Kandungan budaya Jawa dalam Singir Kemanten karya Muhammad Usman Al-Iskhaqi / Achmad Zainal Abidin - Repositori Universitas Negeri Malang

Kandungan budaya Jawa dalam Singir Kemanten karya Muhammad Usman Al-Iskhaqi / Achmad Zainal Abidin

Abidin, Achmad Zainal (2014) Kandungan budaya Jawa dalam Singir Kemanten karya Muhammad Usman Al-Iskhaqi / Achmad Zainal Abidin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abidin A. Zainal. 2014. Kandungan Budaya Singir Kemanten Karya muhammad Usman Al-Iskhaqi. Tesis Magister Pendidikan Bahasa Indonesia Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang (UM). Pembimbing (I) Prof. Dr. H. A. Syukur Ghazali M.Pd. (II) Prof. Dr. Maryaeni M.Pd. Kata Kunci Budaya Jawa Singir Kemanten. Kebudayaan mempunyai arti sangat penting bagi kehidupan manusia mengingat kebudayaan merupakan wujud dari keberadaan manusia. Salah satu wujud keberadaan manusia adalah kemampuannya menggunakan bahasa. Sedangkan bahasa itu sendiri merupakan salah satu unsur budaya yang dimiliki manusia. Bahkan ada yang menyatakan bahwa salah satu ciri perbedaan antara manusia dengan binatang adalah kemampuan manusia menggunakan bahasa. Dengan kata lain setiap bangsa mempunyai kebudayaan sendiri yang berbeda dengan kebudayaan bangsa lain. Tidak berbeda dengan hal itu kebudayaan akan mengiringi gerak dan dinamika masyarakatnya. Masyarakat yang memiliki kebudayaan yang tinggi biasanya memiliki kemajuan yang lebih baik dan pesat daripada masyarakat yang memiliki kebudayaan yang rendah (primitif). Bakker (1984) menyatakan bahwa melalui kegiatan kebudayaan sesuatu yang sebelumnya hanya merupakan kemungkinan belaka diwujudkan dan diciptakan baru. Oleh karena pentingnya kebudayaan ini para pemimpin berbagai pemegang kebijakan akan selalu berusaha mempertimbangkan perencanaan dan pelaksanaan kebijakan itu dengan latar belakang kebudayaan. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif disis-timatisasikan agar dapat memberikan informasi tentang kandungan budaya Jawa dalam Singir Kemanten karya Mohammad Usman Al-Iskhaqi secara apa adanya. Sejalan dengan hal tersebut peneliti tidak menambah ataupun mengurangi data verbal yang terdapat dalam Singir Kemanten sehingga informasi yang diperoleh dari analisis data tersebut benar-benar apa adanya. Karya sastra sebagai salah satu hasil budaya manusia di dalamnya terkandung sejumlah nilai. Nilai-nilai tersebut sangat dipengaruhi oleh pandangan-pandangan pengarang dengan segala nilai budaya yang melingkupinya. Dengan kata lain nilai-nilai yang tidak disukai atau dibenci maupun yang diidolakan oleh pengarangnya akan termuat di dalam karya sastra yang diciptakannya. Demikian halnya dengan Singir Kemanten yang ditulis menggunakan bahasa Jawa tentunya dilatarbelakangi budaya Jawa. Oleh sebab itu dalam kajian ini nilai budaya yang terkandung dan diungkapkan dalam singir ini diduga dalam konteks budaya Jawa. Analisis nilai budaya Jawa dalam Singir ini meliputi empat focus masalah yang selanjutnya akan dikaji dalam bentuk table sebagai gambaran hasil penelitian.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Mar 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57983

Actions (login required)

View Item View Item