Pengaruh pelatihan penalaran terhadap pemahaman teks argumentasi pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Tanjungpura / Henny Sanulita - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pelatihan penalaran terhadap pemahaman teks argumentasi pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Tanjungpura / Henny Sanulita

Sanulita, Henny (2011) Pengaruh pelatihan penalaran terhadap pemahaman teks argumentasi pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Tanjungpura / Henny Sanulita. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. H. Dawud M.Pd (II) Dr. H. Nurhadi M.Pd. Kata kunci Penalaran. membaca pemahaman teks argumentasi. Penalaran diperlukan dalam kegiatan membaca. Hal ini dikarenakan dalam kegiatan membaca juga melibatkan proses kognitif pembaca dalam menangkap pesan atau gagasan yang disajikan melalui tulisan. Dari hasil obsevasi terhadap sejumlah mahasiswa dan diri sendiri dalam tugas memahami teks bacaan khususnya teks argumentasi dapat disimpulkan bahwa pemahaman teks baik literal maupun kritis bukanlah suatu yang mudah dan sederhana bahkan kerap menjadi permasalahan serius yang dapat memengaruhi prestasi akademis.. Oleh karena itu kemampuan memahami teks argumentasi merupakan hal penting bagi mahasiswa sebuah perguruan tinggi yang kelak akan memasuki dunia kerja yang tentunya menuntut taraf kemampuan intelektual tinggi antara lain kemampuan berpikir abstraktif atau konseptual yang termanifestasi dalam bahasa lisan atau tulis. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah 1) Adakah pengaruh pelatihan penalaran terhadap pemahaman teks argumentasi pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Tanjungpura dan 2) Adakah pengaruh pelatihan penalaran terhadap pemahaman kritis teks argumen-tasi pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Tanjungpura Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen semu (quasi-experiment) yang digunakan untuk mengkaji perbedaan pemahaman teks argumentasi pada mahasiswa yang diberi pelatihan penalaran dengan mahasiswa yang diberi pelatihan secara konvensional. Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu pelatihan penalaran sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah pemahaman teks argumentasi. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester II Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia UNTAN tahun akademik 2010/2011 yang terdiri dari dua kelas. Kelas IIa dengan jumlah mahasiswa sebanyak 25 orang yang diberikan pelatihan penalaran sedangkan IIb yang digunakan sebagai kelas kontrol terdiri dari 24 orang mahasiswa. Jenis instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen tes pemahaman terhadap teks argumentasi. berbentuk soal pilihan ganda yang berjumlah 10 dan esai yang berjumlah 8 soal. Dari 10 soal pilihan ganda tersebut 5 soal digunakan untuk mengukur pemahaman literal dan 5 soal digunakan untuk mengukur pemahaman kritis sedangkan dari 8 soal esai 4 soal digunakan untuk mengukur pemahaman lieral dan 4 soal untuk mengukur pemahaman kritis.. Data di-kumpulkan dengan menggunakan tes. Tes sebelum perlakuan eksperimen (prates) digunakan untuk mendapatkan data tentang pemahaman mahasiswa sebelum diberikan pelatihan penalaran. Tes setelah perlakuan eksperimen (pascates) digunakan untuk mendapatkan data tentang pemahaman mahasiswa setelah eksperimen dilakukan. Data yang telah dikumpulkan dari pngukuran variabel terikat dan variabel bebas dianalis dengan menggunakan t-test Sebelum data dianalisis terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat meliputi uji normalitas dan homogenitas varians. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan uji t pelatihan penalaran berpengaruh secara signifikan dalam meningkatkan pemahaman teks argumentasi pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Tan-jungpura. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh dua simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama ada pengaruh pelatihan penalaran terhadap pemhaman literal teks argumentasi pada mahasiswa. Pelatihan penalaran lebih efektif dalam meningkatkan pemahaman literal teks argumentasi dibandingkan pelatihan secara konvensional dengan taraf signikansi 0 001. Berdasarkan hasil tersebut dalam penelitian ini Ho ditolak dan Ha yang diajukan dalam penelitian diterima (terbukti) dan kedua ada pengaruh pelatihan penalaran terhadap pe-mahaman kritis teks argumentasi pada mahasiswa. Pelatihan penalaran lebih efektif dalam meningkatkan pemahaman kritis teks argumentasi dibandingkan pelatihan secara konvensional dengan taraf signikansi 0 000. Berdasarkan hasil tersebut dalam penelitian ini Ho ditolak dan Ha yang diajukan dalam penelitian diterima (terbukti)

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57935

Actions (login required)

View Item View Item