Peningkatan kompetensi menulis puisi siswa kelas XI SMAN 1 Pagak tahun 2011/2012 dengan strategi EKONEK / Teguh Pramono

Pramono, Teguh (2014) Peningkatan kompetensi menulis puisi siswa kelas XI SMAN 1 Pagak tahun 2011/2012 dengan strategi EKONEK / Teguh Pramono. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pramono, Teguh. 2013. Peningkatan Kompetensi Menulis Puisi Siswa Kelas XI SMAN 1 Pagak Tahun 2011/2012 dengan Strategi Ekonek. Tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Ahmad RofiÔÇÖuddin, M.Pd., (II) Prof. Dr. Sumadi, M.Pd. Kata Kunci: peningkatan, kompetensi menulis puisi, strategi Ekonek      Salah satu standar kompetensi kelulusan mata pelajaran Sastra Indonesia pada jenjang SMA Program Bahasa adalah menggunakan berbagai kegiatan menulis untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman yang menghasilkan berbagai bentuk karya sastra antara lain puisi. Kompetensi menulis puisi kelas XI Program Bahasa SMA Negeri 1 Pagak Kabupaten Malang memiliki persoalan yang harus dipecahkan, yaitu rendahnya hasil belajar. Studi pendahuluan menunjukkan rata-rata capaian kompetensi klasikal sebesar 56,14 dari KKM 75. Siswa yang dinyatakan tuntas sebanyak 10,53 % dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 89,47%. Rendahnya hasil ini diduga disebabkan oleh penggunaan strategi pembelajaran yang kurang efektif.     PTK ini digunakan untuk meningkatkan kompetensi menulis puisi dengan strategi Ekonek (eksplorasi, konstruksi, elaborasi, dan konfirmasi) pada fase (1) penggalian ide, (2) penyusunan ide, (3) pengembangan imajinasi, diksi, tema dan makna, majas, rima dan irama, dan tipografi. Peneliti adalah guru pengajar yang terlibat langsung dalam (1) perencanaan, (2) pelaksanaan pembelajaran dengan pemonitoran, (3) refleksi dan penyusunan laporan. Penelitian dirancang dalam dua siklus dengan melibatkan guru pengamat sebagai kolaborator. Subjek penelitian sebanyak 20 siswa terdiri atas 3 putra dan 17 putri. Pengumpulan data dilakukan sebelum, selama, dan setelah pembelajaran dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes praktik menulis puisi. Data yang terkumpul dianalisis, diklasifikasi, dibandingkan, dan disimpulkan.     Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kompetensi siswa setelah tindakan. Peningkatan kompetensi ditandai oleh meningkatnya keseriusan, keaktifan, dan kelancaran siswa dalam penggalian ide, penyusunan ide, dan pengembangan imajinasi, diksi, tema dan makna, majas, rima dan irama, dan tipografi pada tahap elaborasi dan tahap konfirmasi. Pada akhir siklus I, rata-rata kompetensi aspek penggalian ide sebesar 3,67 meningkat menjadi 6,32 pada siklus II. Ketuntasan klasikal kompetensi aspek penyusunan ide pada siklus I sebesar 94,12% meningkat menjadi 100% pada siklus II. Ketuntasan klasikal kompetensi aspek pengembangan imajinasi, diksi, tema dan makna, majas, rima dan irama, dan tipografi tahap elaborasi pada siklus I sebesar 83,58% meningkat menjadi 88,99% pada siklus II. Pada tahap konfirmasi, ketuntasan klasikal kompetensi aspek pengembangan imajinasi, diksi, tema dan makna, majas, rima dan irama, dan tipografi mengalami peningkatan dari 88,97% pada siklus I menjadi 93,45% pada siklus II.     Selanjutnya, peningkatan kompetensi ditunjukkan oleh rata-rata skor puisi tes awal sebesar 56,14 dan tes akhir 82,02 atau meningkat sebesar 25,88. Peningkatan skor ini berdampak pada peningkatan jumlah siswa yang mencapai KKM, yakni sebesar 10,53% pada prasiklus I meningkat menjadi 89,47% pada pascasiklus II.     Berdasarkan temuan penelitian tersebut dikemukakan tiga saran. Pertama, guru mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia disarankan menerapkan strategi Ekonek sebagai salah satu alternatif pembelajaran menulis puisi. Kedua, agar strategi pembelajaran Ekonek efektif, guru hendaknya mengalokasikan waktu yang proporsional pada setiap tahapnya. Ketiga, peneliti lain dapat mengembangkan strategi pembelajaran ini dalam penelitian lebih lanjut terutama materi kompetensi menulis sastra pada umumnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Apr 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57986

Actions (login required)

View Item View Item