Peran pengajaran formal dalam memperbaiki kesalahan berbahasa tulis siswa kelas VIII SMP Ki Hajar Dewantoro Kupang tahun pelajaran 2013/2014 / Johanis Tlonaen - Repositori Universitas Negeri Malang

Peran pengajaran formal dalam memperbaiki kesalahan berbahasa tulis siswa kelas VIII SMP Ki Hajar Dewantoro Kupang tahun pelajaran 2013/2014 / Johanis Tlonaen

Tlonaen, Johanis (2014) Peran pengajaran formal dalam memperbaiki kesalahan berbahasa tulis siswa kelas VIII SMP Ki Hajar Dewantoro Kupang tahun pelajaran 2013/2014 / Johanis Tlonaen. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tlonaen Johanis. 2014. Peran Pengajaran Formal dalam Memperbaiki Kesalahan Bahasa Tulis Siswa Kelas VIII pada SMP Ki Hajar Dewantoro Kota Kupang Tahun Pelajaran 2013/2014. Tesis Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Nurhadi M.Pd. (II) Dr. Nurchasanah M.Pd. Kata Kunci pengajaran formal kesalahan berbahasa tulis. 12288 12288 12288 12288 Masyarakat Indonesia merupakan masyarakat bilingual atau masyarakat yang menggunakan lebih dari satu bahasa untuk berkomunikasi. Secara umum masyarakat Indonesia menggunakan bahasa daerah sebagai bahasa pertama dan bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua. 12288 12288 12288 12288 Pembelajaran bahasa Indonesia bertujuan agar siswa terampil menyimak berbicara membaca dan menulis. Dalam kenyataan hampir semua siswa belum menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar. Hal ini diduga disebabkan oleh beberapa faktor antara lain pengaruh bahasa daerah yang masih kuat perencanaan pembelajaran yang tidak optimal proses pembelajaran yang tidak optimal dan lingkungan belajar yang tidak menunjang. 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini untuk menemukan bentuk kesalahan dan peran pembelajaran formal dalam memperbaiki kesalahan-kesalahan berbahasa Indo-nesia siswa. Oleh karena itu jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini studi kasus dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yaitu peneliti sendiri atau dengan bantuan orang lain melakukan pengumpulan data. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Ki Hajar Dewantoro Kota Kupang Propinsi Nusa Tenggara Timur Tahun Pelajaran 2013/2014. Data penelitian berupa data hasil pekerjaan siswa yang dikumpulkan melalui penugasan. Analisis data dilakukan dengan model alir analisis data kualitatif Miles dan Huberman (1984). 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan ada tiga bentuk kesalahan yang dilakukan siswa yaitu kesalahan ejaan kesalahan bentuk morfem afiks dan kesalahan kalimat. Bentuk kesalahan ejaan meliputi kesalahan penulisan prefiks di- pada kata dasar dan kata gabung. Bentuk kesalahan morfem afiks yaitu penggunaan prefiks di- pada kata dasar kesalahan penanggalan afiks pada kata gabung dan kesalahan peluluhan fonem. Kesalahan kalimat meliputi ketidaksepadanan kalimat pemilihan dan penggunaan kata ketidakhematan ketidaksatuan dan ketidakpaduan ketidaklogisan dan ketidakparalelan atau ketidaksejajaran. 12288 12288 12288 12288 Model perbaikan kesalahan bahasa tulis siswa meliputi perbaikan kesalahan ejaan morfem dan kalimat. Kesalahan ejaan diperbaiki dengan cara menjelaskan kembali bentuk kesalahan membandingkan prefiks di- dengan di preposisi dan memberikan contoh. Model perbaikan kesalahan morfem dilakukan dengan menjelaskan kesalahan dan memberikan contoh. Model perbaikan kalimat dilakukan lewat penjelasan ciri-ciri kalimat dan kalimat efektif kemudian guru memperbaiki kesalahan kalimat bahasa Indonesia tulis siswa. Berdasarkan hasil analisis penelitian di atas disarankan pertama guru bahasa Indonesia perlu meningkatkan pemahaman siswa tentang ejaan bahasa Indonesia terutama penulisan prefiks di-pada kata dasar atau bentuk dasar penggunaan afiks pada kata turunan dan penggunaan kalimat efektif dalam berkomunikasi. Selanjutnya data kesalahan tersebut diperbaiki berdasarkan aturan tata bahasa Indonesia. Kedua penyusun materi pelajaran SMP perlu mengkaji secara detail kurikulum bahasa Indonesia untuk pendidikan dasar (SD dan SMP) terutama ejaan morfem dan kalimat. Tiga hal ini perlu dipertimbangkan porsinya dalam setiap materi pelajaran bahasa Indonesia. Ketiga peneliti bahasa Indonesia disarankan melakukan penelitian lanjutan tentang kesalahan ejaan morfem dan kalimat. Keempat bagi pemerhati bahasa Indonesia hendaknya hasil penelitian ini dapat diasimilasikan dengan berbagai prinsip dan konsep yang relevan misalnya pendekatan pembelajaran berbasis komunikatif analisis kalimat kajian pragmatik dan kajian sejenis. Secara praktis hasil penelitian ini dapat diman-faatkan untuk mengetahui aspek-aspek yang paling sering terjadi kesalahan ejaan morfem dan kalimat efektif bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58000

Actions (login required)

View Item View Item