Preposisi pada karangan mahasiswa BIPA asal Thailand tingkat pemula Universitas Walailak angkatan 2010 / Sainee Tamphu - Repositori Universitas Negeri Malang

Preposisi pada karangan mahasiswa BIPA asal Thailand tingkat pemula Universitas Walailak angkatan 2010 / Sainee Tamphu

Tamphu, Sainee (2012) Preposisi pada karangan mahasiswa BIPA asal Thailand tingkat pemula Universitas Walailak angkatan 2010 / Sainee Tamphu. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci preposisi BIPA mahasiswa Thailand tingkat pemula. Mahasiswa asal Thailand yang menggunakan bahasa Thai sebagai bahasa pertama dan bahasa nasional semakin banyak mempelajari bahasa Indonesia sebagai bahasa asing. Tuturan bahasa pertama berpengaruh pada proses pembelajaran bahasa asing yaitu bahasa Indonesia. Mahasiswa Thai mengalami kesulitan dalam proses belajar bahasa Indonesia karena bahasa Indonesia merupakan bahasa yang tidak mereka gunakan dalam keseharian. Oleh karena itu banyak hambatan dan kesulitan ketika mereka mempelajarinya. Kesulitan terjadi antara lain pada wujud preposisi bahasa Indonesia ketepatan menggunakan preposisi dan hambatan-hambatan yang berpengaruh pada penulisan mereka. Sehubungan dengan penjelasan tersebut yang berkaitan dengan preposisi dalam karangan mahasiswa terdapat tujuan penelitian untuk mengetahui (1) wujud preposisi dalam karangan mahasiswa (2) jenis kesalahan preposisi dalam karangan mahasiswa dan (3) faktor penyebab kesalahan preposisi dalam karangan mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus tunggal. Data penelitian berupa wujud preposisi pada karangan mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah teknik observasi dan teknik dokumentasi. Instrumen utama dalam penelitian ini ialah peneliti sendiri yang dibantu oleh instrumen pendukung berupa tes menulis karangan dan dokumentasi yang berupa buku catatan harian.Analisis data dilakukan dengan mengidentifikasi data mengklasifikasi data mendeskripsikan hasil klasifikasi data dan menganalisis data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara ketekunan pengamatan triangulasi data dan pemeriksaan teman sejawat melalui diskusi. Tahap penelitian dibagi menjadi tahap observasi tahap pengumpulan data dan tahap analisis data. Hasil penelitian menunjukkan beberapa temuan berikut. Pertama wujud preposisi dalam karangan mahasiswa dalam bentuk preposisi tunggal dan preposisi gabungan yang berupa wujud preposisi dalam telah digunakan sebanyak 15% preposisi ke digunakan sebanyak 20% preposisi di digunakan sebanyak 45% preposisi kepada digunakan sebanyak 15% dan preposisi sampai dengan digunakan sebanyak 5% dalam karangan. Kedua jenis kesalahan preposisi yang ditemukan dari temuan dapat disimpulkan bahwa kesalahan preposisi secara semantis dibagi menjadi empat yaitu (1) preposisi sebagai penanda hubungan tempat (2) preposisi sebagai penanda hubungan waktu (3) preposisi sebagai penanda hubungan peruntukan dan (4) kesalahan pemilihan kata. Kesalahan preposisi secara morfologis dibagi menjadi dua macam yaitu (1) kesalahan ambigu dan (2) kesalahan penempatan preposisi. Kesalahan preposisi secara sintaksis dapat dibagi menjadi enam macam yaitu (1) penggunaan preposisi tidak tepat (2) kalimat yang tidak bersubjek karena penempatan preposisi di bagian awal (3) penggunaan preposisi yang berlebihan dan (4) kesalahan ambigu pada tingkat leksikal. Ketiga faktor penyebab kesalahan preposisi dalam karangan mahasiswa BIPA asal Thailand dapat dikelompokkan sebagai berikut (1) pengaruh bahasa pertama (2) tingkat kompetensi (3) pengaruh bahan ajar dan materi pembelajaran dan (4) pengalaman belajar bahasa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut beberapa saran dapat dikemukakan kepada beberapa pihak. Pertama mahasiswa BIPA yang mempelajari bahasa Indonesia untuk memperbanyak proses pemerolehan bahasa dan pembelajaran melalui media pembelajaran lain. Mahasiswa dapat memperbanyak latihan menulis bahasa yang baku maupun tidak baku agar lebih cepat memahami dan mengusai cara menggunakan preposisi dengan tepat pada karangan bahasa Indonesia. Kedua para pengambil kebijakan agar dapat menyediakan dukungan untuk memperbaiki materi maupun proses pembelajaran dalam kelas agar kualitas mahasiswa yang berminat mempelajari bahasa Indonesia semakin meningkat. Selain itu perbaikan lingkungan kelas juga perlu dilakukan agar lebih mendukung proses pembelajaran. Ketiga para dosen BIPA di Universitas Walailak agar mengetahui pencapaian belajar para mahasiswa program BIPA tingkat pemula sesudah belajar secara khusus mengenai preposisi dalam bahasa yang sedang dipelajari. Sehubungan dengan penjelasan tersebut untuk lebih memperkuat mahasiswa mengenai cara dan kaidah-kaidah bahasa Indonesia yang baku dan penulisan baku dalam bahasa Indonesia pada aspek tata bahasa Indonesia terutama dalam wujud preposisi pada karangan mahasiswa pengajar perlu menyampaikan materi dengan cara yang mudah dikuasai oleh mahasiswa. Keempat peneliti selanjutnya dapat meneliti atau membandingkan antara preposisi di dalam bahasa Indonesia dengan bahasa Thailand yakni dalam hal wujud dan perbedaan preposisi antara kedua bahasa tersebut agar penelitian tersebut lebih mendalam.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Sep 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57949

Actions (login required)

View Item View Item