Peningkatan kemampuan menulis makalah mahasiswa jurusan Biologi Fakultas Tarbiyah IAIN Ambon dengan strategi pemodelan / Nur Apriani Nukuhaly - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menulis makalah mahasiswa jurusan Biologi Fakultas Tarbiyah IAIN Ambon dengan strategi pemodelan / Nur Apriani Nukuhaly

Nukuhaly, Nur Apriani (2013) Peningkatan kemampuan menulis makalah mahasiswa jurusan Biologi Fakultas Tarbiyah IAIN Ambon dengan strategi pemodelan / Nur Apriani Nukuhaly. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci peningkatan kemampuan menulis makalah strategi pemodelan. Kemampuan menulis makalah merupakan hal yang penting dikuasai pembelajar khususnya mahasiswa karena budaya menulis makalah adalah budaya orang terpelajar dan intelek. Pernyataan tersebut dapat diartikan bahwa membudayakan menulis makalah bagi mahasiswa adalah dalam rangka meningkatkan mutu dan kualitas sumber daya manusia yang ada di perguruan tinggi. Ada lima aspek penting yang harus diperhatikan oleh seorang penulis makalah yaitu judul pendahuluan pembahasan penutup dan daftar rujukan bahkan kelima aspek tersebut sudah mencakup isi dan bahasa. Aspek isi meliputi kemenarikan kesesuaian keruntutan kelengkapan dan aspek bahasa meliputi ejaan tanda baca pilihan kata/diksi keefektifan kalimat dan kepaduan paragraf. Kompleksitas aspek menulis tersebut yang membuat kesulitan dosen untuk menjelaskan kepada mahasiswa. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengatasi masalah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah (1) meningkatkan kemampuan menulis makalah mahasiswa Jurusan Biologi Fakultas Tarbiyah IAIN Ambon pada aspek penulisan judul dengan strategi pemodelan (2) meningkatkan kemampuan menulis makalah mahasiswa Jurusan Biologi Fakultas Tarbiyah IAIN Ambon pada aspek penulisan pendahuluan dengan strategi pemodelan (3) meningkatkan kemampuan menulis makalah mahasiswa Jurusan Biologi Fakultas Tarbiyah IAIN Ambon pada aspek penulisan pembahasan dengan strategi pemodelan (4) meningkatkan kemampuan menulis makalah mahasiswa Jurusan Biologi Fakultas Tarbiyah IAIN Ambon pada aspek penulisan penutup dengan strategi pemodelan (5) meningkatkan kemampuan menulis makalah mahasiswa Jurusan Biologi Fakultas Tarbiyah IAIN Ambon pada aspek penulisan daftar rujukan dengan strategi pemodelan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK/classroom action research). Penelitian tindakan kelas adalah penelitian yang dilakukan di kelas dengan tujuan untuk memperbaiki/meningkatkan mutu praktik pembelajaran mengatasi masalah pembelajaran meningkatkan profesionalisme dan menumbuhkan budaya akademik. Data penelitian ini terdiri atas produk (hasil). Data hasil berupa data hasil observasi dan pada saat pengamatan pendahuluan serta setiap hasil akhir siklus. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi studi observasi/pengamatan dokumentasi dan tugas. Pengumpulan data tersebut berpedoman pada pedoman observasi dan rubrik penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum dengan strategi pemodelan kemampuan menulis makalah mahasiswa meningkat. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari pencapaian ketuntasan setiap subaspek menulis makalah pada setiap siklus. Pada aspek judul subaspek kemenarikan (74% menjadi 79%) kesesuaian (69% menjadi 70%) ejaan ( 70% menjadi 71%) dan pilihan kata ( 67% menjadi 77%). Pada aspek pendahuluan subaspek kesesuaian (67% menjadi 71%) keruntutan (72% menjadi 74%) kelengkapan (74% menjadi 75%) ejaan (72% menjadi 80%) tanda baca (66% menjadi 69%) pilihan kata/diksi (74% menjadi 75%) keefektifan kalimat (74% menjadi 76%) dan kepaduan paragraf (69% menjadi 71%). Pada aspek pembahasan subaspek kesesuaian (70% menjadi 75%) keruntutan (74% menjadi 80%) kelengkapan (75% menjadi 77%) ejaan (67% menjadi 70%) tanda baca (72% menjadi 76%) pilihan kata/diksi (72% menjadi 74%) keefektifan kalimat (71% menjadi 75%) dan kepaduan paragraf (72% menjadi 74%). Pada aspek penutup subaspek kesesuaian (71% menjadi 72%) kelengkapan (72% menjadi 74%) ejaan (70% menjadi 75%) tanda baca (70% menjadi 72%) pilihan kata/diksi (70% menjadi 71%) keefektifan kalimat (72% menjadi 74%) dan kepaduan paragraf (72% menjadi 74%). Pada aspek daftar rujukan subaspek ejaan (70% menjadi 74%) tanda baca (70% menjadi 72%) kesesuaian (71% menjadi 72%) dan kelengkapan (69% menjadi 72%) Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dalam penelitian penulisan makalah dengan menggunakan strategi pemodelan maka dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan pada kemampuan menulis makalah mahasiswa Jurusan Biologi Fakultas Tarbiyah IAIN Ambon dengan menerapkan strategi pemodelan . Peningkatan tersebut terlihat pada meningkat dan bertambahnya nilai rata-rata keberhasilan aspek penulisan judul aspek penulisan pendahuluan aspek penulisan pembahasan aspek penulisan penutup dan aspek penulisan daftar rujukan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kemampuan menulis makalah mahasiswa dapat ditingkatkan melalui strategi pemodelan. Kemampuan menulis makalah mahasiswa yang meningkat adalah aspek isi dan bahasa yang meliputi judul pendahuluan pembahasan penutup dan daftar rujukan. Saran bagi dosen hendaknya (1) doesen menerapkan strategi pemodelan pada materi yang berhubungan dengan menulis makalah dan (2) dosen menerapkan strategi pemodelan dengan menggunakan sarana pembelajaran dengan baik. Bagi peneliti lain disarankan untuk mengembangkan kajian penelitian ini pada jurusan perguruan tinggi dan jenjang pendidikan yang berbeda serta komponen bahasa yang lain atau mata pelajaran lain yang memiliki karakter sama dengan bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Feb 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57958

Actions (login required)

View Item View Item