Fawzi, Ary (2014) Pengembangana alat penilaian pembelajaran menyimak eksposisi kelas X SMA / Ary Fawzi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Fawzi Ary. 2014. Pengembangan Alat Penilaian Pembelajaran Menyimak Eksposisi Kelas X SMA. Tesis. Pendidikan Bahasa Indonesia. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. Titik Harsiati M. Pd (II) Dr. H. Imam Agus Basuki M. Pd. Kata Kunci alat penialain menyimak eksposisi Alat penilaian adalah seperangkat alat yang digunakan untuk pengumpulan informasi tentang peserta didik berkenaan dengan apa yang mereka ketahui dan apa yang dapat mereka lakukan. Alat penilaian yang digunakan untuk melakukan penilaian pembelajaran menyimak eksposisi bisa berbagai macam alat antara lain tes objektif tes subjektif unjuk kerja produk laporan performansi dan sebagainya. Selanjutnya alat penilaian yang dikembangkan di dalam penelitian ini akan digunakan untuk menilai hasil dan proses pembelajaran menyimak eksposisi. Alat penilaian hasil pembelajaran menyimak berupa tes objektif dan subjektif sedangkan penilaian proses berupa angket penilaian sikap. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan yang diungkapkan oleh Djaali dan Mulyono (2004 81-85). Langkah-langkah pengembangan alat penilaian secara umum adalah (1) melakukan analisis kebutuhan (2) melakukan kajian terhadap teori dan kurikulum (3) membuat rancangan pengembangan berupa kisi-kisi (4) melakukan uji keterbacaan teks untuk tes (5) membuat draf awal alat penilaian (6) melakukan uji coba produk dan (7) revisi dan (8) menyusun draf akhir. Studi pendahuluan yang dilakukan adalah melakukan analisis terhadap alat penilaian yang digunakan oleh praktisi (guru bahasa Indonesia). Berdasarkan hasil studi pendahuluan dibuatlah rancangan pengembangan yang bisa menjadi solusi untuk penilaian pembelajaran menyimak eksposisi. Selanjutnya rancangan yang telah dibuat dikembangkan menjadi draf alat penilaian. Uji coba produk dilakukan kepada (1) ahli evaluasi (2) ahli pembelajaran menyimak (3) praktisi dan (4) kelompok uji siswa. Uji coba kepada para ahli dan praktisi berfungsi untuk mengetahui tingkat kelayakan produk dari aspek validitas konstruk validitas isi keterterapan keterbacaan dan kepraktisan sedangkan uji coba kepada kelompok kecil siswa bertujuan untuk mengetahui keterbacaan tes tingkat kesulitan daya beda dan reliabilitasnya. Berdasarkan hasil uji tersebut dilakukan beberapa revisi yakni (1) identitas soal (2) aspek kebahasaan (3) penyajian teks dan soal serta (4) aspek ujaran. Setelah dilakukan revisi alat penilaian telah seutuhnya layak untuk digunakan untuk menilai pembelajaran menyimak eksposisi. Produk akhir dari pengembangan ini adalah alat penilaian pembelajaran menyimak eksposisi kelas X SMA. Penelitian ini menghasilkan dua produk yakni penilaian hasil dan proses. Penilaian hasil terdiri atas dua versi yakni multimedia dan manual. Versi multimedia terdiri atas buku soal guru CD audio visual dan LKS. Versi manual terdiri atas buku soal guru dan LKS. Versi multimedia digunakan di sekolah-sekolah yang dilengkapi dengan media LCD dan pengeras suara (sound system) sedangkan versi manual bisa digunakan oleh sekolah-sekolah yang tidak memiliki fasilitas tersebut. Setiap versi produk penilaian hasil memiliki tiga paket yakni 1 2 dan 3. Setiap paket terdiri atas dua model yakni A dan B. Paket 1 terdiri atas KD memahami strktur dan kaidah menganalisis serta menginterpretasi teks eksposisi. Paket 2 terdiri atas KD membandingkan dan mengabstraksi teks eksposisi. Paket 3 terdiri atas KD mengevaluasi dan menyunting teks eksposisi. Setiap paket terdiri atas dua model yakni A dan B. Alat penilaian proses berupa angket penilaian sikap. Produk yang dihasilkan penelitian ini diharapkan bisa memberikan manfaat dan inspirasi bagi guru peneliti selanjutnya dan penulis. Bagi guru diharapkan produk ini bisa digunakan dengan baik di lapangan dan menjadi bahan diskusi untuk pengembangan alat penilaian lebih lanjut. Bagi peneliti selanjutnya produk ini belum melalui tahap uji kesetaraan baik tingkat kesulitan maupun daya bedanya maka dari itu peneliti selanjutnya bisa melakukan uji tersebut terhadap produk ini. Bagi penulis produk ini bisa memberikan tambahan wawasan keilmuan dan inspirasi untuk senantiasa belajar dan berinovasi dalam mengembangkan produk penilaian di lain kesempatan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Jul 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58003 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |