Konstruksi nilai pendidikan keimanan Islam dalam prosa fiksi Kecil-kecil punya karya / Muyassaroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Konstruksi nilai pendidikan keimanan Islam dalam prosa fiksi Kecil-kecil punya karya / Muyassaroh

Muyassaroh (2014) Konstruksi nilai pendidikan keimanan Islam dalam prosa fiksi Kecil-kecil punya karya / Muyassaroh. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Muyassaroh. 2011. Konstruksi Nilai Pendidikan Keimanan Islam dalam Prosa Fiksi Kecil-Kecil Punya Karya. Tesis Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Yuni Pratiwi M.Pd. (II) Prof. Dr. Wahyudi Siswanto M.Pd. Kata Kunci konstruksi nilai pendidikan Islam pendidikan keimanan Islam prosa fiksi 12288 12288 12288 12288 Prosa fiksi merupakan salah satu genre sastra yang menceritakan berbagai masalah kehidupan manusia dalam interaksinya dengan lingkungan dan sesama interaksinya dengan diri sendiri serta interaksinya dengan Tuhan. Fiksi merupakan hasil dialog kontemplasi dan reaksi pengarang terhadap lingkungan.Walau berupa khayalan tidak benar jika fiksi dianggap sebagai hasil kerja lamunan belaka melainkan telah melalui penghayatan dan perenungan secara intens perenungan terkait hakikat hidup dan kehidupan perenungan yang dilakukan penuh kesadaran dan tanggung jawab. 12288 12288 12288 12288 Salah satu bentuk prosa fiksi yang beredar di masyarakat adalah cerita anak Kecil-Kecil Punya Karya (KKPK) yang ditulis oleh anak-anak yang menceritakan atau membicarakan kehidupan mereka. Ide cerita itu lebih banyak diangkat dari pengalaman sehari-hari yang mereka alami untuk kemudian dikembangkan dengan imajinasinya. Hanya saja dalam cerita-cerita KKPK ini ditemukan banyak membicarakan dan mengajarkan nilai-nilai kehidupan yang ditawarkan kepada pembaca. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk mengkaji berkaitan dengan nilai pendidikan keimanan Islam yang dilakukan oleh para tokoh orang tua ketika mengajarkan atau menanamkan keimanan Islam kepada anak-anaknya. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini secara umum bertujuan mendeskripsikan konstruksi nilai pendidikan keimanan Islam yang terdapat dalam prosa fiksi Kecil-Kecil Punya Karya. Secara khusus penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) nilai pendidikan keimanan yang ditanamkan tokoh orang tua kepada anak-anaknya (2) unsur karya sastra yang digunakan pengarang dalam menanamkan nilai pendidikan keimanan Islam dan (3) konstruksi nilai pendidikan keimanan Islam yang ditempuh tokoh orang tua. 12288 12288 12288 12288 Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan model hermeneutik. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik studi dokumentasi karena sumber data penelitian ini berupa dokumen berupa teks prosa Kecil-Kecil Punya Karya sebanyak 12 judul yang diperkirakan mengandung nilai-nilai pendidikan keimanan Islam. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sebagai instrumen utama dan tabel kodifikasi sebagai instrumen pendukung. Analisis data dilakukan dengan mengklasifikasi data mendeskripsikan hasil klasifikasi data menganalisis data dan menginterpretasi data. Reduksi data dilakukan dengan pengumpulan data mengklasifikasi data menginterpretasi data dan mendeskripsikan hasil interpretasi. Tahap penelitian dibagi menjadi persiapan pelaksanaan dan penyelesaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pendidikan keimanan merupakan pendidikan pertama dan utama yang diberikan tokoh orang tua kepada anak-anaknya (2) unsur karya sastra yang digunakan pengarang dalam menanamkan nilai pendidikan keimanan Islam adalan tokoh latar dan amanat dan (3) konstruksi pendidikan keimanan Islam yang dilakukan orang tua kepada tokoh anak-anak terdiri dari pengenalan pemahaman pembiasaan dan perilaku. Nilai pendidikan keimanan terdiri dari (a) keimanan kepada Allah (b) keimanan kepada malaikat (c) keimanan kepada Al Quran (d) keimanan kepada Rasulullah (e) keimanan kepada hari akhir dan (f) keimanan kepada takdir. 12288 12288 12288 12288 Keimanan kepada Allah mencakup keyakinan terhadap keberadaan Allah dan kekuasaan Allah. Keimanan kepada malaikat dibuktikan melalui keberadannya yang mencatat amal perbuatan manusia. Keimanan kepada Al Quran diwujudkan dengan menjadikannya pedoman hidup dan berusaha mempelajari dan mengamalkan isinya. Keimanan kepada Rasulullah dengan mengakui kebenaran risalah yang dibawanya dan menjadikan Beliau teladan dalam kehidupan. Keimanan kepada hari akhir berupa keyakinan akan adanya perhitungan amal dan hari kebangkitan. Keimanan kepada takdir meliputi keyakinan terhadap kematian dan baik buruk ketetapan Allah. 12288 12288 12288 12288 Unsur karya sastra yang digunakan pengarang dalam menanamkan nilai-nilai keimanan Islam adalah tokoh latar dan amanat. Pengarang memilih tokohnya untuk dijadikan contoh individu yang mengamalkan nilai keimanan yang dapat ditiru pembaca. Sedangkan latar yang digunakan untuk menanamkan dan menerapkan nilai keimanan meliputi pondok pesantren masjid sekolah Islam rumah pelaksanaan salat lima waktu dan sepertiga malam. Amanah berupa nasihat dam pesan pengarang kepada pembacanya untuk mengamalkan nilai keimanan dalam hidup. 12288 12288 12288 12288 Konstruksi pendidikan keimanan Islam yang dilakukan orang tua kepada tokoh anak-anak terdiri dari pengenalan pemahaman pembiasaan dan perilaku. Tahapan pengenalan ini dilakukan pada usia amir (0 7 tahun) yaitu dengan mengenalkan berbagai perintah Allah larangan Allah Al Quran sebagai pedoman hidup Rasulullah sebagai teladan keberadaan takdir Allah dan keberadaan surga sebagai tempat mulia di sisi Allah. Tahapan pemahaman dilakukan pada usia asir (7 14 tahun) yang mengharuskan orang tua telah membentuk pemahaman terkait ibadah-ibadah yang dijalankan anak-anaknya dan alasan seorang muslim harus terikat syariah Allah. Tahapan pembiasaan dilakukan oleh orang tua dan sekolah agar terbentuk kebiasaan Islam dalam diri anak-anak. Keteladanan orang tua diperlukan dalam pembiasaan ini sekaligus sanksi jika ditemukan pelanggaran.Tahapan perilaku merupakan perwujudan keimanan yang kuat kepada Allah untuk mengabdi kepada Allah dengan cara mengikatkan diri kepada syariat-Nya. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada (1) guru untuk menggunakan sastra anak dalam pembelajaran apresiasi sastra khususnya dalam mengajarkan nilai-nilai Islam kepada anak-anak (2) pembaca diharapkan dapat memberi gambaran tentang nilai pendidikan keimanan Islam yang harus diberikan orang tua kepada anak-anaknya dan (3) peneliti berikutnya yang melakukan penelitian yang sejenis diharapkan dapat menggunakan penelitian ini sebagai dasar atau referensi penelitian sastra anak lebih lanjut tentang nilai-nilai pendidikan keimanan Islam yang terdapat dalam cerita anak lainnya untuk ditemukan pola yang tepat dalam mengajarkan nilai keimanan pada anak-anak yang tidak menggurui.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57979

Actions (login required)

View Item View Item