Kesalahan berbahasa Indonesia tulis dalam karangan siswa kelas X SMA Swasta Islam Muthmainnah Ende / Zaenab Jamaludin - Repositori Universitas Negeri Malang

Kesalahan berbahasa Indonesia tulis dalam karangan siswa kelas X SMA Swasta Islam Muthmainnah Ende / Zaenab Jamaludin

Jamaludin, Zaenab (2015) Kesalahan berbahasa Indonesia tulis dalam karangan siswa kelas X SMA Swasta Islam Muthmainnah Ende / Zaenab Jamaludin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Jamaludin Zaenap. 2014. Kesalahan Berbahasa Indonesia Tulis pada Karangan Eksposisi Siswa Kelas X SMU Islam Muthmainnah Ende. Program studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Widodo Hs. M.Pd (2) Dr. Imam Agus Basuki. Kata Kunci Analisis Kesalahan berbahasa Indonesia karangan eksposisi siswa. Kesalahan berbahasa adalah pelanggaran terhadap kode berbahasa. Kesalahan itu ada yang sifatnya sementara ada juga yang sifatnya permanen. Menurut Pit Corder (1981) kesalahan berbahasa diklasifikasi menjadi tiga bagian yakni error lapses dan mistakes (keliru ). Kesalahan yang diuraikan oleh Corder banyak terjadi pada anak-anak dwibahasawan. Hampir semua anak dwibahasawan tanpa kecuali pasti melakukan kesalahan. Kesalahan tersebut lebih tampak pada bahasa tulis siswa jika dibandingkan dengan bahasa lisan sebab bahasa lisan jauh lebih mudah dikuasai jika dibandingkan dengan bahasa tulis. Siswa tidak bisa menata pikiranya secara tepat dan menguraikannya dalam bahasa tulis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesalahan-kesalahan siswa dalam (1) tata bentukan kata (2) pembentukan kalimat (3) ejaan dalam karangan eksposisi siswa kelas X SMU Islam Muthmainnah Ende dan (4) faktor penyebab terjadinya kesalahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian adalah deskripsi. Data dalam penelitian ini adalah kesalahan tata bentukan kata kesalahan pembentukan kalimat serta kesalahan ejaan sedangkan data untuk faktor penyebab terjadinya kesalahan adalah dari teks kuisioner yang tersebar kepada guru dan siswa serta catatan lapangan ketika observasi awal. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan meyusun instrumen berupa tes yakni instruksi untuk siswa mengarang karangan eksposisi sebanyak tiga paragraf dan temanya bebas ditentukan oleh siswa sendiri. Prosedur untuk menganlisis fenomena kesalahan dalam karangan eksposisi siswa digunakan analisis kesalahan. Penelitian ini difokuskan pada ketekunan pengamatan dan editing. Prosedur pengumpulan data untuk menjawab rumusan masalah faktor penyebab terjadinya kesalahan dilakukan dengan mengumpulkan angket berupa kuisioner yang diisi oleh siswa dan guru serta catatan lapangan waktu observasi awal. Hasil penelitian menunjukan adanya kesalahan dalam tata bentukan kata yang meliputi kesalahan dalam afiksasi dan reduplikasi. Kesalahan dalam afiksasi meliputi. (1) prefiks yang terdiri atas kesalahan pada prefiks ter- dan kesalahan pada prefiks me- (2) konfiks yang meliputi kesalahan pada konfiks me-i dan kesalahan pada konfiks me-kan (3) sufiks yang meliputi kesalahan pada sufiks an- dan (4) kesalahan morfologi pada peluluhan bunyi. Kesalahan pembentukan kalimat meliputi (1) kalimat tidak logis (2) kalimat ambigu (3) kalimat yang membingungkan (4) kalimat rancu (5) susunan kata yang tidak tepat (6) penjamakan ganda (7) kalimat mubazir dan (8) penghilangan konjugasi. Kesalahan ejaan meliputi (1) kesalahan penulisan tanda titik (2) kesalahan tidak menuliskan tanda baca pada tiap akhir kalimat (3) penghilangan konjugasi (4) kesalahan penulisan huruf kapital (5) kesalahan penulisan bentuk ulang dan (6) kesalahan penulisan diftong. Faktor penyebab terjadinya kesalahan diperoleh dari jawaban siswa dan guru antara lain (1) kompetensi guru yang terbatas serta kompetensi siswa juga rendah (2) metode yang dipilih guru dalam pengajaran keterampilan menulis tidak tepat (3) jam pembelajaran yang disediakan diseekolah tidak cukup (4) pengaruh bahasa pertama yang diperoleh siswa (5) kurangnya kemauan siswa untuk mencari tahu dan bertanya serta lain sebagainya. Dari hasil analisis yang dilakukan terdapat kesalahan-kesalahan yang meliputi kesalahan pembentukan kata kesalahan pembentukan kalimat kesalahan ejaan serta faktor penyebab terjadinya kesalahan. Oleh karena itu peneliti berharap kepada guru untuk memberikan perhatian yang khusus kepada siswa serta meluangkan waktu sebanyak mungkin untuk mendampingi mereka dalam hal tulis menulis. Kesalahan-kesalahan itu bisa teratasi dengan baik apabila guru serius untuk menangani persoalan tersebut guru berperan aktif untuk mendampingi siswa agar kesalahan itu semakin kecil dan berkurang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58019

Actions (login required)

View Item View Item