Pengembangan strategi Bahana Aksi dalam pembelajaran membaca prosa fiksi untuk siswa SMP / Ningrum Sudianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan strategi Bahana Aksi dalam pembelajaran membaca prosa fiksi untuk siswa SMP / Ningrum Sudianto

Sudianto, Ningrum (2014) Pengembangan strategi Bahana Aksi dalam pembelajaran membaca prosa fiksi untuk siswa SMP / Ningrum Sudianto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sudianto Ningrum. 2014. Pengembangan Strategi Bahana Aksi dalam Pembelejaran Membaca Prosa Fiksi untuk Siswa SMP. Tesis Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Wahyudi Siswanto M.Pd. (II) Dr. Yuni Pratiwi M.Pd. Kata kunci pengembangan strategi bahana aksi pembelajaran membaca prosa fiksi. Strategi bahana aksi disusun untuk digunakan guru dalam mengajarkan materi pembelajaran membaca prosa fiksi berupa novel di sekolah. Strategi bahana aksi terdiri atas tiga tahap yaitu (1) tahap memperkaya pengetahuan dengan membaca terdiri dari tiga kegiatan (i) prabaca (ii) saat baca (iii) pascabaca (2) tahap menaklukkan tantangan membangun percaya diri terdiri dari enam kegiatan (i) menceritakan kembali (ii) membuat peta konsep (iii) wisata keliling (iv) memborong harta karun 1 (v) memborong harta karun 2 (vi) memborong harta karun 3 dan (3) tahap unjuk prestasi. Strategi bahana aksi berlandaskan pada pendekatan pembelajaran kontekstual dan pendekatan pembelajaran berbasis kemampuan otak. Melalui Standar Kompetensi membaca di dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) 2006 SMP kelas VIII semester II. Adapun Kompetensi Dasar yang akan dicapai adalah Menjelaskan alur cerita novel remaja (asli atau terjemahan) Menjelaskan pelaku dalam cerita novel remaja (asli atau terjemahan) dan Menjelaskan latar novel remaja (asli atau terjemahan). Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah (1) mengembangkan rancangan produk awal (2) mendeskripsikan hasil validasi ahli praktisi dan lapangan (3) mengembangkan produk berdasarkan saran san masukan dari para ahli dan praktisi dan (4) mendeskripsikan produk strategi bahana aksi setelah direvisi. Dalam hal ini bentuk spesifikasi strategi yang dirancang oleh peneliti adalah buku panduan yang berjudul Buku Panduan Strategi Bahana Aksi dalam Pembelajaran Membaca Prosa Fiksi . Buku ini berisi teori perencanaan dan penerapan strategi bahana aksi untuk pembelajaran membaca prosa fiksi berupa novel. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah adaptasi dari model pengembangan Borg dan Gall. Langkah penelitian tersebut meliputi (1) penelitian awal dan pengumpulan data (2) perencanaan (3) pengembangan draf produk (4) uji coba awal (5) merevisi hasil uji coba (6) uji coba lapangan dan (7) penyempurnaan produk akhir. Pada penelitian ini peneliti bertindak sebagai human instrument. Pedoman wawancara angket rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan panduan penelitian digunakan sebagai instrumen pengumpul data. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Teknik kualitatif untuk menganalisis data verbal berupa catatan kometar kritik maupun saran-saran yang dituliskan oleh subjek validasi pada panduan penelitian. Teknik kuantitatif untuk menganalisis data numerik berupa data skor yang diperoleh dari hasil panduan penilaian ahli praktisi dan peserta didik terhadap produk. Hasil analisis data sebagai dasar untuk melakukan tindak lanjut terhadap produk yang dikembangkan. Validasi produk melibatkan ahli pembelajaran sastra menghasilkan rata-rata kelayakan 85 16% ahli strategi pembelajaran membaca sastra menghasilkan rata-rata kelayakan 92 9% dan ahli praktisi menghasilkan rata-rata kelayakan 96 77% yang berarti produk layak digunakan. Berdasarkan hasil validasi lapangan menunjukkan hasil respon baik dari peserta didik dengan nilai rata-rata jawaban ya . Berdasarkan hasil validasi yang melibatkan ahli pembelajaran sastra ahli strategi pembelajaran membaca sastra dan ahli praktisi produk tergolong layak dan siap untuk diimplementasikan namun ada beberapa aspek yang perlu direvisi dan ditambahkan berdasarkan komentar dan saran perbaikan dari ahli pembelajaran sastra ahli strategi pembelajaran membaca sastra dan ahli praktisi. Validasi lapangan dengan melibatkan 41 orang siswa kelas VIIIh SMP Negeri 3 Malang pada semester genap tahun ajaran 203/2014. Sebagai langkah pemanfaatan produk hasil pengembangan pengajar disarankan untuk menerapkan strategi bahana aksi dalam pembelajaran membaca prosa fiksi secara maksima. Peserta didik disarankan untuk terlibat aktif dalam pembelajaran membaca prosa fiksi dengan strategi bahana aksi karena strategi bahana aksi dapat membantu menumbuhkembangkan kemampuan dan minat baca peserta didik sehingga mampu memperkaya pengetahuan dan pengalaman dengan membaca dan menaklukkan tantangan untuk membangun percaya diri. Prosedur penelitian pengembangan strategi pembelajaran ini dapat menjadi pedoman bagi peneliti lain untuk melakukan penelitian serupa. Pengembangan lain disarankan untuk mengikuti langkah-langkah yang ditempuh dalam penelitian ini. Langkah tersebut dapat diterapkan pada pengembangan strategi pembelajaran untuk kompetensi lain. Selanjutnya penyebarluasan produk dengan melaporkan hasil penelitian dalam jurnal ilmiah dan mengadakan sosialisasi Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57993

Actions (login required)

View Item View Item