Nurhusna (2014) Semiotika dalam wacana iklan advertorial media massa cetak / Nurhusna. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Nurhusna. 2014. Semiotika dalam Wacana Iklan Advertorial Media Massa Cetak. Tesis. Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Maryaeni M.Pd. (II) Dr. Martutik M.Pd. Kata Kunci semiotika iklan advertorial media massa penanda kualitas penanda kenyataan penanda kaidah 12288 12288 Semiotika merupakan ilmu tentang tanda yang dibentuk dari hubungan antara ide objek dan interpretan. Tanda muncul dalam iklan advertorial mewujud pada kata. Kata yang digunakan oleh produsen merupakan tanda sebagai wujud strategi persusif produsen kepada konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi semiotika dalam wacana iklan advertorial media massa cetak. Secara khusus tujuan penelitian ini menjelaskan (1) penandaan yang bertalian dengan kualitas (qualisign) (2) penandaan yang bertalian dengan kenyataan (sinsign) (3) penandaan yang bertalian dengan kaidah (legisign) yang terdapat dalam wacana iklan advertorial media massa cetak. 12288 12288 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan orientasi teoretis model semiotika. Data penelitian ini berupa kata yang digunakan dalam wacana iklan advertorial yang dimuat di surat kabar nasional meliputi Kompas dan Jawa Pos edisi November 2013 sampai Desember 2013. Data yang terkumpul berjumlah 130. Kata benda (nomina) dan kata sifat (adjektiva) dalam wacana iklan advertorial dikumpulkan dengan teknik dokumentasi. Kata benda (nomina) dan kata sifat (adjektiva) dalam wacana iklan advertorial dianalisis melalui tiga tahap yaitu (a) reduksi data (b) penyajian data dan (c) verifikasi/kesimpulan. 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanda kualitas (Qualisign) dalam wacana iklan advertorial ditemukan (1) penanda nomina dan (2) penanda sifat. Penanda nomina berupa (a) penanda nomina insani merujuk pada manusia sebagai konsumen yang terdiri atas (i) berdasarkan subjeknya (ii) berdasarkan jenis kelamin dan (iii) berdasarkan usia (b) penanda nomina noninsani merujuk pada kebutuhan konsumen yang terdiri atas (i) kebutuhan primer (ii) kebutuhan sekunder dan (iii) kebutuhan tersier. Penanda sifat berupa (a) penanda karakteristik fisik produk yang terdiri atas (i) sifat keadaan (iii) sifat warna (iii) sifat ukuran (iv) sifat bentuk (v) sifat jarak (vi) sifat waktu dan (vii) sifat cara (b) penanda karakteristik fisik semu produk yang terdiri atas (i) sifat pancaindra dan (ii) sifat perasaan. Penanda kenyataan (sinsign) dalam wacana iklan advertorial ditemukan (1) penanda alamiah dan (2) penanda langsung (buatan). Penanda alamiah berupa (a) ciri produk dan (b) kebermanfaatan produk. Penanda langsung (buatan) berupa (a) persaingan produk (b) keterkenalan produk dan (c) penjualan produk. Penanda kaidah (legisign) dalam wacana iklan advertorial ditemukan (1) penanda budaya dan (2) penanda sosial. Penanda budaya berupa (a) cara memakai dan (b) cara memelihara. Penanda sosial berupa (a) hidup tradisional dan (b) hidup modern. 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan sebagai berikut (1) pendidik hendaknya dapat menyiapkan sumber daya manusia yang dapat menyerap informasi secara kritis sehingga cakap dan mahir dalam memanfaatkan informasi (2) pembaca harus kritis dalam menyerap maksud dalam wacana iklan advertorial karena setiap advertorial menyajikan sistem tanda untuk mempromosikan kualitas mutu produk dan menyembunyikan kelemahan produk (3) penulis naskah iklan hendaknya mengemukakan sistem tanda secara jujur agar kesan yang dipersepsi masyarakat bersifat realitas (4) peneliti lanjutan dapat mengaji iklan advertorial dari aspek lain misalnya aspek bahasa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Jun 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/57992 |
Actions (login required)
View Item |