Gambaran kesadaran moral anak pada cerpen majalah Bobo edisi 2010 / Angga Ramses Wijakangka - Repositori Universitas Negeri Malang

Gambaran kesadaran moral anak pada cerpen majalah Bobo edisi 2010 / Angga Ramses Wijakangka

Wijakangka, Angga Ramses (2013) Gambaran kesadaran moral anak pada cerpen majalah Bobo edisi 2010 / Angga Ramses Wijakangka. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci moral kesadaran moral semiotika cerpen anak Dalam sastra anak terkandung unsur moral yang dapat membentuk sikap dan kepribadian anak. Sastra anak dapat menanamkan nilai-nilai karakter dan juga menggugah imajinasi kreativitas anak sebab sastra mengajak berpikir kritis melalui rasa penasaran akan jalan cerita dan metafora-metafora kehidupan anak yang terdapat di dalamnya. Hal itu melatarbelakangi penelitian ini. Permasalahan yang diteliti adalah (1) bagaimanakah gambaran bentuk dan makna kesadaran moral anak yang berorientasi pada kepatuhan hukuman (2) bagaimanakah gambaran bentuk dan makna kesadaran moral anak yang berorientasi pada relativis instrumental (3) bagaimanakah gambaran bentuk dan makna kesadaran moral anak yang berorientasi pada konformitas interpersonal. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan telaah deskriptif analitis mengenai gambaran kesadaran moral anak pada cerpen majalah Bobo yang tercitra pada tindakan atau perbuatan tokoh anak. Data penelitian diperoleh dari cerita anak dalam majalah Bobo edisi 2010. Data berupa kutipan-kutipan (monolog dialog dan narasi) teks cerpen yang diindikasikan bermuatan kesadaran moral anak. Teknik pengumpulan data menggunakan telaah dokumentasi. Prosedur analisis data dilakukan tiga tahap yaitu menganalisis data menginterpretasi data dan menguji keabsahan data. Kajian kedalaman makna diterapkan semiotika Barthes dengan sistem lima kode yakni kode proaretik hermeneutik simbolis gnomik dan semis. Hasil penelitian menunjukkan temuan tentang gambaran kesadaran moral anak pada cerpen majalah Bobo edisi 2010 sebagai berikut. Bentuk kesadaran moral orientasi kepatuhan hukuman Kesadaran moral ditanamkan orang tua pada anak yakni mematuhi anjuran orang tua Kesadaran moral ditanamkan ibu pada anak yakni mengikut sudut pandang ibu kesadaran moral ditanamkan ibu pada anak yaitu mematuhi nasihat ibu dan kepatuhan murid pada aturan berbuat baik ditentukan oleh guru karena hukuman. Maknanya yakni berani melawan rasa takut jurum suntik ketika berobat demi kesehatan pertahankan cita-cita meskipun banyak halangan lebih baik terbiasa menabung uang receh daripada membuangnya dan terbiasa berbuat baik di keseharian. Bentuk kesadaran moral orientasi relativitas instrumental dipahami pada kakak memarahi adik tanpa peduli alasan dia menjual barang ayah demi kebutuhan diri sendiri mengusili teman untuk kesenangan cara bermain bola yang baik yakni mencederai kawan sendiri membawa lari mangga milik orang lain HP temuan tidak dikembalikan ke pemilik. Maknanya yaitu kakak tidak langsung menghakimi adik sebelum tahu kejelasan alasan perbutan berani bertanggung jawab dengan kesalahan yang diperbuat senang mengganggu orang lain maka nanti akan mendapat balasan dan menemukan suatu barang yang bukan milik kita harus dikembalikan. Bentuk kesadaran moral orientasi konformitas interpersonal dipahami pada membuat nyaman teman di situasi kelompok belajar meyakinkan maksud baik pada teman yang tidak suka meringankan pikiran teman membantu kesulitan tetangga meminta maaf dengan apa yang ia perbuat untuk meyakinkan maksud baik menyenangkan teman dengan memberi barang sebagai motif perbuatan baik memberi kado untuk menyenangkan teman yang berulang tahun meminta maaf kepada teman karena melupakannya dan meminta maaf karena berburuk sangka. Maknanya ialah hargai teman dahulu sebelum dihargai kembali dukung kesuksesan teman dan tidak boleh iri hati perbuatan baik itu akan membuahkan hasil yang baik pula dan tidak berprasangka buruk kepada teman dan tidak melupakan teman. Kepada para pengajar diharapkan hasil penelitian sastra anak digunakan sebagai bahan bacaan yang dapat digunakan untuk membentuk kepribadian anak-anak.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Apr 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57960

Actions (login required)

View Item View Item