Peningkatan aktivitas dan kemampuan memahami isi bacaan melalui pembelajaran berbasis masalah dengan teknik diskusi kelompok pada siswa kelas X SMK Farmasi Maharani Malang / Yakobus Paluru - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan aktivitas dan kemampuan memahami isi bacaan melalui pembelajaran berbasis masalah dengan teknik diskusi kelompok pada siswa kelas X SMK Farmasi Maharani Malang / Yakobus Paluru

Paluru, Yakobus (2013) Peningkatan aktivitas dan kemampuan memahami isi bacaan melalui pembelajaran berbasis masalah dengan teknik diskusi kelompok pada siswa kelas X SMK Farmasi Maharani Malang / Yakobus Paluru. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Paluru Yakobus 2013. Peningkatan Aktivitas dan Kemampuan Memahami Isi Bacaan melalui Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Teknik Diskusi Kelompok pada Siswa Kelas X SMK Farmasi Maharani Malang. Tesis Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Imam Suyitno M.Pd. (2) Dr. Roekhan M.Pd. Kata Kunci pembelajaran isi bacaan diskusi kelompok Memahami isi bacaan merupakan salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh siswa kelas X SMK. Berdasarkan orientasi awal siswa kelas X SMK Farmasi Maharani Malang belum menguasai kompetensi dasar tersebut secara tuntas. Sebagian besar siswa dalam kelas bersikap pasif dan memperoleh nilai membaca di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM). Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan siswa dalam memahami informasi yang ada dalam bacaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Penggunaan metode penelitian tersebut didasarkan bahwa untuk memaparkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa sebagai hasil tindakan perbaikan dalam pembelajaran. Dalam proses penelitian peneliti cukup menggunakan dua siklus karena sudah dapat mencapai hasil yang dihrapkan yakni meningkatkan keaktifan dan kemampuan memahami isi bacaan melalui pembelajaran berbasis masalah dengan teknik diskusi kelompok siswa kelas X SMK Farmasi Maharani Malang. Penelitian ini dilakukan di SMK farmasi Maharani malang yang berlokasi di Jl. Brawijaya I no. 44 Malang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Farmasi Maharani Malang dalam pembelajaran bahasa Indonesia dengan jumlah siswa dalam kelas sebayakan 25 orang. Sebagai subjek penelitian sebagian besar siswa tersebut mengalami masalah memahami isi bacaan baik dari segi keaktifan belajar maupun hasil belajar. Data penelitian ini ada dua macam yakni (1) data proses belajar siswa dan (2) data hasil belajar siswa. Data proses belajar berupa data kualitatif yang menggambarkan aktivitas belajar siswa dalam melakukan pembelajaran memahami informasi tertulis melalui strategi berbasis masalah dengan teknik diskusi kelompok. Data hasil belajar berupa data kuantitatif yakni skor hasil tes kemampuan siswa dalam memahami informasi tertulis. Data proses belajar belajar siswa bersumber dari catatan lapangan hasil pengamatan dan catatan hasil wawancara dengan siswa yang dilakukan pada saat refleksi. Semantara itu data hasil belajar siswa bersumber dari hasil penilaian guru terhadap jawaban siswa dalam memecahkan persoalan yang ada pada lembar tes membaca pemahaman. Data penelitian berupa data proses belajar siswa dan data hasil belajar siswa yang diperoleh dari proses pembelajaran serta data hasil tindakan di kelas. Pengumpulan data tersebut peneliti menggunakan tiga macam instrument (1) instrumen untuk melakukan tindakan pembelajaran berupa rencana perbaikan pembelajaran (2) panduan pertanyaan wawancara (3) soal tes dalam bentuk pertanyaan yang terwujud dalam lembar soal tes. Analisis data dalam penelitian ini dibedakan dalam dua cara yakni pengolahan data aktifitas belajar siswa selama proses pembelajaran dan pengolahan data hasil belajar yang menggambarkan kemampuan siswa dalam memahami informasi tertulis. Data aktifitas belajar siswa merupakan data kualitatif dan dianalisis secara kualitatif sedangkan hasil belajar siswa yang berupa skor/angka diolah secara kuantitatif dengan menggunakan teknik statistik deskriftif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan memahami informasi tertulis siswa kelas X SMK Farmasi Maharani Malang telah meningkat setelah mendapatkan pengalaman belajar melalui strategi berbasis masalah dengan teknik diskusi kelompok. Terjadinya peningkatan aktivitas tersebut disebabkan oleh munculnya motivasi dan minat siswa yang dibangun melalui strategi pembelajaran berbasis masalah dengan teknik diskusi kelompok. Peningkatan aktivitas tersebut disebabkan oleh adanya penyesuaian pembelajaran dengan kebutuhan siswa yang berkaitan dengan topik materi bacaan yang digunakan dalam pembelajaran dan kebiasaan serta gaya belajar yang dilakukan oleh siswa Akhirnya saran dikemukakan sebagai berikut. Pertama kepada guru bahasa Indonesia kelas X SMK Farmasi Maharani Malang disampaikan bahwa pembelajaran berbasis masalah dengan teknik diskusi kelompok memberikan pengalaman belajar yang signifikan kepada siswa terutama dalam pembelajaran memahami informasi tertulis. Kedua kepada pihak sekolah disarankan agar memberikan fasilitas dan media yang memadai untuk pembelajaran bahasa Indonesia yang terkait dengan bacaan yang berkaitan dengan kefarmasian. Ketiga kepada siswa SMK Farmasi Maharani Malang melalui strategi pembelajaran berbasis masalah dengan teknik diskusi dapat memberikan perubahan pola pikir dan hasil belajar yang maksimal.. Keempat kepada peneliti lanjutan agar menggunakan informasi dari temuan penelitian ini sebagai bahan rujukan untuk penelitian yang sejenis.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57965

Actions (login required)

View Item View Item