Khasan, Moch. Imam (2014) Peningkatan kemampuan menulis naskah drama dengan strategi menulis terbimbing pada siswa kelas VIII SMP 2 Malang / Moch. Imam Khasan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Khasan Moch. Imam 2014. Peningkatan Kemampuan Menulis Naskah Drama dengan Strategi Menulis Terbimbing pada Siswa Kelas VIII SMPN 2 Malang. Tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Imam Agus Basuki M. Pd. (II) Dr. Kusubakti Andajani M.Pd. Kata kunci menulis naskah drama strategi menulis terbimbing 12288 12288 12288 12288 Menulis naskah drama merupakan salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai siswa kelas VIII SMP. Akan tetapi berdasarkan studi pendahuluan kemampuan siswa kelas VIII dalam menulis naskah drama masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (a) peningkatan proses menulis naskah drama siswa kelas 8i dengan Strategi Menulis Terbimbing pada keaktifan siswa dan (b) peningkatan kemampuan menulis naskah drama siswa kelas 8i dengan Strategi Menulis Terbimbing pada lima hal yaitu (1) kemampuan mengembangkan latar (2) kemampuan mengembangkan tokoh (3) kemampuan mengembangkan konflik (4) kemampuan memahami sistematika penulisan naskah drama dan (5) naskah drama secara utuh. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan PTK. Rancangan penelitian ini meliputi studi pendahuluan perencanaan tindakan dan observasi serta refleksi. Data penelitian ini berupa tindakan hasil tindakan dokumentasi yang diperoleh melalui kegiatan observasi wawancara catatan lapangan serta hasil pekerjaan siswa dalam setiap tindakan pembelajaran menulis naskah drama. Sumber data penelitian adalah hasil kerja siswa berupa lembar isian yang sudah dikerjakan dan naskah drama. Untuk menguji keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamatan dan pemeriksaan rekan sejawat. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I dan II dilakukan masing-masing dalam tiga tahap untuk tiga kali pertemuan. Ketiga tahapan tersebut yaitu (1) tahap pramenulis (2) tahap menulis dan (3) tahap pascamenulis. Pada tahap pramenulis kegiatan yang dilakukan meliputi (a) pemahaman sistematika naskah drama (b) penentuan latar/setting (c) penentuan tokoh dan karakter tokoh dan (d) pengembangan konflik dan alur. Tahap menulis meliputi kegiatan (a) penyusunan draft naskah drama dan (b) penyusunan naskah drama utuh. Tahap pascamenulis meliputi kegiatan (a) pembacaan naskah drama dan (b) lokakarya. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada proses dan peningkatan kemampuan siswa menulis naskah drama dengan strategi menulis terbimbing. Keaktifan siswa pada siklus I 85% termasuk kategori baik. Pencapaian tersebut meningkat pada siklus II yaitu sebesar 96% termasuk kategori sangat baik. Kemampuan siswa dalam mengembangkan latar tokoh konflik dan menulis naskah drama dengan teknik penulisan yang tepat juga meningkat. Secara umum hasil/produk naskah drama mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I penguasaan siswa dalam menulis naskah drama mencapai 81%. Pencapaian itu meningkat pada siklus II menjadi 92 7%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Jul 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58008 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |