Musaffak (2013) Peningkatan kemampuan menulis makalah mahassiswa pengambil matakluliah Bahasa Indonesia Keilmuan Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UMM semester Ii 2012 dengan strategi peta pikiran / Musaffak. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci kemampuan menulis menulis makalah strategi peta pikiran Kemampuan menulis makalah merupakan hal penting yang harus dikuasai oleh mahasiswa. Dengan menulis makalah mahasiswa dapat meningkatkan kualitas diri mereka di perguruan tinggi. Walaupun demikian secara faktual mahasiswa sering mengalami kesulitan menulis makalah terutama pada aspek kebahasaan dan teknik menulis. Aspek kebahasaan itu dapat berupa kemenarikan kesesuaian ejaan tanda baca pilihan kata kelengkapan keruntutan keefektifan kalimat dan kepaduan paragraf. Selain itu pengkajian makalah mahasiswa cenderung tidak konsisten karena tidak sesuai dengan prosedur penulisan makalah yang ada. Secara umum tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis makalah mahasiswa pengambil matakuliah Bahasa Indonesia Keilmuan Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UMM semester II 2012 dengan strategi peta pikiran. Secara khusus tujuan penelitian ini untuk (1) meningkatkan kemampuan menulis judul makalah mahasiswa pengambil matakuliah Bahasa Indonesia Keilmuan Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UMM semester II 2012 dengan strategi peta pikiran (2) meningkatkan kemampuan menulis pendahuluan makalah mahasiswa pengambil matakuliah Bahasa Indonesia Keilmuan Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UMM semester II 2012 dengan strategi peta pikiran (3) meningkatkan kemampuan menulis pembahasan makalah mahasiswa pengambil matakuliah Bahasa Indonesia Keilmuan Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UMM semester II 2012 dengan strategi peta pikiran (4) meningkatkan kemampuan menulis penutup makalah mahasiswa pengambil matakuliah Bahasa Indonesia Keilmuan Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UMM semester II 2012 dengan strategi peta pikiran dan (5) meningkatkan kemampuan menulis daftar rujukan makalah mahasiswa pengambil matakuliah Bahasa Indonesia Keilmuan Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UMM semester II 2012 dengan strategi peta pikiran. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan di kelas dengan tujuan meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam pembelajaran di kelas khususnya dalam bidang menulis. Penelitian tindakan kelas dipilih karena beberapa karakteristik. Pertama adanya permasalahan praktis yang ditemukan oleh pengajar yaitu masalah pembelajaran menulis makalah. Kedua PTK didasarkan pada masalah yang dihadapi pengajar dalam pembelajaran. Ketiga PTK mempersyaratkan pengajar mengumpulkan data dari apa yang telah dilakukannya sendiri (bukan bersumber dari orang lain). Keempat peneliti memberikan perlakuan yang berupa tindakan yang terencana untuk memecahkan permasalahan dan sekaligus meningkatkan kualitas yang dapat dirasakan implikasinya oleh subjek yang diteliti. Kelima PTK dilakukan dalam rangkaian langkah dengan beberapa siklus. Siklus penelitian tersebut memiliki pola perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Jenis data yang dikumpulkan penelitian ini adalah data hasil belajar mahasiswa secara individual berupa makalah. Prosedur pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah teknik observasi dokumentasi penugasan dan catatan lapangan. Nilai standar Kriteria Kelulusan Minimal (KKM) adalah 8805 60. Secara umum kemampuan menulis makalah mahasiswa pengambil matakuliah Bahasa Indonesia Keilmuan Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UMM semester II 2012 dapat ditingkatkan dengan strategi peta pikiran. Secara khusus kemampuan menulis makalah mahasiswa pengambil matakuliah Bahasa Indonesia Keilmuan Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UMM semester II 2012 pada aspek judul pendahuluan pembahasan penutup dan daftar rujukan dapat ditingkatkan dengan strategi peta pikiran. Aspek-aspek makalah yang sebelumnya tidak menarik menjadi menarik tidak lengkap menjadi lengkap tidak sesuai dengan isi makalah menjadi sesuai dengan isi makalah tidak runtut menjadi runtut tidak sesuai dengan penulisan ejaan bahasa Indonesia menjadi sesuai dengan penulisan ejaan bahasa Indonesia tidak sesuai dengan penulisan tanda baca bahasa Indonesia menjadi sesuai dengan penulisan tanda baca bahasa Indonesia tidak tepat dalam penggunaan pilihan kata menjadi tepat dalam penggunaan pilihan kata tidak efektif dalam penulisan kalimat menjadi efektif dan tidak padu antara paragraf yang satu dengan paragraf yang lainnya menjadi padu. Berdasarkan paparan di atas dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis makalah mahasiswa pengambil matakuliah Bahasa Indonesia Keilmuan Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UMM semester II 2012 dapat ditingkatkan dengan strategi peta pikiran. Hal itu dapat dilihat pada setiap tingkat kelulusan kemampuan menulis makalah mahasiswa pada aspek judul pendahuluan pembahasan penutup dan daftar rujukan meningkat. Beberapa saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini. Pertama hasil penelitian ini dapat digunakan dosen sebagai acuan untuk merancang pembelajaran yang mampu menumbuhkan kreativitas mahasiswa dalam mengembangkan potensi belajar khususnya menulis makalah dengan strategi peta pikiran. Kedua hasil penelitian ini dapat dijadikan acuan keberhasilan mahasiswa dalam menulis makalah dengan strategi peta pikiran. Ketiga hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan pertimbangan penulis dalam menulis makalah dengan strategi peta pikiran sehingga penulis lebih mudah dalam menulis judul pendahuluan pembahasan penutup dan daftar rujukan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Jul 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/57969 |
Actions (login required)
View Item |