Shofa, Nurus (2014) Nilai-nilai kearifan lokal dalam novel Negeri 5 Menara karya A. Fuadi / Nurus Shofa. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Shofa Nurus. 2012. Nilai-nilai Kearifan Lokal dalam Novel Negeri 5 Menara Karya A. Fuadi. Tesis Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Roekhan M.Pd. (II) Dr. Sunaryo H.S. S.H. M.Hum. Kata kunci nilai kearifan lokal novel Karya sastra merupakan cerminan dari sosial budaya suatu masyarakat. Budaya sebagai suatu produk masyarakat wujudnya berupa nilai-nilai kepercayaan norma-norma simbol-simbol dan ideologi. Salah satu wujud nilai budaya adalah kearifan lokal. Kearifan lokal bersumber dari tradisi budaya setempat selama berabad-abad dan dijadikan tuntunan dalam kehidupan masyarakat. Kearifan lokal sebagai informasi sistem budaya yang mengandung pekerti luhur sebagai sarana untuk mengajarkan nilai moral untuk membentuk watak peserta didik. Novel Negeri 5 Menara karya A. Fuadi merupakan novel yang memuat nilai-nilai kearifan lokal yang berlatar belakang pada realitas kehidupan di pondok pesantren. Penelitian ini difokuskan pada (1) nilai-nilai kearifan lokal yang meliputi (a) nilai kearifan lokal yang berkaitan dengan hubungan manusia dengan Tuhan (b) nilai kearifan lokal yang berkaitan dengan hubungan manusia dengan masyarakat dan (c) nilai kearifan lokal yang berkaitan dengan hubungan manusia dengan diri sendiri (2) representasi nilai kearifan lokal. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini menitikberatkan pada kajian pustaka yaitu memanfaatkan sumber perpustakaan untuk memperoleh data penelitian tanpa melakukan riset lapangan. Data dikelompokkan menjadi dua macam yaitu (1) nilai kearifan lokal dan (2) representasi nilai kearifan lokal. Sumber data yaitu novel Negeri 5 Menara karya A. Fuadi cetakan ke-12 tahun 2011 diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama dan berjumlah 423 halaman. Peneliti mengumpulkan data menganalisis data mereduksi data dan menyajikan data kemudian dilanjutkan menyimpulkan data nilai kearifan lokal dan representasi nilai kearifan lokal dalam novel Negeri 5 Menara. Pengecekan keabsahan data diuji dengan ketekunan pengamatan diskusi dan verifikasi dengan pembimbing dan diskusi dengan teman sejawat. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian mencakup dua hal. Pertama penelitian tentang nilai kearifan lokal dan kedua penelitian tentang representasi nilai kearifan lokal. Hasil penelitian tentang nilai kearifan lokal ditemukan nilai kearifan lokal yang berhubungan dengan Tuhan yang mencakup antara lain (a) ketakwaan (b) ketawakalan dan (c) riyadlah. Nilai kearifan lokal yang berhubungan dengan masyarakat meliputi (a) persaudaraan (b) keadilan (c) kedisiplinan dan (d) kepatuhan. Nilai kearifan lokal yang berhubungan dengan diri sendiri meliputi (a) keoptimisan (b) kemandirian (c) kebijaksanaan (d) keberanian (e) kesederhanaan (f) keikhlasan (g) kesabaran (h) keteguhan (istiqamah). Penelitian tentang representasi nilai kearifan lokal ditemukan bahwa nilai kearifan lokal direpresentasikan melalui (a) tema (b) tokoh dan (c) latar cerita. Berdasarkan hasil penelitian dalam novel Negeri 5 Menara dapat ditemukan nilai-nilai kearifan lokal yang cukup positif. Nilai-nilai kearifan lokal tersebut merupakan bagian dari representasi nilai kearifan lokal masyarakat pondok pesantren sesuai dengan realitas cerita dalam novel Negeri 5 Menara. Berkaitan dengan hal tersebut maka Novel Negeri 5 Menara perlu untuk disampaikan kepada generasi muda bangsa Indonesia terutama bagi peserta didik. Hal ini diperlukan agar siswa mengenal nilai-nilai yang baik yang dapat diwariskan kepada generasi muda. 12288 12288 12288 12288 Mengingat nilai-nilai kearifan lokal mengandung banyak pesan nilai dan norma-norma sebagai bahan kontemplasi pembaca/siswa dalam menjalani kehidupan maka upaya untuk penanaman nilai-nilai kearifan lokal tersebut sangat diperlukan. Berdasarkan hal tersebut dapat disampaikan saran kepada (1) guru novel Negeri 5 Menara sebagai bahan ajar mata pelajaran bahasa Indonesia di sekolah khususnya dalam pembelajaran apresiasi sastra di kelas untuk pembentukan watak siswa (2) pihak/kalangan pesantren untuk melestarikan nilai-nilai kearifan lokal di pesantren (3) siswa untuk belajar di pesantren selain di sekolah umum dan (4) Peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian lebih lanjut tentang nilai-nilai kearifan lokal yang terdapat dalam karya sastra lainnya untuk memperkaya khazanah penelitian karya sastra.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Mar 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/57984 |
Actions (login required)
View Item |