Peningkatan kemampuan menulis laporan melalui pembelajaran model investigasi kelompok siswa kelas VIII SMPN 2 Mantur Malang / Hadi Wardoyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menulis laporan melalui pembelajaran model investigasi kelompok siswa kelas VIII SMPN 2 Mantur Malang / Hadi Wardoyo

Hadi Wardoyo (2009) Peningkatan kemampuan menulis laporan melalui pembelajaran model investigasi kelompok siswa kelas VIII SMPN 2 Mantur Malang / Hadi Wardoyo. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pemberdayaan guru pada organisasi sekolah merupakan prihal pertama dan utama yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Partisipasi aktif guru sangat menen-tukan keberhasilah manajemen sekolah yang meliputi ber-bagai dimensi dimana antara yang satu dengan yang lain saling ke-terkaitan.Pada penelitian ini tingkat partisipasi kerja guru pada lembaga sekolah didasarkan atas faktor perilaku kepemimpinan kepala sekolah dan faktor motivasi kerja guru. Perilaku kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja guru dianggap memilki kontribusi terhadap tingkat partisipasi kerja guru SMA Negeri di Kabupaten Pasuruan. Untruk menguji kebe-naran dugaan tersebut maka permasalahan dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut (1) Bagaimana deskripsi perilaku kepemimpinan kepala sekolah di SMA Negeri Kabupaten Pasuruan (2) Bagaimana deskripsi motivasi kerja guru SMA Negeri di Kabupaten Pasuruan (3) Bagaimana deskripsi tingkat pertisipasi kerja guru SMA Negeri di Kabupaten Pasuruan (4) adakah hubungan antara perilaku kepemimpinan kepala sekolah dengan tingkat partisipasi kerja guru SMA Negeri di Kabupaten Pasuruan (5) adakah hubungan antara motivasi kerja guru dengan tingkat partisipasi kerja guru SMA Negeri di Kabupaten Pasuruan (6) adakah hubungan antara perilaku kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja guru dengan tingkat partisipasi kerja guru SMA Negeri di Kabupaten Pasuruan (7) Seberapa besar kontribusi perilaku kepemimpinan kepala sekolah terhadap tingkat partisipasi kerja guru SMA Negeri di Kabupaten Pasuruan (8) Seberapa besar kontribusi motivasi kerja guru terhadap tingkat partisipasi kerja guru SMA Negeri di Kabupaten Pasuruan (9) Seberapa besar kontribusi perilaku kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja guru terhadap tingkat partisipasi kerja guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini ada-lah seluruh guru tetap pada SMA Negeri yang ada di Kabupaten Pasuruan Adapun penentuan sampel penelitian dilakukan dengan teknik proporsional random sampling yang ditetapkan sebanyak 148 guru sebagai responden. Pengumpulan data dilakukan dengan meng-gunakan kuesioner atau angket sebagai instrumen penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perilaku kepemim-pinan kepala sekolah dalam dimensi struktur inisiasi maupun konsidersasi adalah tinggi (2) motivasi kerja guru adalah tinggi (3) tingkat partisipasi kerja guru adalah tinggi (4) terdapat hubungan yang signifikan antara perilaku kepemimpinan kepala sekolah dengan tingkat partisipasi kerja guru (5) terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi kerja guru dengan tingkat partisipasi kerja guru (6) terdapat hubungan yang signifikan antara perilaku kepe-mimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja guru dengan tingkat partisipasi kerja guru (7) Prilaku kepemimpinan kepala sekolah memilki kontribusi yang signifikan terhadap tingkat partisipasi kerja guru (8) motivasi kerja guru memilki kontribusi yang signifikan terhadap tingkat partisipasi kerja guru dan (9) Prilaku kepe-mimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja guru memilki kon-tribusi yang signifikan terhadap tingkat partisipasi kerja guru. Saran yang diajukan berdasarkan temuan penelitian ini adalah kepada (1) Pihak Dinas Pendidikan disarankan dalam pere-krutan calon kepala sekolah hendaknya memperhatikan kompetensi kepemimpinan selalu mengadakan komunikasi dan pembinaan kepada kepala sekolah dan guru sebagai pelaksana kegiatan sekolah (2) Kepala sekolah disarankan meningkatkan peranserta guru dan memberikan motivasi secara merata sesuai dengan tanggung jawabnya pemberikan kesempatan kepada guru untuk berperanserta pada setiap program sekolah untuk menumbuhkan rasa memiliki meskipun hanya melalui diskusi dan komunikasi (3) Guru disarankan selalu aktif kreatif inovatif dan bertanggung jawab sesuai dengan tugas dan fungsinya serta menumbuhkan rasa kebersamaan dalam organisasi sekolah (4) Peneliti lain hendaknya meneliti faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat partisipasi kerja guru yang belum diteliti misalnya kesibukan guru di luar sekolah jarak tempat tinggal guru frekuensi supervisi oleh pimpinan baik kepala sekolah maupun lembaga terkait dan sebagainya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57907

Actions (login required)

View Item View Item