat lengkap dan kalimat tidak lengkap dan (3) kelengkapan kalimat dalam karangan anak usia 11 tahun adalah kalimat lengkap dan kalimat tidak lengkap. Berdasarkan hasil dari penelitian tersebut dapat disampaikan beberapa saran sebagai berikut.Bagi peneliti selanjutnya dapat meneruskan penelitian sejenis yaitu dengan meneliti tentang kesalahan berbahasa khususnya tentang penggunaan kalimat dalam karangan anak karena masih seringnya anak-anak melakukan kesalahan sehingga dapat memberikan masukan kepada pengajar berkaitan dengan pembelajaran menulis kalimat.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Jan 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58026 |
Actions (login required)
View Item |