Pengembangan bahan ajar membaca sastra berbasis kecerdasan spiritual bagi siswa sekolah dasar / Prima Vidya Asteria - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar membaca sastra berbasis kecerdasan spiritual bagi siswa sekolah dasar / Prima Vidya Asteria

Asteria, Prima Vidya (2013) Pengembangan bahan ajar membaca sastra berbasis kecerdasan spiritual bagi siswa sekolah dasar / Prima Vidya Asteria. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pengembangan bahan ajar membaca sastra kecerdasan spiritual. Kehidupan siswa dihadapkan pada berbagai persoalan hidup yang kompleks. Semua itu sesungguhnya merupakan permasalahan spiritual. Oleh karena itu kecerdasan spiritual yang dimiliki setiap siswa harus dikembangkan agar siswa dapat tumbuh menjadi pribadi yang memiliki kepribadian baik dan luhur. Sementara itu salah satu tujuan pembelajaran sastra juga untuk membentuk karakter siswa menjadi pribadi yang berkarakter luhur. Dengan demikian pembelajaran sastra dapat dilakukan sebagai sarana untuk mengembangkan kecerdasan spiritual siswa. Berdasarkan paparan pada bagian latar belakang tersebut maka tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar membaca sastra berbasis kecerdasan spiritual bagi siswa SD. Adapun tujuan khusus penelitian ini adalah (1) mengembangkan bahan ajar membaca pantun berbasis kecerdasan spiritual bagi siswa SD (2) mengembangkan bahan ajar membaca puisi berbasis kecerdasan spiritual bagi siswa SD (3) mengembangkan bahan ajar membaca cerita anak berbasis kecerdasan spiritual bagi siswa SD dan (4) mengembangkan bahan ajar membaca teks drama anak berbasis kecerdasan spiritual bagi siswa SD. Untuk mencapai tujuan penelitian di atas digunakan rancangan penelitian yang diadaptasi dari model pengembangan R2D2. Model R2D2 memiliki tiga fokus yaitu fokus definisi (define focus) fokus desain dan pengembangan (design and development) dan fokus desiminasi (dissemination focus). Produk hasil pengembangan selanjutnya diujicobakan untuk mengetahui kelayakan produk yakni melalui tiga kelompok uji yang meliputi (1) uji ahli yakni ahli pembelajaran sastra ahli kecerdasan spiritual dan ahli media (2) uji praktisi yakni guru dan (3) uji siswa SD kelas IV V dan VI SDN Margomulyo 1 Ngawi. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini yaitu bahan ajar membaca sastra berbasis kecerdasan spiritual bagi siswa SD. Produk ini telah mengalami proses penyempurnaan dan uji coba sehingga menghasilkan produk yang memenuhi kriteria. Berdasarkan hasil uji coba maka dapat ditarik kesimpulan dari produk yang dihasilkan berikut. Bahan ajar merupakan perwujudan dari skenario pembelajaran. Bahan ajar yang dikembangkan dikemas dalam bentuk buku disajikan secara menarik dan sistematis dengan menggunakan bahasa serta ilustrasi yang mendukung siswa dalam mempelajari kompetensi membaca sastra. Wujud dari bahan ajar yang dikembangkan yaitu pendahuluan isi dan penutup. Bagian pendahuluan bahan ajar berisi sampul kata pengantar program pembelajaran petunjuk penggunaan daftar isi. Halaman pendahuluan bertujuan untuk mempersiapkan siswa dalam membaca sastra. Bagian isi berisi pengantar teori contoh latihan rangkuman kenali dirimu dan renungkan pesan ini. Bagian isi bertujuan untuk mencapai indikator dari kompetensi dasar membaca sastra. Bagian penutup berisi daftar rujukan dan glosarium. Daftar rujukan memuat sejumlah daftar buku yang dapat dijadikan rujukan pembaca untuk lebih memperdalam kegiatan pembelajaran. Bahan ajar ini telah melalui serangkaian uji coba yaitu pada ahli pembelajaran sastra ahli kecerdasan spiritual ahli sastra anak praktisi dan siswa. Dari keseluruhan uji yang dilakukan diperoleh masukan dan saran sebagai dasar pertimbangan melakukan revisi. Berdasarkan hasil pengembangan ini maka dapat diketahui kelayakan bahan ajar yang dikembangkan. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa bahan ajar yang dihasilkan layak diimplementasikan dalam pembelajaran membaca sastra di SD. Saran-saran guru mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia agar dapat menggunakan produk sebagai rambu-rambu yang dapat diterapkan di lapangan. Melalui pengenalan produk bahan ajar membaca sastra yang dihasilkan diharapkan situasi pembelajaran membaca sastra menjadi lebih menarik dan aplikatif. Saran bagi penyusun bahan ajar disarankan untuk mengembangkan prosedur yang telah ditempuh dalam penyusunan bahan untuk membuat buku teks pelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Prosedur perlu ditempuh sebagai dasar penyusunan buku teks yang sesuai dengan kondisi lapangan dan relevan dengan kebutuhan siswa. Saran bagi penelitian ini dapat menyusun bahan ajar pada keterampilan berbahasa yang lain dan bahan ajar yang dikembangkan pada penelitian ini dapat digunakan peneliti lain sebagai bahan pertimbangan untuk melakukan penelitian pada kompetensi membaca yang lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57955

Actions (login required)

View Item View Item