Peningkatan pembelajaran menulis naskah drama melalui strategi konversi cerita pendek siswa kelas 5 SDN 76 Kota Tengah Kota Gorontalo / Sitti Rachmi Masie - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan pembelajaran menulis naskah drama melalui strategi konversi cerita pendek siswa kelas 5 SDN 76 Kota Tengah Kota Gorontalo / Sitti Rachmi Masie

Masie, Sitti Rachmi (2009) Peningkatan pembelajaran menulis naskah drama melalui strategi konversi cerita pendek siswa kelas 5 SDN 76 Kota Tengah Kota Gorontalo / Sitti Rachmi Masie. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam Kurikulum KTSP menulis naskah drama merupakan kompetensi dasar yang harus diajarkan kepada siswa kelas V SD. Hal ini menunjukkan pembelajaran apresiasi sastra sudah harus diajarkan kepada siswa yang dapat diintegrasikan dengan empat keterampilan berbahasa. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara diketahui bahwa keterampilan menulis sastra khususnya drama masih kurang diminati. Salah satu penyebabnya guru kurang termotivasi memilih dan menggunakan strategi pembelajaran yang menyenangkan siswa untuk belajar menulis. Untuk mengatasi masalah tersebut dipilihlah salah satu strategi yang efektif untuk memotivasi siswa dalam menulis naskah drama (MND) yaitu strategi konversi cerpen (SKCP). SKCP memberikan kesempatan kepada siswa untuk meningkatkan kemampuan menulis naskah drama melalui (1) penentuan tokoh dan penokohan (2) penentuan latar (3) penentuan alur (4) penentuan tema dan (5) penentuan amanat. Dalam penelitian ini dilalui 3 tahapan yaitu (1) tahap pramenulis (2) tahap menulis (3) tahap pascamenulis Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis naskah drama berdasarkan konversi cerpen tahap pramenulis menulis pascamenulis pada siswa kelas V SDN 76 Kota Tengah Kota Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan PTK. Rancangan penelitian ini meliputi studi pendahuluan perencanaan tindakan dan observasi serta refleksi. Studi pendahuluan adalah wawancara dan observasi. Tahap perencanaan dilaksanakan dengan menyusun rancangan pembelajaran menyusun materi menentukan media menyusun rambu-rambu dan LKS. Tahap pelaksanaan tindakan dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti dan guru. Refleksi dilakukan pada setiap akhir pembelajaran dan pertemuan pada setiap siklus. Data penelitian ini berupa data proses dan hasil tindakan yaitu hasil observasi kumpulan catatan lapangan dan dokumentasi. Sumber data penelitian adalah hasil kerja siswa berupa kartu struktur dan naskah drama. Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu melalui format observasi format catatan lapangan dan kartu struktur dan naskah drama. Analisis data yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan ketekunan pengamatan triangulasi dan pemeriksaan teman sejawat. Tahap pramenulis melalui 2 (dua) kegiatan yaitu (1) pembangkitan skemata dan (2) pemahaman cerpen. Pembangkitan skemata pada tahap pramenulis adalah filem lagu anak membaca gambar dan cerita. Hasil yang diperloleh dalam pembangkitan skemata yang dilakukan adalah memberikan motivasi kepada siswa untuk dapat belajar memahami cerpen. Sehingga dengan memahami cerpen siswa dapat menulis naskah drama. Pemahaman cerpen adalah kegiatan siswa untuk mengenal dan memahami cerpen agar siswa dapat menulis naskah. Dengan memahami cepen melalui identifikasi struktur cerpen menjadikan pembelajaran siswa meningkat dalam menulis naskah drama. Tahap menulis dirancang melalui teknik pengubahan kartu strukur yang telah diindentifikasi ke bentuk draf naskah drama. Pelaksanaan menulis naskah drama dipandu lewat LKS serta panduan dan bimbingan guru untuk menulis draft naskah melalui hasil pengerjaan kartu struktur. Hasil karya siswa MND pada setiap siklus mengalami peningkatan. Siklus I penyusunan naskah drama sangat singkat dan tidak lengkap sesuai cerpen. Penyusunan ejaan dan tanda baca masih kurang. Pada siklus II tidak ada pengembangan tokoh dan ucapan tokoh dan pada siklus III sudah ada peningkatan karena siswa berusaha memperbaiki hasil karya MND. Tahap pascamenulis ditandai dengan kegiatan diskusi kelompok penyajian hasil diskusi pengeditan revisi dan publikasi. Peningkatan dalam hasil pembelajaran MND didasarkan pada hasil isian kartu struktur dan LKS MND siswa pada setiap siklus. Berdasarkan hasil evaluasi dapat dilihat bahwa ada peningkatan keterampilan membaca dan menulis naskah dengan strategi SKCP siswa pada siklus II dan siklus III. Hal ini ditandai dengan adanya peningkatan skor siswa mulai dari siklus I mencapai 75.19 % siklus II mencapai 86.79% dan siklus III mencapai 90.97%. Berdasarkan kekurangan dan kelemahan pada penelitian ini peneliti memberi saran sebagai beikut. (1) Pada tahap pramenulis disarankan kepada guru dapat (a) menggunakan media gambar yang lengkap (b) kartu struktur diharapkan memiliki panduan yang jelas agar dapat dipahami siswa dalam mengidentifikasi cerpen (2) tahap menulis disarankan (a) guru dapat mendesain langkah-langkah MND melalui SKCP dengan membuat LKS atau panduan MND yang lebih kreatif (b) pemodelan naskah drama yang lebih lengkap dan terperinci misalnya penjelasan setiap adegan dari tokoh/perwatakan serta naskah yang memiliki gambar (c) guru berupaya membimbing dan melatih siswa menggunakan ejaan tanda baca dan kalimat yang benar (d) guru diharapkan memandu dan membimbing siswa dalam memahami cerita atau menulis naskah drama dan (3) tahap pascamenulis diharapkan (1) memperhatikan dan memotivasi siswa untuk dapat berdiskusi (2) memperhatikan hasil revisi dan perbaikan MND (3) mementaskan hasil naskah untuk dipertunjukkan (4) memperhatikan penilaian proses dan hasil dari setiap siswa dan (4) memperhatikan alokasi waktu disarankan kepada guru untuk merencanakan alokasi waktu secara fleksibel.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57917

Actions (login required)

View Item View Item