Mulyaningtyas, Rahmawati (2014) Kepribadian tokoh utama dalam novel anak Menggapai Rembulan karya Ridwan abqary berdasarkan perspektif Adler / Rahmawati Mulyaningtyas. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Mulyaningtyas Rahmawati. 2014. Kepribadian Tokoh Utama dalam Novel Anak Menggapai Rembulan Karya Ridwan Abqary Berdasarkan Perspektif Adler. Tesis Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Roekhan M.Pd (II) Dr. Martutik M.Pd. Kata Kunci kepribadian tokoh utama novel anak perspektif Adler Kepribadian tokoh dalam karya sastra menjadi salah satu pembangun tokoh dalam suatu teks cerita. Keprbadian tokoh dalam karya sastra khususnya novel mendukung alur peristiwa yang dialami tokoh. Oleh karena itu kepribadian tokoh menarik untuk dikaji secara ilmiah. Kepribadian tokoh utama dalam novel anak yang berjudul Menggapai Rembulan karya Ridwan Abqary ini menarik untuk dikaji. Novel ini menggambarkan keadaan psikologi seorang anak yang memiliki keterbatasan ekonomi dan secara tiba-tiba diharuskan bekerja membantu orangtuanya sehingga membuatnya harus berhenti sekolah. Novel anak ini dikaji dengan konsep teori Psikologi Individual Adler untuk melihat kejiwaan atau kepribadian dari tokoh utama anak. Penggunaan teori ini didasarkan pada persamaan konsep teori Psikologi Individu yang dipelopori oleh Adler dengan kisah yang diceritakan dalam novel anak Menggapai Rembulan. Pengajian kepribadian tokoh utama dalam novel ini dilandasi asumsi bahwa tokoh utama dianggap mampu mendominasi alur peristiwa yang ada dalam cerita sehingga dapat diketahui hubungan yang jelas antara satu elemen kepribadian dengan elemen yang lain dalam membentuk kesatuan kepribadiannya. Fokus penelitian ini adalah dimensi kepribadian tokoh utama dalam novel anak Menggapai Rembulan karya Ridwan Abqary. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran perasaan inferior dan upaya dalam mengatasi perasaan inferior yang dialami tokoh utama dalam perjalanannya meraih tujuan ditinjau dari teori Psikologi Individu Alfred Adler. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan tekstual yang bersifat deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah novel anak Menggapai Rembulan karya Ridwan Abqary. Sumber data pada penelitian ini adalah novel anak Menggapai Rembulan karya Ridwan Abqary yang diterbitkan oleh Penerbit Andi cetakan pertama pada tahun 2013 dengan jumlah halaman 130. Untuk memperoleh data dalam penelitian digunakan teknik studi dokumentasi. Teknik ini digunakan karena sumber data penelitian ini berupa dokumen. Pengumpulan data dan analisis data dilakukan secara bersamaan. Setiap data yang terkumpul selanjutnya langsung dianalisis sesuai dengan konsep teori relevan. Hasil analisis menunjukkan bahwa tokoh utama dalam novel anak Menggapai Rembulan karya Ridwan Abqary memiliki dua hal utama terkait inferioritas yang dimilikinya. Pertama perasaan inferior tokoh utama tergambar dari dua aspek yaitu gambaran perasaan inferior dan gambaran penerimaan terhadap perasaan inferior. Gambaran perasaan inferior yang dimiliki berupa perasaan rendah diri lemah dan kekurangan. Gambaran penerimaan terhadap perasaan inferior meliputi kesadaran terhadap inferioritas yang dimiliki dan menanggapi inferioritas dengan berpikir positif. Kedua Upaya mengatasi perasaan inferior tokoh utama dalam novel anak Menggapai Rembulan karya Ridwan Abqary dipengaruhi oleh beberapa elemen yang meliputi prinsip perjuangan meraih keberhasilan prinsip gaya hidup prinsip minat sosial prinsip daya kreatif dan kecenderungan pengamanan. (1) Prinsip perjuangan meraih keberhasilan yang ditemukan meliputi dorongan terus-menerus untuk bergerak maju perjuangan demi kepentingan pribadi dan perjuangan demi kepentingan bersama yang dilandasi oleh rasa peduli terhadap orang lain. (2) Prinsip gaya hidup tokoh utama meliputi konsep diri (baik persepsi diri sendiri maupun orang lain) sikap pandangan terhadap dunia dan kebiasaan. Selanjutnya (3) prinsip minat sosial yang dimiliki tokoh utama meliputi minat sosial terhadap orangtua dan saudara minat sosial terhadap tetangga dan minat sosial terhadap orang lain. (4) Prinsip daya kreatif yang dimiliki oleh tokoh utama meliputi kreatif mengendalikan kehidupan diri bebas memilih tujuan hidup dan menentukan cara untuk mencapai tujuan. (5) Kecenderungan pengamanan yang dilakukan tokoh utama untuk mengompensasi inferioritasnya meliputi membuat alasan agresi dan menarik diri bergerak mundur berdiam diri keragu-raguan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Jul 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58004 |
Actions (login required)
View Item |