Masalah sosial dalam cerpen Kompas tahun 2012: deskripsi masalah, bentuk pengungkapan, dan relevansinya untuk pendidikan karakter / Bonefasius Rampung - Repositori Universitas Negeri Malang

Masalah sosial dalam cerpen Kompas tahun 2012: deskripsi masalah, bentuk pengungkapan, dan relevansinya untuk pendidikan karakter / Bonefasius Rampung

Rampung, Bonefasius (2014) Masalah sosial dalam cerpen Kompas tahun 2012: deskripsi masalah, bentuk pengungkapan, dan relevansinya untuk pendidikan karakter / Bonefasius Rampung. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rampung Bonefasius. 2014. Masalah Sosial dalam Cerpen Kompas Tahun 2012 Deskripsi Masalah Bentuk Pengungkapan dan Relevansinya untuk Pendidikan Karakter. Tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Wahyudi Siswanto M.Pd. (II) Prof.Dr. Suyono M.Pd. Kata-kata Kunci masalah sosial cerpen semiotik hermeneutik stilistika karakter. Cerita pendek (cerpen) sebagai karya sastra merupakan dokumentasi sosial berisi rekamanan persoalan-persoalan masyarakat baik masyarakat sebagai pencipta karya (penulis) maupun masyarakat pembaca sebagai sasaran. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan berbagai masalah kehidupan dalam cerpen Kompas tahun 2012 menemukan bentuk-bentuk pengungkapnnya untuk menemukan relevansinya bagi pendidikan karakter. Jenis penelitian yang dipilih adalah kualitatif-deskriptif dengan teori sosiologi sastra dibantu semiotik hermeneutik stilistika dan karakater. Pemakaian lima kerangka teori bertujuan memastikan masalah-masalah dalam cerpen menempatkan cerpen sebagai sesuatu yang bermakna melalui interpretasi sambil mempertimbangan gaya bahasa sebagai media pengungkapnya. Selanjutnya dari kerangka teoretis ini pelagai masalah dikaitkan dengan masalah pendidikan karakter. Penelitian ini menemukan bahwa cerpen Kompas tahun 2012 menghadirkan sepuluh masalah pokok yaitu masalah religius etos kerja ekologi etika dan moral keluarga politik budaya gender pendidikan dan keamanan. Semua masalah ini diungkapkan secara tidak langsung melalui pemanfaatan gaya bahasa. Penelitian menemukan bahwa para penulis cerpen mengungkapkan masalah dalam beberapa gaya bahasa yaitu metofora alegori retoris klimaks repetisi paradoks personifikasi paralelisme simbolisme ironi sinisme tautologi dan perbandingan. Setiap masalah yang ditemukan dalam penelitian ini secara paralel menunjukkan adanya nilai-nilai religius kerja ekologi etika dan moral keluarga politik budaya gender pendidikan dan keamanan yang merupakan unsur penting dalam kehidupan. Nilai-nilai yang ditemukan dalam cerpen Kompas 2012 berkorelasi dengan nilai-nilai dalam kurikulum berbasis karakter. Kesejajaran antara nilai-nilai yang ditemukan dengan 18 butir nilai karakter dalam kurikulum 2013 secara meyakinkan temuan ini memiliki relevansi dengan konsep pendidikan karakter. Relevansi tersebut pada tingkatan yang paling intens dalam proses pembelajaran cerpen dapat dimanfaatkan sebagai materi sekaligus media pembelajaran dan penanaman nilai karakter. Kolaborasi antara nilai yang ditemukan di dalam cerpen Kompas 2012 dengan nilai-nilai karakter yang diamanatkan kurikulum 2013 dapat menjadi pilihan yang tepat untuk pendidikan karakter bangsa. Relevansi nilai cerpen untuk karakter dapat diwujudkan dalam pendidikan yang berorientasi pada pembentukan budaya religius budaya kerja budaya ekologis budaya multikultural dan budaya patriotisme sebagai budaya baru.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Oct 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58016

Actions (login required)

View Item View Item