Pengaruh penggunaan strategi IBANIH terhadap kemampuan membaca kritis siswa kelas X MA Muhammadiyah 1 Malang / Arif Setiawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan strategi IBANIH terhadap kemampuan membaca kritis siswa kelas X MA Muhammadiyah 1 Malang / Arif Setiawan

Setiawan, Arif (2013) Pengaruh penggunaan strategi IBANIH terhadap kemampuan membaca kritis siswa kelas X MA Muhammadiyah 1 Malang / Arif Setiawan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

katakunci membaca kritis kemampuan membaca kritis danstrategi Ibanih Membaca kritis merupakan salah satuketerampilan berbahasa yang diajarkan sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006 di tingkatSekolah Menengah Atas (SMA).Meningkatkan pembelajaran membaca kritis di kelas X diperlukan strategi yang tepat dan efektif. Perlakuan yang diduga dapat mengoptimalkan pembelajaran membaca kritis adalah strategi Ibanih(Identifikasi Bertanya Analisis Menilai dan Hubungkan). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi Ibanihterhadap kemampuan membaca kritis yang terdiri atas(1) kemampuan menganalisis bacaan secara kritis (2) kemampuan mengorganisasi bacaan secara kritis dan (3) kemampuan menilai isi bacaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Digunakannya pendekatan ini didasarkan pada empat alasan yakni (1) menguji hipotesis tentang pengaruh strategi Ibanih (2) data dalam penelitian ini berupa angka (3) data dianalisis dengan uji-t dan (4) menguji teori tentang pengaruh strategi Ibanih. Penelitian ini menggunakan rancangan kuasi eksperimen dengan model rancangan control group pretes-postes desing. Data penelitian ini berupa skor kemampuan membaca kritis yakni (1) skor kemampuan menganalisis bacaan secara kritis (2) skor kemampuan mengorganisasi bacaan secara kritis dan (3) skor kemampuan menilai isi bacaan.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MA Muhammadiyah 1 Malang.Sampel data penelitian ini terdiri atas dua kelas kelas kontrol (X A) dan kelas eksperimen (X B).Instrumen yang digunakan dalam peneilitian ini berupa soal objektif yang berjumlah 21 butir.Analisis data penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan strategi Ibanih terhadap kemampuan membaca kritis siswa kelas X MA Muhammadiyah 1 Malang dalam (1) menganalisis bacaan secara kritis (2) megorganisasi bacaan secara kritis dan (3) menilai isi bacaan secara kritis. Dari hasil penelitian dapat disarankan (1) hasil penelitian ini dapat digunakan guru sebagai acuan untuk merancang pembelajaran yang mampu menumbuhkan kreativitas siswa. Dalam hal ini guru dapat mempertimbangkan dan menggunakan strategi Ibanihdalam meningkatkan kemampuan menganalisis mengorganisasi dan menilai isi bacaan secara kritis karena strategi Ibanih berpengaruh signifikan terhadap kemampaun membaca kritis (2) hasil penelitian ini dapat dijadikan acuan keberhasilan siswa dalam membaca kritis dengan menggunakan strategi Ibanih. Selain itu hasil penelitian ini juga dapat digunakan siswa untuk mengembangkan kemampuan membaca kritis (3) hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai masukan dalam melakukan penelitian lain yang terkait dengan penelitian ini yaitu penggunaan strategi Ibanih dan kemampuan membaca kritis. Peneliti lain juga dapat mengembangkan strategi Ibanih untuk penelitian selanjutnya yang sejenis dan (4)penelitian ini hanya dilakukan sebanyak 3 kali pertemuan. Oleh karena itu untuk lebih menguatkan temuan penelitian bagi pihak lain yang hendak meneliti tentang pengaruh strategi Ibanih disarankan untuk memberikan perlakuan lebih dari 3 kali.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57974

Actions (login required)

View Item View Item