Manajemen sekolah berstandar nasional (studi multisitus pada SD Negeri Punten 01 dan SD Negeri Sisir 05 Kota Batu) / Mahmudah - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen sekolah berstandar nasional (studi multisitus pada SD Negeri Punten 01 dan SD Negeri Sisir 05 Kota Batu) / Mahmudah

Mahmudah (2012) Manajemen sekolah berstandar nasional (studi multisitus pada SD Negeri Punten 01 dan SD Negeri Sisir 05 Kota Batu) / Mahmudah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci manajemen pendidikan manajemen sekolah berstandar nasional Dengan diberlakukannya Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan dan Peraturan Pemerintah Indonesia Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah mengisyaratkan kepada penyelenggara pendidikan formal berkewajiban melakukan pengelolaan dan pengembangan satuan pendidikan yang dipimpin dengan mengacu pada manajemen sekolah berstandar nasional khususnya yang berkaitan dengan perencanaan program kerja pengorganisasian kepemimpinan dan evaluasi kinerja sekolah. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan perencanaan program kerja dalam pengelolaan dan pengembangan pendidikan (2) mendeskripsikan pengorganisasian sekolah dalam pengelolaan dan pengembangan pendidikan (3) mendeskripsikan kepemimpinan sekolah dalam pengelolaan dan pengembangan pendidikan dan (4) mendeskripsikan evaluasi kinerja sekolah dalam pengelolaan dan pengembangan pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan rancangan multisitus. Lokasi penelitian ini adalah di SD Negeri Punten 01 dan SD Negeri Sisir 05 Kota Batu. Sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah dalam hal ini sebagai informan kunci (key informan) guru dan bahan-bahan dokumentasi. Unit analisis penelitian ini adalah data dan/atau informasi yang berkaitan dengan fokus utama penelitian ini. Pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara observasi (pengamatan) dan dokumentasi yang relevan. Dalam penelitian ini peneliti sebagai instrumen utama dalam pengumpulan data dengan menggunakan lembar wawancara dan catatan lapangan. Analisis data penelitian dilakukan dengan menggunakan siklus model interaktif yang terdiri dari tiga alur kegiatan yang dilakukan secara bersamaan yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Dengan demikian dapat meyakinkan kredibilitas temuan penelitian. Hasil penelitian pada multisitus menunjukkan bahwa secara umum pelaksanaan manajemen sekolah berstandar nasional pada SD Negeri Punten 01 dan SD Negeri Sisir 05 Kota Batu dalam pengelolaan dan pengembangan pendidikan terdapat kesamaan penerapan fungsi manajemen melalui tahapan-tahapan proses yaitu (1) Perencanaan program kerja sekolah melakukan analisis SWOT terhadap komponen-komponen pengembangan sekolah merumuskan kerangka program pengembangan sekolah meliputi rencana strategis (renstra) program kerja tahunan dan program lain yang lebih spesifik. Menyusun kebijakan operasional dan menetapkan indikator-indikator evaluasi kinerja sekolah (2) Pengorganisasian sekolah menetapkan struktur organisasi sekolah analisis pekerjaan dan uraian tugas sesuai dengan bidang kegiatan dalam organisasi. Menentukan guru dan staf/tenaga administrasi yang diberi tugas dalam struktur organisasi sekolah. Melakukan pengawasan (monitoring) dan supervisi terhadap pelaksanaan tugas guru serta staf/tenaga administrasi (3) Kepemimpinan sekolah mendorong dan memotivasi para guru staf/tenaga administrasi siswa orang tua/wali siswa dan komite sekolah untuk menyukseskan terlaksananya program sekolah. Menetapkan kebijakan sekolah dan melakukan pembinaan guru serta staf /tenaga administrasi. Menciptakan suasana lingkungan sekolah yang sehat tertib disiplin komunikatif dan terjalinnya hubungan kerja yang baik dan kondusif. Melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan kegiatan sekolah dan memberikan apresiasi berupa penghargaan bagi guru serta staf/tenaga administrasi yang berprestasi (4) Evaluasi kinerja sekolah melakukan evaluasi kinerja sekolah mencakup semua bidang kegiatan sekolah dengan menggunakan indikator-indikator yang ditetapkan. Melaporkan hasil evaluasi kinerja sekolah kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Dinas Pendidikan Kota Batu untuk mendapatkan penilaian dan kelayakan program pendidikan atau akreditasi. Hasil penilaian pemerintah bahwa masing-masing sekolah memperoleh pengakuan akreditasi. Berdasarkan temuan penelitian ini disarankan (1) Bagi sekolah dalam hal ini SD Negeri Punten 01 dan SD Negeri Sisir 05 Kota Batu yaitu (a) Dalam perencanaan program kerja sekolah baik rencana strategis (Renstra) program kerja tahunan maupun program lainnya hendaknya diseertai rencana anggaran pembiayaan dan sumber dana yang diperlukan untuk setiap kegiatan yang direncanakan (b) Dalam pengorganisasian sekolah khususnya penempatan atau penugasan guru dan staf/tenaga administrasi dalam struktur organisasi sekolah setiap periode tertentu perlu adanya rotasi/perputaran posisi bidang kegiatan sesuai dengan keahlian yang dimiliki (c) Dalam kepemimpinan sekolah khususnya berkaitan dengan pembinaan dan pemberdayaan guru dan staf/tenaga administrasi perlu ada peningkatan kualifikasi dan kompetensi pendidikan ke arah yang lebih baik sesuai dengan kebutuhan sekolah serta tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEKS) yang semakin pesat (d) Dalam evaluasi kinerja sekolah hendaknya tidak hanya dilakukan secara formal pada setiap akhir semester dan/atau pada akhir tahun pelajaran saja tetapi juga perlu dilakukan melalui tindakan pengawasan (monitoring) secara efektif dan berkelanjutan terhadap kegiatan-kegiatan sekolah yang sedang berlangsung (2) Bagi Pemerintah Kota Batu dalam hal ini Dinas Pendidikan Kota Batu hendaknya lebih proaktif dan intensif dalam melakukan pembinaan terhadap sekolah-sekolah yang ada di wilayahnya baik segi fisik maupun non fisik agar setiap sekolah dalam mewujudkan visi misi dan tujuan pendidikan dapat berkembang secara baik dan efektif (3) Bagi Pengembangan Ilmu Pengetahuan khususnya ilmu pengetahuan manajemen pendidikan hendaknya hasil penelitian ini digunakan sebagai bahan inspirasi dan motivasi dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan manajemen pendidikan dan/atau ilmu pendidikan pada umumnya di sekolah-sekolah (4) Bagi peneliti lain hendaknya hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan rujukan (referensi) dalam rangka melakukan penelitian sejenis.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Nov 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57952

Actions (login required)

View Item View Item