Peningkatan kemampuan apresiasi cerita rakyat melalui penggunaan jurnal respon sebagai alat evaluasi pada siswa kelas VB SDK Sang Timur Malang / Alfonsa E.S. Goa - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan apresiasi cerita rakyat melalui penggunaan jurnal respon sebagai alat evaluasi pada siswa kelas VB SDK Sang Timur Malang / Alfonsa E.S. Goa

Goa, Alfonsa E.S. (2010) Peningkatan kemampuan apresiasi cerita rakyat melalui penggunaan jurnal respon sebagai alat evaluasi pada siswa kelas VB SDK Sang Timur Malang / Alfonsa E.S. Goa. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Goa E. S. Alfonsa 2009. Peningkatan Kemampuan Apresiasi Cerita Rakyat melalui Penggunaan Jurnal Respon sebagai Alat Evaluasi pada Siswa Kelas VB SD Katolik Sang Timur Malang. Tesis Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Sekolah Dasar Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Monica Djoehana D. Oka MA (II) Dr. Fachrurrazy MA. Kata Kunci Jurnal respon sebagai alat evaluasi peningkatan kemampuan apresiasi cerita rakyat. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh suatu keyakinan bahwa (a) tujuan pelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang antara lain untuk meningkatkan kemampuan apresiasi sastra (b) kemampuan apresiasi sastra akan membentuk sikap positif dalam bertingkah laku di masyarakat (c) perlu dilakukan upaya agar kemampuan apresiasi sastra pada siswa dapat meningkat (d) salah satu jenis sastra yang dekat pada anak (siswa SD) adalah cerita rakyat (e) untuk meningkatkan apresiasi sastra pada anak didik maka perlu dilakukan evaluasi (f) salah satu instrumen evaluasi adalah jurnal respon dan (g) siswa kelas VB SD Katolik Sang Timur Malang memiliki masalah dalam meningkatkan kemampuan apresiasi cerita rakyat. Pembelajaran apresiasi cerita rakyat dengan menggunakan jurnal respon sebagai alat evaluasi berlangsung dalam empat tahap yaitu (a) siswa mendengarkan cerita (b) diskusi kelompok untuk menemukan unsur intrinsik (c) diskusi pleno untuk membahas hasil kelompok dan (d) menyusun jurnal respon sebagai jawaban atas pertanyaan pada post tes. Permasalahan mendasar penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan apresiasi cerita rakyat dengan menggunakan jurnal respon sebagai alat evaluasi pada siswa kelas VB Sekolah Dasar Katolik Sang Timur Malang . Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan bentuk evaluasi pembelajaran dengan menggunakan jurnal respon (2) mendeskripsikan proses pembelajaran dengan menggunakan jurnal respon sebagai alat evaluasi dan (3) mendeskripsikan hasil proses pembelajaran dengan jurnal respon. Penelitian dipusatkan pada memfasilitasi siswa untuk menemukan unsur-unsur intrinsik suatu cerita rakyat. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan model penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan dilaksanakan terhadap model pembelajaran yang ingin dikembangkan oleh peneliti yaitu pembelajaran cerita rakyat melalui penggunaan jurnal respon sebagai alat evaluasi dengan setting cooperative learning (belajar kelompok). Langkah-langkah pembelajaran sebagai berikut perencanaan tindakan pengamatan dan refleksi sebagai suatu siklus dan dapat dilaksanakan secara berulang sampai mencapai tujuan penelitian. Kegiatan pembelajaran dilaksanakan dalam tiga siklus di mana siklus I terdiri dari tiga pertemuan siklus II terdiri dari tiga pertemuan dan siklus III terdiri dari dua pertemuan. Masing-masing pertemuan meliputi kegiatan pendahuluan kegiatan inti dan kegiatan penutup. Kegiatan pendahuluan meliputi (a) guru menyiapkan suasana kelas agar kondusif dan familier untuk kegiatan pembelajaran (b) pretes (c) menggali pengetahuan prasyarat dan membangkitkan motivasi siswa (d) menyampaikan topik dan tujuan materi pembelajaran dan (d) mengenalkan jurnal respon sebagai alat evaluasi. Kegiatan inti meliputi (a) pembagian kelompok (b) guru memberikan LKS berupa pertanyaan penuntun serta petunjuk yang perlu untuk kegiatan diskusi kelompok (c) diskusi kelompok (d) diskusi kelas untuk melaporkan dan membahas hasil kerja kelompok (e) guru memfasilitasi siswa membuat kesimpulan tentang materi pembelajaran dan (f) pelaksanaaan postes yang merupakan kegiatan penyusunan jurnal respon oleh siswa. Kegiatan penutup meliputi (a) guru memfasilitasi siswa merefleksi tentang proses yang telah berlangsung (b) guru menyajikan tugas-tugas yang perlu dikerjakan siswa di rumah dan (c) guru menutup pelajaran. Berdasarkan hasil analisis ditemukan hal-hal sebagai berikut (1) para siswa belum pernah menggunakan jurnal respon sebagai metode untuk meningkatkan kemampuan apresiasi cerita rakyat (2) penggunaan jurnal respon sebagai alat evaluasi sangat membantu siswa aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran yang ditunjukkan dengan rerata kemampuan 82 7% dengan kualifikasi baik (3) kemampuan guru mengelola pembelajaran memperoleh rerata skor 88 16% atau kategori sangat baik dan (4) skor kemampuan apresiasi cerita rakyat para siswa berdasarkan LKS adalah 78 4% dengan kategori baik dan berdasarkan post test memperoleh skor 80 1% dengan kualifikasi baik. Hasil-hasil tersebut didukung pula oleh data catatan lapangan dan hasil wawancara yang menunjukkan hasil baik pula. Berdasarkan data tersebut dan mengacu metode Triangulasi untuk pengujian keabsahan data dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan jurnal respon sebagai alat evaluasi dapat meningkatkan kemampuan apresiasi cerita rakyat pada siswa kelas VB SDK Sang Timur Malang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas diberikan beberapa saran sebagai berikut Malang (1) bagi guru bahasa dan sastra Indonesia kelas V SDK Sang Timur diharapkan menggunakan jurnal respon sebagai salah satu alat evalusi dalam meningkatkan kemampuan apresiasi cerita rakyat (2) guru dapat menggunakan pendekatan pembelajaran cooperative learning agar pembelajaran lebih efektif (3) dalam menerapkan pembelajaran dengan menggunakan jurnal respon guru dapat secara cermat merancang pertanyaan penuntun agar sungguh-sungguh membantu siswa bukan sebaliknya membingungkan siswa (4) dalam menerapkan pembelajaran dengan menggunakan jurnal respon guru dapat berperan sebagai fasilitator moderator dan motivator bagi siswa serta (5) bagi para peneliti yang akan mengadakan penelitian lanjutan yang berhubungan dengan penggunaan jurnal respon sebagai alat evaluasi dalam pembelajaran apresiasi cerita rakyat dapat memberikan perhatian yang serius pada kegiatan belajar siswa dan tidak hanya terpaku pada desain pembelajaran yang dibuat guru dalam LKS.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57921

Actions (login required)

View Item View Item