Meningkatkan teknik berbicara siswa kelas V SD Insan Amanah Malang dengan metode bermain drama / Suhardini Nurhayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan teknik berbicara siswa kelas V SD Insan Amanah Malang dengan metode bermain drama / Suhardini Nurhayati

Nurhayati, Suhardini (2012) Meningkatkan teknik berbicara siswa kelas V SD Insan Amanah Malang dengan metode bermain drama / Suhardini Nurhayati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keywords teknik berbicara metode bermain drama Dalam Kurikulum KTSP memerankan tokoh drama sesuai dengan lafal intonasi dan ekspresi yang tepat merupakan kompetensi dasar yang harus diajarkan kepada siswa kelas V SD. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara diketahui bahwa teknik berbicara siswa kelas V SD Insan Amanah Malang kurang diminati bahkan dijauhi oleh siswa karena strategi yang digunakan guru kurang menarik. Untuk mengatasi masalah tersebut dipilihlah salah satu strategi yang efektif untuk memotivasi siswa dalam bermain drama yaitu metode bermain drama. Metode bermain drama adalah suatu aktivitas yang berdasarkan pada teknik yang dipergunakan oleh aktor pada pelatihan mereka. Dengan metode bermain drama siswa diberikan kesempatan untuk mempergunakan kepribadian mereka sendiri dalam penciptaan materi/bahan sebagai dasar pada pembelajaran bahasa. Metode bermain drama menumbuhkan kemampuan alami setiap siswa untuk meniru mimik dan mengekspresikan diri melalui gesture dan ekspresi wajah. Metode bermain drama bersifat dramatis sebab membangkitkan daya tarik kita yang menumbuhkan kekuatan pembangkitan yang tidak dapat diramalkan ketika seseorang bergabung dengan yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan teknik penggunaan lafal intonasi dan ekspresi yang tepat sesuai peran. Data penelitian ini berupa data proses dan hasil tindakan yaitu hasil observasi kumpulan catatan lapangan dan dokumentasi. Sumber data penelitian adalah hasil kerja siswa berupa kartu struktur dan naskah drama. Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu melalui format observasi format catatan lapangan dan kartu struktur dan naskah drama. Analisis data yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan ketekunan pengamatan dan pemeriksaan teman sejawat. Berdasarkan temuan penelitian ini secara umum dapat disimpulkan bahwa pembelajaran teknik berbicara melalui metode bermain drama siswa kelas V SD Insan Amanah Malang terbukti meningkat. Pada siklus 1 mulai terjadi peningkatan teknik berbicara siswa terutama yang berkaitan dengan lafal intonasi dan ekspresi. Untuk aspek lafal sebanyak 32% siswa sudah mencapai KKM sedangkan 68% belum mencapai KKM. Pada aspek intonasi sebanyak 50% siswa sudah mencapai KKM sedangkan yang 50% belum mencapai KKM. Pada aspek ekspresi sebanyak 32% siswa sudah mencapai KKM sedangkan 68% belum mencapai KKM. Pada siklus 2 setelah dilakukan evaluasi dan refleksi siklus 1 maka terjadi peningkatan yang signfikan terhadap teknik berbicara siswa terutama yang berkaitan dengan lafal intonasi dan ekspresi. Untuk aspek lafal sebanyak 90% siswa sudah mencapai KKM sedangkan 10% belum mencapai KKM. Pada aspek intonasi sebanyak 92% siswa sudah mencapai KKM sedangkan yang 8% belum mencapai KKM. Pada aspek ekspresi sebanyak 92% siswa sudah mencapai KKM sedangkan 8% belum mencapai KKM. Melalui perbandingan siklus 1 dengan siklus 2 diperoleh hasil bahwa terjadi peningkatan teknik berbicara siswa kelas V SD Insan Amanah Malang melalui metode bermain drama. Pada siklus 1 hanya 35% siswa yang berhasil namun pada siklus 2 meningkat hingga 90% siswa yang berhasil melakukan KD memerankan tokoh drama dengan lafal intonasi dan ekspresi yang tepat sedangkan 10% siswa belum berhasil.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57948

Actions (login required)

View Item View Item