Pengembangan bahan ajar tata bahasa Indonesia untuk pembelajar Thailand tingkat pemula / Miss Kholiyoh Salaeh - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar tata bahasa Indonesia untuk pembelajar Thailand tingkat pemula / Miss Kholiyoh Salaeh

Salaeh, Miss Kholiyoh (2011) Pengembangan bahan ajar tata bahasa Indonesia untuk pembelajar Thailand tingkat pemula / Miss Kholiyoh Salaeh. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Widodo Hs M. Pd (II) Prof. Dr. Imam Suyitno M. Pd. Kata Kunci Bahan ajar tatabahasa pembelajar Thailand tingkat pemula. Bahan ajar adalah salah satu komponen inti dalam sistem pembelajaran. Bentuk atau wujud bahan ajar sangat menentukan tercapainya keberhasilan tujuan pembelajaran. Karakteristik pembelajaran BIPA berbeda dengan karakteristik pembelajaran Bahasa Indonesia umum (Bahasa Indonesia bagi penutur Indonesia). Perbedaan mendasar antara BIPA dan bukan BIPA (bahasa Indonesia umum) terletak pada komponen pembelajarnya. Pembelajar BIPA adalah orang asing sedangkan pembelajar BI umum adalah orang Indonesia. Pembelajar Thailand yang belajar bahasa Indonesia mengalami kesulitan dalam mempelajari tata bahasa Indonesia karena struktur dan tipe tata bahasa Indonesia dengan bahasa Thai sangat berbeda. Bahan ajar khusus tata bahasa Indonesia untuk pembelajar Thailand belum pernah disusun sebelumnya. Untuk mensiasati masalah kesulitan tersebut peneliti mencoba mengembangkan sebuah produk bahan ajar tatabahasa Indonesia untuk pembelajar Thailand tingkat pemula. Penelitian ini untuk mengembangkan materi ajar berupa bentuk produk penyajian materi tata bahasa dan kerelevansian materi tata bahasa dengan kebutuhan pembelajar Thailand tingkat pemula. Model yang digunakan dalam penelitian ini model pengembangan R2D2 (reflective recursive design and development) yang diadopsi dari model R2D2 Jerry Willis (1995 2000). Model ini bekerja berdasarkan tiga kegiatan pokok yaitu 1) kegiatan pendefinisian 2) kegiatan perencanaan dan pengembangan dan 3) kegiatan penyebarluasan. Dalam kegiatan pendefinisian peneliti melakukan tiga kegiatan. Ketiga kegiatan itu adalah (1) membentuk tim partisipatif tim partisipatif terdiri dari tujuh orang yaitu peneliti sendiri satu orang pengajar empat orang pembelajar Thailand satu orang pakar BIPA satu orang pakar bahan ajar. (2) pemecahan masalah berkelanjutan dan (3) pemahaman konteks dengan mengajak tim partisipatif memasuki konteks BIPA. Dalam perancangan dan pengembangan peneliti juga melaksanakan lima kegiatan yaitu (1) pemilihan lingkungan pengembangan (membatasi lingkungan pengembangan bahan ajar BIPA yang digunakan di Indonesia khususnya program BIPA FS UM) 2) memilih format media pengembangan berupa buku teks dan 3) pemilihan strategi evaluasi (4) Desain pengembangan produk dan (5) Prosedur pengembangan produk hingga tersusun produk akhir. Prosedur pengembangan produk meliputi a) pengembangan bahan ajar b) uji coba c) refleksi dan rekursi yang dilakukan secara berulang sehingga tersusun produk akhir. Penelitian ini belum menjangkau upaya penyebarluasan yang sesungguhnya misalnya menggandakan produk dalam jumlah yang banyak untuk disebarkan ke lingkup pemakaian yang lebih luas. Produk akhir pengembangan hanya akan disebarluaskan dilingkungan terbatas di mana pembelajar Thailand belajar Bahasa Indonesia. Hasil dari penelitian ini adalah tersusunnya sebuah produk bahan ajar tata bahasa Indonesia sebagai bahan ajar tambahan/pendamping bagi bahan ajar utama yang telah digunakan untuk pembelajar Thailand di kelas. Produk akhir ini dapat menfalisitasi pengajar dan pembelajar dalam kegiatan belajar mengajar di BIPA. Bahan ajar ini terdiri dari 10 pelajaran. Setiap unit dibutuhkan proses KBM selama 120 menit (2 jam). Komponen bahan ajar berupa 1) konsep materi 2) ilustrasi penggunaan dan 3) latihan-latihan. Bahan ajar tata bahasa Indonesia bagi pembelajar Thailand tingkat pemula ini memiliki konten materi yang terdiri atas sepuluh bagian. Kesepuluh bagian tersebut adalah 1) pengenelan huruf alfabet dalam bahasa Indonesia 2) jenis kata dalam bahasa Indonesia 3) kata tanya 4) kata bilangan 5) kata ganti nama 6) kata perintah 7) Penanda aspek 8) konjungsi 9) kata kerja berawalan me[N]- ber- di memper diper dan 10) akhiran kan dan i-. Bahan ajar ini disusun untuk melibatkan respon pengguna secara aktif. Produk bahan ajar ini juga terkategorikan sebagai tutorial mandiri. Pembelajar tingkat lanjut dapat menggunakan bahan ajar secara mandiri. Konsep materi tatabahasa diterjemahkan ke dalam bahasa Thai. Contoh/ilustrasi yang disajikan mencerminkan penggunaan kalimat yang digunakan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57932

Actions (login required)

View Item View Item