Pengembangan bahan ajar menyimak prosa fiksi berbasis keterampilan bepikir tingkat tinggi dengan multimedia interaktif untuk siswa SMP / Zasi Madana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar menyimak prosa fiksi berbasis keterampilan bepikir tingkat tinggi dengan multimedia interaktif untuk siswa SMP / Zasi Madana

Madana, Zasi (2014) Pengembangan bahan ajar menyimak prosa fiksi berbasis keterampilan bepikir tingkat tinggi dengan multimedia interaktif untuk siswa SMP / Zasi Madana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Madana Zasi. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Menyimak Prosa Fiksi Berbasis Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi dengan Multimedia Interaktif untuk Siswa SMP. Tesis Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Widodo Hs. M.Pd. dan (II) Dr. Heri Suwignyo M.Pd. Kata Kunci pengembangan bahan ajar menyimak prosa fiksi berpikir tingkat tinggi multimedia interaktif. Bahan ajar adalah salah satu komponen inti dalam melaksanakan pembelajaran. Bentuk atau wujud bahan ajar sangat menentukan tercapainya keberhasilan tujuan pembelajaran. Pengembangan media pembelajaran merupakan salah satu upaya inovasi dalam pembelajaran yang terus digali dan dicermati oleh semua pihak. Salah satu wujud inovasi tersebut adalah penggunaan berbagai media pembelajaran terutama media teknologi informasi. Penelitian ini adalah salah satu wujud pengembangan media pembelajaran dalam mengajarkan keterampilan menyimak dengan berbantuan komputer. Melalui media tersebut segala objek atau teks yang harus disimak dapat disajikan dengan lebih profesional. Dengan demikian maka akan lebih mempermudah siswa dalam memahami berbagai materi simakan. Kegiatan berpikir atau menangkap makna dari apa yang didengar merupakan bagian dari proses menyimak. Keterampilan menyimak dengan melibatkan kegiatan berpikir yang diusung dalam penelitian ini adalah menyimak teks prosa fiksi berupa novel remaja. Keterampilan berpikir tingkat tinggi (high order thinking skills) sudah menjadi bagian dari tren pembelajaran masa kini. Di dalam penelitian ini untuk melatih keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa salah satunya dapat diketahui dari proses mereka dalam membayangkan atau mengimajinasikan teks simakan. Hal ini tidak terlepas dari rancangan langkah-langkah pembelajaran sejak tahap pra menyimak saat menyimak dan pasca menyimak. Tes yang diberikan pada tahap pasca menyimak juga memiliki peran dalam melatih siswa dalam berpikir tingkat tinggi. Untuk itu di dalam media ini dilengkapi dengan tes keterampilan menyimak yang bervariasi untuk mengukur tingkat berpikir siswa dalam ranah menganalisis mengevaluasi dan mencipta. Tes yang diberikan di antaranya adalah jenis tes pilihan benar-salah pilihan berganda mengurutkan pilihan multirespon pilihan gambar pilihan ganda dan essay. Sehubungan dengan hal itu secara umum penelitian ini bertujuan mengembang-kan media pembelajaran menyimak prosa fiksi berbasis keterampilan berpikir tingkat tinggi untuk siswa SMP kelas VIII dan dilengkapi dengan buku petunjuk untuk guru dalam mengoperasikan media tersebut dalam pembelajaran. Untuk mencapai tujuan di atas digunakan model penelitian pengembangan Research and Development (R D). Alasan pemilihan model R D ini adalah karena tujuan penelitian ini adalah mengembangkan menguji dan memvalidasi produk media yang dihasilkan. Selain itu model ini memiliki beberapa karakter yang sesuai dalam proses pengembangan produk media yaitu melibatkan kolaborasi berkelanjutan antara praktisi dan peneliti. Selanjutnya hasil akhir produk dapat menjembatani kesenjangan antara teori dan praktik di lapangan. Prosedur pengembangan ini dikelompokkan menjadi empat tahap. Tahap pertama dimulai dengan tahap persiapan/pra pengembangan. Pada tahap ini dilakukan studi pendahuluan untuk mengumpulkan informasi (kajian teori) kemudian mengidentifikasi permasalahan yang ditemui dalam pembelajaran di antaranya dengan melakukan observasi wawancara dan angket. Tahap kedua adalah pengembangan produk. Pada tahap ini dilakukan persiapan materi perangkat evaluasi dan menyusun draf media. Tahap ketiga adalah uji coba produk dari ahli pembelajaran menyimak ahli pembelajaran prosa fiksi ahli media pembelajaran dan ahli praktisi. Setelah itu merivisi saran-saran perbaikan media dari semua uji ahli agar mendapatkan hasil yang terbaik. Langkah selanjutnya adalah melakukan uji coba lapangan kepada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tumpang Jawa Timur. Tahap keempat adalah melakukan implementasi dan diseminasi yakni melaporkan hasil penelitian dalam jurnal ilmiah dan mengadakan sosialisasai Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Uji coba produk melibatkan ahli pembelajaran menyimak menghasilkan rata-rata kelayakan produk sebesar 94 23% ahli pembelajaran prosa fiksi 75 96% ahli media pembelajaran 81 94% ahli praktisi 94 23% dan siswa 83 92%. Berdasarkan hasil uji dari ahli pembelajaran menyimak dan ahli praktisi produk media tergolong sangat layak dan siap untuk diimplemantasikan. Berdasarkan hasil uji dari ahli pembelajaran prosa fiksi dan ahli media pembelajaran produk media tergolong layak dan siap untuk diimplemantasikan. Namun ada beberapa aspek yang perlu direvisi dan ditambahkan berdasarkan komentar dan saran perbaikan dari tim ahli guna kesempurnaan produk media yang dihasilkan. Uji lapangan dengan melibatkan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tumpang dimaksudkan untuk mengetahui penilaian dan respon siswa terhadap media pembelajaran yang diterapkan dalam pembelajaran menyimak prosa fiksi. Langkah pemanfaatan hasil penelitian pengembangan ini adalah disarankan kepada guru untuk menggunakan produk media ini sebagai salah satu alternatif media pembelajaran dalam mengajarkan keterampilan menyimak prosa fiksi. Saran untuk pihak sekolah adalah dapat digunakan sebagai salah satu inspirasi dalam melakukan inovasi pembelajaran pada mata pelajaran yang lain dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran. Selanjutnya siswa disarankan dapat memanfaatkan media ini sebagai bahan latihan mandiri dan juga dengan bimbingan guru dalam mempelajari unsur-unsur intrinsik novel remaja lewat kegiatan menyimak. Sejalan dengan saran-saran tersebut hasil penelitian pengembangan produk media ini perlu terus dikembangkan dan disosialisasikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan agar dapat memunculkan ide-ide baru untuk lebih menghasilkan produk media yang lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Feb 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57980

Actions (login required)

View Item View Item