Analisa kesalahan bahasa indonesia dalam karangan siswa kelas VIII SMP Negeri Narmada, Lombok Barat / Satria Jayadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisa kesalahan bahasa indonesia dalam karangan siswa kelas VIII SMP Negeri Narmada, Lombok Barat / Satria Jayadi

Jayadi, Satria (2014) Analisa kesalahan bahasa indonesia dalam karangan siswa kelas VIII SMP Negeri Narmada, Lombok Barat / Satria Jayadi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Jayadi Satria. 2014. Analisis Kesalahan Bahasa Indonesia dalam Karangan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Narmada Lombok Barat. Tesis Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Imam Suyitno M.Pd. (II) Dr.Widodo H.S. M.Pd. Kata Kunci analisis kesalahan bahasa Indonesia karangan siswa 12288 12288 12288 12288 Kesalahan berbahasa yang sering dialami pembelajar terutama terjadi pada tataran gramatika. Kesalahan gramatikal biasanya dapat dengan mudah di-identifikasi pada bahasa tulis. Seorang pembelajar lebih cenderung memperoleh bahasa lisan lebih mudah daripada bahasa tertulis. Hal ini bisa terjadi karena dalam menulis pembelajar harus mampu menyusun tulisan yang baik dengan memperhatikan beberapa aspek. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsi-kan kesalahan bentukan kata kesalahan pilihan kata kesalahan struktur kalimat dan kesalahan penggunaan penanda kohesi dalam karangan siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Narmada Lombok Barat. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis data berupa kesalahan berbahasa yang bersumber dari karangan siswa yang terdiri atas 150 - 250 kata atau lebih kurang 3 halaman. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes mengarang. Prosedur atau langkah-langkah yang di-gunakan untuk menganalisis fenomena kesalahan berbahasa Indonesia dalam karangan siswa digunakan analisis kesalahan. Pemeriksaan keabsahan temuan penelitian difokuskan pada ketekunan pengamatan pemeriksaan sejawat dan auditing. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan adanya kesalahan bentukan kata berupa (1) penggunaan bentuk kata berimbuhan meN-i dan meN-kan yang tidak tepat (2) penggunaan kata bentukan berimbuhan peN-an dan -an yang tidak tepat (3) penggunaan bentuk rancu dan (4) penggunaan bentuk jamak yang dinyatakan dua kali. Kesalahan pilihan kata meliputi (1) penggunaan kata-kata tidak baku (2) penggunaan kata-kata tidak lazim (3) penggunaan dua kata bermakna sama dalam sebuah kalimat dan (4) kekurangcermatan dalam menggunakan kata-kata yang mirip. Kesalahan struktur kalimat berupa (1) kalimat tidak bersubjek (2) kalimat tidak berpredikat (3) munculnya kalimat buntung (4) penggandaan subjek ka-limat (5) adanya kalimat tidak logis (6) kalimat yang ambiguitas (7) penggunaan konjungsi yang berlebihan (8) urutan kalimat yang tidak paralel dan (9) peng-gunaan kata-kata tanya dalam kalimat berita. Kesalahan penggunaan penanda kohesi meliputi (1) kesalahan pengacuan atau referensi (2) kesalahan penyulihan atau substitusi (3) kesalahan pelesapan atau elipsis dan (4) kesalahan perangkai-an atau konjungsi. Peneliti berharap kepada guru mata pelajaran bahasa Indonesia agar memberikan perhatian khusus terhadap kompetensi menulis siswa. Guru hendak-nya memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada siswa untuk mengasah keterampilan menulisnya. Selain itu guru juga perlu meningkatkan kompetensi dirinya melalui peningkatan kualifikasi akademik diskusi pada forum MGMP mengikuti berbagai seminar dan pertemuan-pertemuan ilmiah lain banyak mem-baca dan lain sebagainya. Kepada dinas pendidikan penulis mengharapkan agar menjadikan penelitian ini dan penelitian sejenis sebagai dasar menyusun kebijak-an yang berkaitan dengan bahan ajar bahasa Indonesia di sekolah. Kepada peneliti lain peneliti berharap agar penelitian seperti ini tidak terhenti sampai di sini. Penelitian ini hanya mengungkap sebagian aspek dari beragam aspek kesalahan berbahasa yang ada. Oleh kerena itu perlu adanya penelitian lanjutan yang menganalisis aspek-aspek kesalahan berbahasa yang belum banyak disentuh.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57994

Actions (login required)

View Item View Item