Peningkatan kemampuan musikalisasi puisi siswa kelas IXD SMP Negeri 3 Labuapi Lombok Barat dengan teknik pemodelan / Mas,ad - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan musikalisasi puisi siswa kelas IXD SMP Negeri 3 Labuapi Lombok Barat dengan teknik pemodelan / Mas,ad

Mas, Ad (2014) Peningkatan kemampuan musikalisasi puisi siswa kelas IXD SMP Negeri 3 Labuapi Lombok Barat dengan teknik pemodelan / Mas,ad. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mas ad. 2014. Peningkatan Kemampuan Musikalisasi Puisi Siswa Kelas IXD SMP Negeri 3 Labuapi Lombok Barat dengan Teknik Pemodelan. Tesis Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Roekhan M.Pd. (II) Dr. Endah Tri Priyatni M.Pd. Kata Kunci kemampuan musikalisasi puisi pemodelan Hasil pengamatan pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IX.D SMP Negeri 3 Labuapi menunjukkan bahwa nilai kemampuan musikalisasi siswa tergolong masih di bawah nilai rata-rata KKM atau kurang dari 6 5. Secara klasikal juga menunjukkan bahwa angka ketuntasan siswa kelas IX D untuk materi musikalisasi puisi hanya 80% atau masih di bawah standar ketuntasan klasikal yang ditetapkan sebesar 85%. Pencapaian rata-rata KKM yang masih di bawah 6 5 dan angka ketuntasan klasikal yang masih di bawah standar salah satunya disebabkan oleh ketidaktepatan model pembelajaran yang digunakan guru. Pembelajaran musikalisasi puisi masih dilakukan secara konvensional di mana siswa hanya menjelaskan dan mencatat materi yang ada di buku. Akibatnya siswa menjadi kurang termotivasi dalam mengikuti proses pembelajaran yang kurang menarik dan monoton. Kurang menariknya pembelajaran memusikalisasi puisi ini membuat siswa menjadi pasif dan tidak bisa terlibat secara intens dalam proses pembelajaran di kelas. Perbaikan pembelajaran musikalisasi puisi perlu dilakukan agar kemampuan musikalisasi puisi siswa dapat berkembang secara optimal. Penggunaan model pembelajaran yang tepat adalah salah satu solusi agar pembelajaran musikalisasi puisi lebih menarik bagi siswa. Pembelajaran dengan teknik pemodelan dipandang tepat untuk mengajarkan musikalisasi puisi kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peningkatkan kemampuan musikalisasi puisi siswa dengan teknik pemodelan. 12288 12288 12288 12288 Pendekatan penelitian yang digunakan adalah gabungan antara penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan desain penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif yakni peneliti sebagai pembuat desain dan pengamat serta guru mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IX.D sebagai guru model. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Labuapi dengan subyek penelitian siswa kelas IX.D semester ganjil tahun 2013/2014 yang berjumlah 20 siswa terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Data dikumpulkan selama proses pembelajaran berupa data proses pembelajaran musikalisasi puisi dengan teknik pemodelan dan data setelah proses pembelajaran berupa kemampuan musikalisasi puisi sebagai bentuk hasil belajar siswa. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik observasi tes unjuk kerja dan rubrik penilaian puisi. 12288 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan teknik pemodelan pada pembelajaran musikalisasi puisi di kelas IX.D SMP Negeri 3 Labuapi baik oleh guru maupun siswa terlaksana dengan baik pada setiap tahapnya baik fase perhatian retensi reproduksi maupun fase motivasi di mana keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I mencapai 71 1% (cukup) meningkat menjadi 88% pada siklus II atau mengalami peningkatan sebesar 14%. Meskipun pada siklus I masih belum maksimal namun telah dilakukan perbaikan pada siklus II terutama dalam membimbing diskusi siswa. (2) penerapan teknik pemodelan pada pembelajaran musikalisasi puisi di kelas IX.D SMP Negeri 3 Labuapi dapat meningkatkan kemampuan memahami isi puisi siswa di mana pada siklus I nilai rata-rata skor kemampuan siswa memahami isi puisi adalah sebesar 87 (kategori baik) dan meningkat sebesar 6% menjadi 92 (kategori baik) pada siklus II. (3) penerapan teknik pemodelan pada pembelajaran musikalisasi puisi di kelas IX.D SMP Negeri 3 Labuapi dapat meningkatkan kemampuan menentukan suasana puisi oleh siswa di mana pada siklus I nilai rata-rata skor kemampuan siswa menentukan suasana puisi adalah sebesar 68 (kategori cukup baik) dan meningkat sebesar 20% menjadi 82 (kategori baik) pada siklus II (4) penerapan teknik pemodelan pada pembelajaran musikalisasi puisi di kelas IX.D SMP Negeri 3 Labuapi dapat meningkatkan kemampuan menentukan irama puisi sesuai isi dan suasana oleh siswa di mana pada siklus I nilai rata-rata skor kemampuan siswa menentukan irama puisi adalah sebesar 71 (kategori cukup baik) dan meningkat sebesar 32% menjadi 94 (kategori baik) pada siklus II dan (5) penerapan teknik pemodelan pada pembelajaran musikalisasi puisi di kelas IX.D SMP Negeri 3 Labuapi dapat meningkatkan kemampuan menyanyikan puisi sesuai irama oleh siswa di mana pada siklus I nilai rata-rata skor kemampuan siswa menyanyikan puisi adalah sebesar 83 (kategori baik) dan meningkat sebesar 6% menjadi 88 (kategori baik) pada siklus II. Saran yang diberikan adalah (1) guru mata pelajaran bahasa Indonesia khususnya di SMP Negeri 3 Labuapi hendaknya berupaya untuk menerapkan teknik pemodelan pada pembelajaran memusikalisasi puisi karena berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa dengan penerapan teknik pembelajaran ini konsep-konsep memusikalisasi puisi dapat diintegrasikan dalam konteks kehidupan nyata sehingga siswa juga dapat memahami apa yang dipelajarinya dengan lebih baik dan mudah (2) pembelajaran musikalisasi puisi oleh guru khususnya di SMP Negeri 3 Labuapi dengan teknik pemodelan hendaknya memperhatikan jenis musik yang akan menjadi model terutama jenis-jenis musik pop masa kini dari penyanyi-penyanyi muda atau grup band remaja (3) pembelajaran musikalisasi puisi hendaknya juga dapat dilaksanakan dengan menerapkan model-model pembelajaran kooperatif atau model pembelajaran kontekstual lainnya sehingga lebih menyenangkan bagi siswa atau dapat juga dilakukan kombinasi dengan berbagai jenis media pembelajaran aktif lainnya (4) bagi peneliti lain hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan referensi untuk melakukan penelitian-penelitian sejenis di masa-masa yang akan datang terutama dalam hal pengembangan pembelajaran memusikalisasi puisi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57995

Actions (login required)

View Item View Item