Pengembangan multimedia interaktif untuk pembelajaran berbicara bagi siswa kelas IV Sekolah Dasar / Farida Yufarlina Rosita - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif untuk pembelajaran berbicara bagi siswa kelas IV Sekolah Dasar / Farida Yufarlina Rosita

Rosita, Farida Yufarlina (2013) Pengembangan multimedia interaktif untuk pembelajaran berbicara bagi siswa kelas IV Sekolah Dasar / Farida Yufarlina Rosita. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rosita Farida Yufarlina. 2013. Pengembangan Multimedia Interaktif untuk Pembelajaran Berbicara bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Tesis Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Imam Agus Basuki M.Pd (II) Dr. Roekhan M.Pd. Kata kunci pembelajaran berbicara multimedia pembelajaran 12288 12288 12288 12288 Berbicara merupakan hal yang penting karena digunakan sebagai bentuk komunikasi antarmanusia. Keterampilan berbicara sebagai salah satu keterampilan berbahasa sudah diajarkan sejak siswa duduk di bangku sekolah dasar. Akan tetapi siswa belum ikut berperan aktif dalam pembelajaran berbicara di kelas. Berkaitan dengan itu diperlukan pengembangan media pembelajaran sebagai alat atau sarana yang membantu siswa dalam penguasaan kompetensi berbicara yang khusus untuk kelas IV sekolah dasar. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbicara untuk siswa kelas IV sekolah dasar. Media pembelajaran tersebut berupa software (perangkat lunak) multimedia interaktif yang dilengkapi dengan panduan berupa buku cetak sebagai bahan pendukung dalam mengoperasikan media pembelajaran. 12288 12288 12288 12288 Pelaksanaan penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan yang merupakan dasar untuk mengembangkan produk yang dihasilkan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah gabungan model R2D2 (Recursive Reflective Design and Development) dan model pengembangan Dick and Carey dengan sifat saling melengkapi. 12288 12288 12288 Kegiatan validasi dilakukan agar mendapatkan produk yang maksimal. Validasi pertama dilakukan oleh tiga ahli dan satu praktisi (dosen sastra Indonesia Universitas Negeri Malang dosen PGSD Universitas Negeri Malang dosen Universitas Terbuka Surabaya dan guru SD Negeri 2 Sukosari) terhadap media pembelajaran. Analisis dari hasil validasi tersebut diperoleh rata-rata total nilai 90 25% untuk pengembangan media pembelajaran dari segi isi. Rata-rata total nilai untuk pengembangan media dari segi penyajian adalah 83 59% sedangkan untuk segi kelayakan bahasa adalah 90 18. 12288 12288 12288 Analisis selanjutnya diperoleh dari kegiatan uji coba lapangan terhadap siswa. Dari angket yang telah diberikan media pembelajaran dari segi isi mendapatkan penilaian 90%. Dari segi penyajian diperoleh nilai 85% sedangkan dari segi kelayakan bahasa diperoleh nilai 85%. Total keseluruhan skor terakhir setelah dijumlahkan adalah 87 33%. 12288 12288 12288 Hasil analisis kedua mengenai buku panduan penggunaan media diperoleh dari angket yang diberikan kepada para ahli dalam kegiatan validasi. Dari hasil analisis diperoleh rata-rata total nilai 92 5%. Berdasarkan kualifikasi yang telah ditentukan disimpulkan bahwa media pembelajaran ini memenuhi kualifikasi nilai 85 100%. Dengan demikian media ini sangat layak digunakan oleh siswa kelas IV SD Negeri 2 Sukosari Dagangan Madiun. 12288 12288 12288 12288 Saran-saran kepada guru bahasa Indonesia agar dapat menggunakan media pembelajaran ini sebagai alternatif media pembelajaran keterampilan berbicara sebagai sarana atau alat yang digunakan untuk mengantarkan siswa pada penguasaan kompetensi berbicara. Dengan media ini diharapkan pembelajaran menjadi lebih efektif dan bermakna. Selain itu siswa dapat lebih berperan aktif dalam pembelajaran berbicara. Saran bagi penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran lebih lanjut karena media seperti ini dapat mengaktifkan kelas dan membuat pembelajaran menjadi semakin menarik dan bermakna. Selain itu penelitian serupa dapat dilakukan pada keterampilan berbahasa yang lain serta media ini dapat digunakan peneliti lain sebagai bahan pertimbangan untuk melakukan penelitian pada kompetensi berbicara yang lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57968

Actions (login required)

View Item View Item