Luciandika, Ariva (2014) Pengembangan bahan ajar menulis puisi anak berbasis pendidikan karakter untuk siswa sekolah dasar / Ariva Luciandika. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Luciandika Ariva. 2013. Bahan Ajar Menulis Puisi Anak Berbasis Pendidikan Karakter untuk Siswa Sekolah Dasar. Tesis. Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Wahyudi Siswanto M.Pd. (II) Dr. Yuni Pratiwi M.Pd. Kata Kunci bahan ajar menulis puisi siswa sekolah dasar pendidikan karakter Bahan ajar mempunyai peranan penting untuk mendukung pembelajaran di dalam kelas.Bahan ajar yang disusun secara sistematis dan bertujuan jelaskan membimbing peserta didik untuk memahami materi yang dipelajari.Bahan ajar ini berisi materi tentang menulis puisi anak untuk siswa sekolah dasar berbasis pendidikan karakter. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengembangkan bahan ajar menulis puisi anak berbasis pendidikan karakter untuk menanamkan karakter peduli lingkungan pada siswa sekolah dasar (2) mengembangkan bahan ajar menulis puisi anak berbasis pendidikan karakter untuk menanamkan karakter peduli sosial pada siswa sekolah dasar (3) mengembangkan bahan ajar menulis puisi anak berbasis pendidikan karakter untuk menanamkan karakter kejujuran pada siswa sekolah dasar dan (4) mengembangkan bahan ajar menulis puisi anak berbasis pendidikan karakter untuk menanamkan karakter religius pada siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangandengan model penelitian yang diadaptasi dari prosedur penelitian Research and Development(R D)Borg and Gall.Subjek uji ahli dan uji coba dalam penelitian ini adalah ahli penulisan kreatif puisi ahli pembelajaran sastra Indonesia guru sekolah dasar dan sejumlah siswa sekolah dasar.Data penelitian terbagi dalam dua jenis yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa komentar dan saran dari tim partisipan selama proses uji coba produk. Data kualitatif tersebut diperoleh dari data hasil uji ahli dan uji lapangan.Data kuantitatif diperoleh dari angket penilaian yang dilakukan oleh tim partisipan.Dalam pengumpulan data kualitatif peneliti menggunakan instrumen berupa lembar format wawancara lembar format analisis kebutuhan dan lembar instrumen uji coba yang berupa angket.Data kuantitatif berupa skor penilaian dalam angket yang diisi oleh tim partisipan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum bahan ajar bisa diimplementasikan dalam pembelajaran. Berdasarkan kesesuaian dengan Standar Kompetensi pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan isi bahan ajar sesuai dengan kompentensi dasar yang dituju yaitu (1) melengkapi puisi anak berdasarkan gambar (2) menulis puisi berdasarkan gambar dengan pilihan kata yang menarik dan (3) menulis puisi bebas dengan pilihan kata yang tepat. Berdasarkan keakuratan materi isi materi yang dikembangkan dalam bahan ajar sudah akurat dan mendukung pembelajaran yaitu (1) melengkapi puisi rumpang (2) menulis puisi dengan pilihan kata yang menarik dan (3) menulis puisi bebas jenis deskripsi narasi dan lirik.Berdasarkan kesesuaiannya dengan teori menulis puisi anak isi bahan ajar sesuai dengan tahap-tahap menulis puisi anak yang terdiri dari memunculkan ide mengembangkan ide melahirkan ide dan menyempurnakan ide dengan memperhatikan rima diksi majas dan sarana retorika.Bahan ajar menulis puisi berbasis pendidikan karakter juga berisi penanaman nilai-nilai karakter yang tercermin dalam kegiatan-kegiatan di setiap bab. Semua kegiatan mempunyai tema masing-masing sesuai dengan nilai karakter yang ingin dicapai yaitu peduli lingkungan peduli sosial kejujuran dan religius yang difokuskan pada mensyukuri karunia Tuhan. Dari segi sistematika penyajian dalam bahan ajar sudah mengandung komponen tinjauan kompetensi pendahuluan bagian inti penutup daftar pustaka dan lampiran.Pada bagian tinjauan kompetensi terdapat petunjuk penggunaan buku untuk guru yang berisi peta konsep.Peta konsep berisi kompetensi dasar tujuan pembelajaran dan langkah-langkah pembelajaran.Pada bagian pendahuluan terdapat kata pengantar yang berjudul Apa Kabar Anak Indonesia daftar isi yang berjudul Ada Apa dalam Buku Ini sapaan pada peserta didik yang berjudul Belajar Apa Hari Ini dan cerita inspiratif. Pada bagian inti terdapat empat bab yang berisi kegiatan melengkapi puisi rumpang menulis puisi dengan pilihan kata yang menarik dan menulis puisi bebas jenis deskripsi narasi dan lirik. Tema-tema yang disesuaikan dengan pendidikan karakter yang menjadi tujuan pembelajaran.Pada bagian penutup terdapat daftar rujukan dan biodata penulis. Ragam bahasa dalam bahan ajar menulis puisi berbasis pendidikan karakter sesuai dengan perkembangan intelektual dan emosional siswa sekolah dasar. Bahasa yang digunakan logis dan sederhana sehingga mudah dipahami dan diikuti oleh siswa sekolah dasar kelas V. Dari segi tampilan bahan ajar menggunakan jenis huruf Curlz MT ukuran 24 comic sans ukuran 12 dan arial ukuran 12.Komposisi warna yang digunakan didominasi warna-warna cerah yang menarik untuk siswa sekolah dasar.Desain sampul bahan ajar bagian depan memuat judul bahan ajar sasaran bahan ajar dan nama penulis. Pada bagian tengah sampul terdapat ilustrasi siswa sekolah dasar yang sedang menulis.Siswa tersebut diilustrasikan sedang membayangkan empat karakter yang menjadi tujuan pembelajaran yaitu peduli lingkungan peduli sosial kejujuran dan mensyukuri karunia Tuhan. Saran pemanfaatan hasil penelitian dapat digunakan oleh beberapa pihak diantaranya oleh guru kelas V dan pengembang lain. Guru kelas V dapat mengaplikasikan hasil penelitian sebagai bahan ajar yang mendukung pembelajaran menulis puisi menggunakan kurikulum 2013 sedangkan bagi pengembang lain bahan ajar dapat menjadi pedoman untuk melakukan penelitian serupa yang lebih inovatif. Langkah dalam penelitian bisa digunakan sebagai pedoman untuk melakukan penelitian pada kompetensi dasar yang lain.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Jan 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/57978 |
Actions (login required)
View Item |